10 Manfaat dan Khasiat Telur Bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan dan Kecerdasan Otak

   Telur dikategorikan sebagai 'Superfood', alias makanan super. Hal tersebut dikarenakan telur mengandung sangat banyak paket nutrisi alami yang biasanya harus kita peroleh dari kombinasi beberapa makanan sekaligus.

   Telur mengandung protein berkualitas tinggi. Protein merupakan salah satu nutrisi makro yang paling dibutuhkan tubuh, dan protein adalah agen pembentuk utama dalam tubuh kita. Memperbaiki jaringan yang rusak dan membentuk jaringan baru yang sehat, serta merangsang pertumbuhan.

10 Manfaat dan Khasiat Telur Bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan dan Kecerdasan Otak

   Sebutir telur setidaknya mengandung 6,5 gram protein. Asam amino adalah pembentuk protein, dan terdapat banyak jenis asam amino dalam telur, setidaknya 9 jenis asam amino dalam telur tidak dapat diproduksi oleh tubuh, yang berarti hanya bisa kita dapatkan melalui makanan.

Kandungan Gizi Pada Telur

-  Vitamin A                      -  Lutein
-  Vitamin B Kompleks    -  Zat Besi
-  Vitamin D                      -  Seng
-  Vitamin E                      -  Zeaxanthin
-  Vitamin K                      -  Kolin

Manfaat Telur Untuk Kesehatan Tubuh

1.  Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

   Telur merupakan sumber protein hewani yang baik, yang lebih baik dari daging tanpa lemak, unggas dan ikan. Lebih dari setengah protein pada telur, pada kenyataannya berasal dari putih telur. Putih Telur tunggu menyuguhkan 4 gram protein tanpa lemak, kecuali apabila dimasak dengan cara digoreng dengan minyak berminyak atau mentega. Tidak hanya manfaat buah-buahan sehat yang mampu mengurangi resiko penyakit jantung, namun juga didapat dari sumber protein rendah lemak seperti putih telur.

2.  Mengurangi Resiko Penyakit Stroke

   HDL adalah singkatan dari High Density Lipoprotein, atau lebih sering dikenal dengan kolesterol "baik". Orang yang memiliki tingkat HDL lebih tinggi berarti menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Mengkonsumi telur merupakan salah satu cara meningkatkan HDL dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, mengkonsumsi 2 telur setiap hari selama 6 minggu mampu meningkatkan HDL sebesar 10%"
3.  Baik Untuk Kesehatan Mata

   Telur mengandung Vitamin A yang cukup tinggi. Kekurangan Vitamin A merupakan penyebab utama menurunnya fungsi penglihatan serta berbagai gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

   Telur juga mengandung Lutein dan Zeaxanthin, dua antioksidan yang memegang peranan penting dalam kesehatan mata. Antioksidan ini biasanya terkumpul di sekitar retina mata untuk melindungi mata dari berbagai substansi berbahaya.

   Asupan dua antioksidan ini sangat diperlukan, terlepas dari usia anda, baik anak-anak, orang dewasa, hingga usia lanjut.

4.  Bebas Kolesterol

   Sebutir telur ( kuning telur ) mengandung 210 mg kolesterol, lebih dari setengah jumlah kolesterol yang dianjurkan ( 300 mg).

   Akan tetapi, mendapatkan asupan kolesterol tidak berarti meningkatkan jumlah kolesterol adalam tubuh. Liver memproduksi jumlah kolesterol yang besar setiap harinya, namun ketika kita mengkonsumsi telur, liver yang sehat akan memproduksi lebih sedikit kolesterol, sehingga jumlahnya dalam tubuh tidak berlebihan.

   Dan setelah lebih banyak penelitian mengenai kandungan dan manfaat telur, akhirnya makanan ini malah dikategorikan sebagai " makanan super" dengan nutrisi yang sangat tinggi.

5.  Menurunkan Berat Badan

   Telur merupakan salah satu makanan berkadar karbohidrat yang cukup rendah. Dalam sebutir telur terkandung sebanyak 80 kalori dan rendah lemak. Jadi sangat cocok untuk menu diet harian anda.

6.  Menyehatkan Tulang

   Telur merupakan satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Vitamin ini sangat dibutuhkan karena fungsinya untuk membantu penyerapan kalsium serta mendukung kesehatan tulang. Karenanya, telur juga penting dalam mencegah osteoporosism tentu jika dikombinasikan bersama dengan berbagai sumber kalsium lainnya.

7.  Meningkatkan Kekebalan Tubuh

   Terdapat Vitamin A, B kompleks, dan juga selenium di dalam telur, merupakan nutrisi penting yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat Telur Untuk Kecantikan

1.  Meremajakan Kulit

   Kandungan Protein di dalam putih telur, dapat membantu proses regenerasi sel kulit mati. Cranyan dengan membuat masker alami dari putih telur dan digunakan teratur pada seluruh bagian wajah, untuk membuat rona cerah wajah kembali bersinar. Saya juga sering maskeran dengan putih telur ini, rasanya wajah segar kembali setelah selesai maskeran.

2.  Mengurangi Iritasi Kulit

   Telur mengandung zat asam amino yang berguna untuk mengurangi peradangan kulit, yang sangat bagus untuk melawan iritasi yang mungkin bisa muncul pada kulit. Untuk melawan iritasi kulit, campur putih telur dengan sabun mandi dan gunakan saat kulit mengalami iritasi. Secara perlahan kulit akan sembuh dan kembali sehat.

3.  Menyehatkan Rambut

   Manfaat putih telur untuk perawatan rambut ini dapat digunakan seperti hair tonic. Siapkan putih telur yang sudah dicampur dengan air dan diaplikasikan langsung ke rambut. Banyak manfaat yang dapat kita dapatkan dari putih telur, selain sehat, kulit dan rambut juga semakin cantik.

Ternyata telur adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan fungsi dan kinerja otak

   Telur mengandung kolin, baik untuk kesehatan dan perkembangan otak. Tidak banyak orang yang sering mendengar tentang kolin. Walaupun begitu, kolin merupakan nutrisi yang sangat diperlukan, dan banyak orang yang tidak mendapatkan nutrisi ini dalam jumlah yang cukup. Dalam sebutir telur terdapat sekitar 100 miligram nutrisi ajaib ini.

   Kolin adalah nutrisi yang memfasilitasi perkembangan otak mulai dari dalam kandungan, anak-anak, hingga berusia lanjut. Kolin berfungsi untuk membangun membran sel dan memiliki peran dalam memproduksi molekul sinyal di otak, memperbaiki fungsi memori otak, dan berbagai fungsi lainnya yang berhubungan dengan kesehatan otak.

Selain telur, ada juga beberapa makanan lain yang baik untuk Otak, informasinya bisa anda lihat di 13 Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak .

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "10 Manfaat dan Khasiat Telur Bagi Kesehatan Tubuh, Kecantikan dan Kecerdasan Otak"

  1. apalagi telur setengah mateng, hmm mantap,

    ReplyDelete
  2. Wah kesukaan saya nih :D .
    Tpi baru tau manfaatnya hehe, thanks infonya gan :)

    ReplyDelete
  3. bermanfaat bnget dah ini

    btw klo telur mentah langsung di makan apa aja manfaatnya gan ? kata nya bisa six packs klo di barengi olahraga, bener t gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manfaatnya seperti yang disebutkan dan dijelaskan di atas gan. Iya bener gan, konsumsi telur mentah + olagraga = six pack , olahraganya push up , sit up gan

      Delete
  4. untung saya penggemar telur, wah ternyata segudang manfaat didalamnya ya.. nice post gan

    ReplyDelete