Penyakit Vertigo - Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Apa itu Penyakit Vertigo ?

   Vertigo merupakan gangguan keseimbangan yang terjadi pada telinga bagian dalam, sehingga penderita vertigo merasa pusing atau ruang di sekelilingnya terasa berputar atau melayang.  Penyakit vertigo menunjukkan bahwa telah terjadi ketidakseimbangan dalam tonus vestibular. Ketidakseimbangan tonus vestibular dapat terjadi akibat telah hilangnya masukan perifer yang disebabkan kerusakan pada labirin dan saraf vestibular atau dapat disebabkan oleh kerusakan unlilateral dari sel inti vestibular atau pada aktivitas vestibulocerebellar. Ada kondisi vertigo yang ringan, serta tidak terlalu terasa dan ada yang parah sehingga menghambat rutinitas.

Penyakit Vertigo - Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Penyebab Penyakit Vertigo

   Vertigo tidak terjadi karena faktor keturunan, namun disebabkan karena beberapa faktor seperti radang pada leher, kelainan saraf, mabuk kendaraan, mabuk karena pengaruh alkohol, adanya infeksi bakteri pada telinga, kekurangan asupan oksigen ke otak, tekanan emosional, stres, dan obat-obatan.

Adapun penyebab Vertigo lainnya adalah :

  • Migrain
   Jangan anggap sepele migrain, karena migrain selain menyebabkan sakit kepala, dapat juga mempengaruhi penglihatan. Vertigo yang disebabkan oleh penyakit migrain bisa berlangsung beberapa menit sampai beberapa hari.

   Untuk mengatasi vertigo jenis ini, maka anda harus menghindari pemicu migrain, dan obatilah migrain sebelum berkembang menjadi vertigo.
  • Infeksi Telinga Dalam
   Infeksi pada bagian telinga dalam juga menjadi penyebab dari penyakit vertigo yang serius. Pada awalnya infeksi hanya terjadi pada bagian dalam telinga, namun akan merambat ke organ dalam kepala. Infeksi ini dapat menyebabkan peradangan pada bagian dalam telinga dan membuat kepala merasa pusing hingga berputar-putar.
  • Penyakit Sistem Saraf Pusat
   Sistem saraf pusat mengatur keseimbangan tubuh. Gangguan sistem saraf pusat yang diakibatkan oleh penyakit seperti multiple sclerosis, tumor, kerusakan leher, atau stroke bisa menyebabkan vertigo. Solusi mengatasi penyakit vertigo jenis ini adalah dengan mengatasi penyakit penyebabnya serta dengan perbaikan sistem saraf pusat.
  • Trauma Kepala
   Orang yang pernah mengalami kecelakaan dan menyebabkan trauma pada kepala, bisa menyebabkan vertigo. Cedera yang terjadi pada kepala dan leher yang tidak dirawat dengan tepat bisa menyebabkan vertigo pada saat tertentu.
  • Gangguan Penglihatan
   Mata selain untuk melihat juga dapat membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh. Sehingga masalah yang terjadi pada penglihatan dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan dan memicu penyakit vertigo.
  • Penyakit Meniere
   Penyakit Meniere merupakan penyakit langka yang menyebabkan telinga bagian dalam kebanjiran cairan yang mempengaruhi keseimbangan. Rasa pusing dapat berlangsung selama setengah jam atau lebih lama. Penyakit ini bisa menyebabkan vertigo yang sangat parah, di mana penderita juga bisa mengalami kehilangan pendengaran

   Jika anda menderita penyakit meniere, serangannya akan data secara tiba-tiba selama berjam-jam, bahkan berhari-hari yang sering menyebabkan mual dan muntah.

   Penyebab penyakit ini belum diketahui, tapi gejala-gejalanya bisa dikendalikan dengan pola makan serta obat yang tepat dan jrang membutuhkan operasi sebagai tindak lanjut

Cara Mencegah Penyakit Vertigo

  • Menerapkan Gaya Hidup Sehat
   Gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan seimbang nutrisi dan olahraga ringan bisa menjadi pencegahan untuk vertigo. Anda bisa mengurangi konsumsi makanan cepat saji, dan selalu menerapkan latihan ringan. Tidak hanya untuk pencegahan penyakit vertigo, menerapkan gaya hidup sehat juga baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya hidup sehat awet muda.
  • Mengurangi Semua Faktor Resiko
   Faktor resiko seperti mencegah stroke, kolesterol tinggi, kadar gula tinggi, dan berat badan berlebih. Kondisi ini diperlukan untuk tetap mempertahankan kondisi kesehatan dalam tahap yang stabil dan baik. Resiko vertigo selalu lebih tinggi pada orang yang beresiko menderita stroke.
  • Konsumsi Buah-buahan
      Konsumsi berbagai jenis buah-buahan yang mengandung banyak air seperti buah pir, apel, belimbing, semangka, dan jenis buah lain. Selain itu asupan sayuran hijau juga sangat baik untuk mencegah vertigo.

Cara mengatasi vertigo dengan latihan vestibular, cara latihannya seperti berikut :
  • Berdiri tegak, buka mata, dan kemudian tutup. Lakukan 5 kali
  • Gerakan kepala berputar. Pasang dagu ke dada, putar kepala ke kiri, dan mengubah ke arah kanan, lakukan 3 kali.
  • Gerakan wajah menghadap ke atas, lalu turun dengan perlahan-lahan sampai menghadap ke bawah. Kemudian naik lagi menghadap ke atas perlahan-lahan dan lakukan hal ini 3 kali.
  • Melatih gerakan kepala miring, yaitu dengan mencoba untuk tetap telinga bagian kiri ke bahu kiri. Tahan sampai 15 detik, kemudian lakukan pada telinga sebaliknya. Ulangi setiap bagian telinga masing-masing 3 kali.
  • Duduk dengan posisi punggu lurus dan mata terbuka. Lalu berdiri, pada saat anda berdiri, tutup mata dan ulangi 3 kali.
  • Melatih gerakan bola mata ke kanan dan ke kiri secara horizontal dengan mata terbuka. Ulangi pada setiap arah masing-masih 3 kali. Kemudian lanjutkan dengan menggerakkan bola mata ke atas dan ke bawah secara vertikal.
  • Lakukan praktek otot mata dengan mengikuti kemana arah objek yang bergerak, fokuskan mata pada objek stasioner.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Vertigo - Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati"

Post a Comment