11 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

   Perlu kalian tahu, tubuh yang aktif merupakan salah satu syarat penting untuk menjaga kualitas kesehatan tubuh kita. Maksud dari tubuh yang aktif adalah tubuh yang sering melakukan gerak, ntah itu gerak kepala, badan, tangan, kaki, jari ataupun bagian anggota tubuh yang lainnya. Agar tetap menjaga kualitas kesehatan tubuh atau meningkatkan kualitas kesehatan tubuh, kita harus melakukan gerakan yang teratur yang terdapat dalam olahraga. Saat ini saya akan bahas gerak yang teratur yang terdapat dari salah satu olahraga, yaitu olahraga bersepeda.

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

   Bersepeda secara teratur dapat membantu anda menurunkan berat badan, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan kebugaran. Bersepeda adalah kegiatan yang paling populer di Inggris. Diperkirakan terdapat sekitar 3,1 juta orang naik sepeda setiap bulan. Sebagai bentuk latihan, bersepeda sangat disukai banyak orang. Anak-anak, lanjut usia, atau para penyandang cacat semua dapat menikmati bersepeda jika mereka memiliki peralatan yang tepat.

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

1.  Memperkuat Kerangka Tubuh

   Kebanyakan orang mengira apabila terlalu sering bersepeda akan membuat postur tubuh sedikit membungkuk. Jangan berpikiran bahwa bersepeda dapat membuat postur menjadi bungkuk. Hal ini karena dengan bersepeda kerangka tubuh akan menjadi semakin kuat dan tegak dengan bersepeda setiap hari.

2.  Meningkatkan Kekuatan Otot

   Berapa banyak anggota tubuh yang terlibat saat anda bersepeda ? Hampir semuanya bukan?. Mulai dari kaki yang mengayuh hingga mata yang waspada terhadap sekitar.

   Banyaknya anggota tubuh yang aktif membuat otot tubuh bagian yang bersangkutan mengalami peningkatan aktivitas. Jika aktivitas itu dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

3.  Merawat Sendi

   Selain otot, sendi-sendi pada kaki dan tangan akan ikut aktif. Sikut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Mobilitas yang baik pada persendian akan membuatnya makin fleksibel.

4. Membakar Kalori

   Bagi anda yang khawatir tubuh penuh lemak, maka lakukanlah olahraga bersepeda ini. Dengan bersepeda, maka ada gerakan. Dari banyak energi yang anda lakukan akan mampu melakukan pembakaran kalori. Sehingga tidak ada kelebihan lemak di dalam tubuh.

5.  Menurunkan Tingkat Stres

   Saat bersepeda, tubuh mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

   Beberapa studi telah menunjukan bahwa aktivitas seperti bersepeda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi lebih kebal untuk menangkal berbagai serangan penyakit seperti batuk dan pilek. Alangkah baiknya untuk menggunakan sepeda sebagai transportasi utama untuk pergi ke tempat kerja, sekolah, dan sebagainya daripada menggunakan kendaraan pribadi / angkutan umum.

7.  Menyeimbangkan Koordinasi Tubuh

   Orang yang bersepeda, maka perhatiaannya harus benar-benar fokus. Tubuh harus mampu dikoordinasi dengan baik. Dengan kebiasaan bersepeda, maka koordinasi tubuh anda akan dapat diseimbangkan.

8. Mencegah Penyakit Kanker

   Kanker tergolong sebagai penyakit yang cepat menjalar ke seluruh tubuh. Kanker juga termasuk penyakit yang berkembang dalam waktu jangka panjang. Agar anda tidak terjangkit penyakit kanker, maka lakukan olahraga sepeda. Kemungkinan jikalau ada sel yang memicu penyakit kanker, ketika tubuh anda selalu dalam keadaan sehat, maka sel yang awalnya akan menjadi kanker dapat dicegah pertumbuhannya.

9.  Mencegah Penyakit Jantung

   Studi yang dilakukan British Medical Association telah menemukan bahwa bersepeda asejauh 20 mil dalam seminggu mampu untuk mengurangi resiko terserang penyakit jantung koroner sebesar 50%. Sementara itu, bersepeda juga dapat menghilangkan kerutan tanda-tanda penuaan. Bersepeda juga dapat membuat seseorang menjadi 10 tahun lebih muda.

10.  Membuat Pikiran Lebih Tenang

   Dengan bersepeda pikiran anda akan dapat tenang. Sebab dengan mengayuh sepeda, ada irama keteraturan yang anda lakukan. Kegiatan fisik tersebut dapat berpengaruh dalam pikiran anda. Sehingga jika anda merasa pikiran tidak kunjung tenang, bersepedahlah.

11.  Menurunkan Resiko Penyakit Lainnya

   Aktivitas fisik yang rutin melalui bersepeda baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif adalah minimnya resiko terkena diabetes. Hal ini terkait dengan stabilnya produksi insulin oleh tubuh yang aktif. Bersepeda juga bisa memperkecil resiko terkena kanker terutama kanker usus besar.

   Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, menurut saya bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan sambil melihat pemandangan sekitar jalanan. Bersepeda juga dapat menambah teman, karena saat ini sudah banyak berdiri beberapa komunitas sepeda, dengan begitu kita bisa bergabung dengan mereka dan berolahraga bareng.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "11 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh"

  1. Wah... Mantap nih infonya jadi makin semangat bersepeda......

    ReplyDelete
  2. Thx utk infonya.. mampir yuk ke http://elementmtb.com/manfaat-yang-didapat-jika-gowes-bersama-pasangan-part-2/

    ReplyDelete