Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri -   Posisi paling aman ketika sedang makan atau minum adalah saat kita sedang duduk. Ketika duduk, sebenarnya saraf-saraf tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima makanan atau air yang masuk dari berbagai jenis minuman yang berbeda. Selain karena alasan kesehatan,  posisi duduk ketika sedang makan atau minum juga sangat berhubungan dengan etika kesopanan dan sebagai gaya hidup sehat yang seharusnya ditingkatkan dalam hidup bermasyarakat.

Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

   Inilah alasan mengapa makan dan minum sambil berdiri itu berhaya bagi kesehatan tubuh :


1.  Kinerja Pencernaan Menurun

   Makan sambil berdiri menyebabkan jatuhnya makanan ke dalam lambung lebih cepat dan tiba-tiba. Kondisi ini mengakibatkan dinding lambung menderita luka dan iritasi. Organ pencernaan yang mengalami luka akan menyebabkan rasa nyeri yang sangat luar biasa, sehingga seseorang dapat mengalami mual dan muntah- muntah, serta mengakibatkan pencernaan dalam keadaan tidak lancar.

2.  Sakit Maag Kambuh

   Seseorang yang memiliki penyakit maag, hindarilah makan sambil berdiri. Karena makanan yang masuk ke dasar lambung akan menggangu maag. Makanan yang masuk dalam sistem pencernaan lalu tidak menjalani proses penggilingan yang seharusnya, maka penyakit kambuh yang sudah sembuh akan kambuh kembali. Iritasi pada lambung seringkali memicu kambuhnya penyakit maag.

3.  Perut Kembung

   Kebiasaan makan atau minum sambil berdiri menyebabkan air langsung masuk kedalam tubuh tanpa melewati dinding usus dengan baik dan mengalir terlalu cepat. Kondisi ini membuat seseorang mudah terserang perut kembung. Rasa tidak nyaman pada perut dan muncul rasa ingin muntah.

4.  Sakit Perut

   Ketika seseorang makan atau minum sambil berdiri, maka tenggorokan mengalami penyempitan dan berkerut yang dapat mempersulit makanan untuk digiling hancur dengan lancar pada jaringan pencernaan. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut.

5.  Kanker Saluran Esofagus

   Makan sambil berdiri dapat menyebabkan sel-sel kerongkongan akan timbul iritasi dan infeksi. Kondisi ini dapat mempercepat pertumbuhan sel abnormal yang berpotensi menjadi sel kanker aktif pada saluran esofagus.

6.  Filter Penyaringan Dalam Ginjal Tertutup

   Kebiasaan makan atau minum sambil berdiri dapat menyebabkan filter penyaringan dalam ginjal jadi tertutup, sehingga air akan langsung mengalir menuju kandung kemih dan tidak melewati proses penyaringan terlebih dahulu di jaringan ginjal. Kondisi ini mempermudah terjadinya penumpukan berbagai kotoran dalam saluran ureter yang bisa mengakibatkan gangguan organ ginjal.

7.  Keseimbangan Tubuh Terganggu

   Minum sambil menyebabkan jaringan organ pada saraf pusat akan tertekan dan dipaksa untuk terus bekerja keras menstabilkan kondisi tubuh yang tanpa anda sadari dalam keadaan yang tegang. Akibatnya saraf-saraf tubuh dalam kondisi stres dan memicu munculnya disfungsi saraf.

8.  Luka Pada Lambung

   Pada saat makan atau minum sambil berdiri kondisi air yang masuk ke dalam lambung secara tiba-tiba akan mengalir secara tidak merata dan menyebabkan makanan dalam lambung sulit untuk dicerna. Hal ini dapat melukai dinding lambung dan membuat luka yang memicu seseorang mengalami peradangan lambung yang nantinya bisa meningkatkan kadar asam lambung dalam lambung.

9.  Saraf Kelana Terganggu

   Seseorang yang tidak mau merubah kebiasaan buruknya untuk tidak lagi makan atau minum sambil berdiri, maka akan berdampak buruk bagi jantung, yaitu menyebabkan saraf kelana atau vagal inhibition terganggu, yaitu terjadi refleksi saraf yang disebabkan oleh reaksi tiba-tiba dari saraf kelana ( saraf otak yang kesepuluh ) yang tersebar dihampir semua lapisan endotel yang mengelilingi jaringan organ usus kecil dan besar.

10.  Ulu Hati Tidak Nyaman

   Makan sambil berdiri tanpa minum dapat menyebabkan penegangan otot dan aliran darah di sekitar ulu hati menjadi tidak lancar. Kondisi tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri di sektar ulu hati dan memicu seseorang terserang keringat dingin dan stres ringan secara bersamaan

Gaya Hidup yang Memicu Seseorang Makan atau Minum Sambil Berdiri

   Semakin maju perkembangan jaman, maka cara hidup seseorang secara bertahap akan ikut berubah dan mempengaruhi gaya hidup dan kebiasaannya sehari-hari, termasuk makan atau minum sambil berdiri yang sudah sering dilakukan masyarakat dalam aktivitas dan kegiatan sehari-hari.


  • Di Kantor
   Saat ini aktivitas rutin kantor menuntut seseorang untuk bekerja lebih keras dan rajin agar kualitas kerjanya semakin meningkat. Kondisi tersebut sangat mempengaruhi pola makan atau minum menjadi lebih terburu-buru. Banyak para karyawan yang minum sambil berdiri karena dinilai lebih praktis ketika seseorang sedang terjepit oleh pekerjaanya yang menumpuk dan mengharuskannya mondar mandir kesana kesini.
  • Acara Pesta
   Adanya acara pesta ( ulang tahun, pernikahan, perjodohan, khitanan, dan lainnya ) atau undangan perayaan khusus memungkinkan orang-orang saling berinteraksi yang semula terbiasa selalu makan atau minum sambil duduk menjadi terbiasa untuk berdiri. Gaya hidup yang telah menjadi tradisi tersebut rentan membuat kondisi keseimbangan tubuh menjadi tidak stabil.
  • Saat Olahraga
   Kebiasaan buruk yang paling sering terjadi yaitu makan atau minum air sambil berdiri pada masyarakat adalah ketika sedang melakukan kegiatan olahraga. Banyak yang minum sambil berdiri sesaat setelah berhenti dari olahraga lari atau jogging ataupun olahraga lainnya. Kondisi yang spontan tersebut tanpa kita sadari telah menjadi kebiasaan yang sudah seperti tradisi dan sulit ditinggalkan.
  • Tempat Hiburan Umum
   Hampir semua tempat hiburan yang ada di wilayah di Indonesia mengharuskan seseorang untuk selalu berdiri ketimbang duduk. Hal ini mempengaruhi kebiasaan untuk minum sambil berdiri. Tempat  hiburan yang dimaksud adalah tempat karaoke, tempat disco, panggung hiburan rakyat, dan lain sebagainya.

Cara Meninggalkan Kebiasaan Makan dan Minum Sambil Berdiri


   Gaya hidup yang buruk yaitu makan dan minum sambil berdiri masih dapat dirubah kapan saja, dan di mana saja. Terlepas dari ada atau tidaknya kesadaran diri seseorang terhadap kesehatan tubuh.


  • Meluangkan Waktu
   Saat berolahraga ini sering sekali banyak orang-orang yang minum sambil berdiri, padahal sebenarnya hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, luangkan waktu anda untuk duduk saat ingin minum.
  • Tidak Mengkonsumsi Makanan Manis
   Ketika sedang duduk jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis, agar ketika 
  • Minum Terlebih Dahulu
   Sedapat mungkin minumlah terlebih dahulu sebelum terjebak dengan kondisi yang mengharuskan anda berdiri, misalnya pada acara pesta.
  • Situasi Khusus
   Jika memang anda berada pada kondisi dan situasi yang sulit, yaitu situasi yang mengharuskan anda minum dalam posisi berdiri. Sebaiknya jangan mengkonsumsi terlalu banyak, agar kesehatan pencernaan tetap terjadi dengan baik. Situasi tersebut biasanya ada pada acara perayaan khusus yang diadakan sebuah perusahaan untuk merayakan kesuksesan.

Bahaya makan dan minum sambil berdiri tidak hanya menyerang kaum orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Sangat penting untuk memberikan pengertian dan pengetahuan tentang bahaya makan dan minum sambil berdiri pada usia dini, agar di usia dewasaya nanti mereka telah memahami dengan benar bahwa makan dan minum sambil beridir adalah sesuatu yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri"

  1. Terkadang gak ada lagi tempat duduk gan, agak terpaksa ya berdiri saja :v

    harisidsecurity.blogspot.com

    ReplyDelete