14 Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

   Manfaat oatmeal bagi kesehatan sangat baik, terutama bagi anda yang telah memiliki usia lanjuit. Makanan ini sangat baik untuk jantung dan bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

   Sebagian besar dari kita mengetahui bagaimana sehatnya mengkonsumsi makanan yang terbuat dari gandum ini. Tetapi sebagian besar juga tidak menghiraukannya, karena makanan yang terbuat dari gandum rasanya tidak begitu familiar di lidah khususnya bagia orang Indonesia.

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

   Belakanang ini banyak praktisi medis dan ahli gizi mendorong pasien diabetes dan jantung untuk mengkonsumsi oatmeal, terutama karena khasiatnya dalam membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Selain kandungan serat yang tinggi, oatmeal juga menyediakan magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1 (thiamin), yang berperan penting dalam memproduksi energi.

Kandungan Gizi Pada Oatmeal

-  Kalori                                   -  Serat Pangan
-  Karbohidrat                          -  Protein
-  Lemak jenuh                        -  Kalsium
-  Lemak tak jenuh tunggu      -  Zat Besi
-  Lemak tak jenuh ganda       -  Vitamin B6
-  Natrium                               -  Magnesium
-  Kalium

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

1.  Menurunkan Kolesterol

   Mengkonsumsi oatmeal dapat menurunkan kolesterol, terutama kadar LDL atau kolesterol "buruk" dalam darah. Seseorang yang telah didiagnosa mengalami kolesterol tinggi, mulailah mempertimbangkan untuk menambah oatmeal pada menu harian, misalnya sebagai pilihan menu sarapan. Tidak heran ia memiliki kemampuan super untuk mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.

2.  Penuh Dengan Antioksidan

   Oatmeal sangat tinggi kandungan antioksidan yang sangat penting untuk menjaga tubuh dari tebaran radikal bebas hingga memberikan dampak pada kecantikan, kesehatan, dan menjadi penyebab penyakit mematikan seperti kanker.

3.  Mengurangi Resiko Hipertensi

   Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan terhadap jantung, tetapi juga penurunan resiko tekanan darah tinggi. Sebuah rekomendasi untuk wanita menopause, yang cenderung bersiko mengalami hipertensi harus makan setidaknya 6 porsi oatmeal atau biji-bijian lain setiap minggunya. Studi menunjukkan bahwa pria dapat mengurangi resiko gagal jantung jika mereka makan satu mangkuk sereal gandum atau oatmeal per hari.

4.  Mencegah Perkembangan Diabetes

   Selain kaya serat, oatmeal merupakan sumber magnesium yang mampu mengatur insulin dan kadar glukosal. Berbagai temuan telah menunjukkan bahwa  selama 8 tahun, perempuan yang makan diet kaya sereal dapat mengurangi resiko diabetes hingga 31%. Untuk mendapatkan manfaat optimal, anda bisa menambahkan susu ke dalam oatmeal. Tambahan dari susu rendah lemak juga dapat menurunkan resiko diabetes.

5.  Baik Untuk Penderita Diabetes Tipe 2

   Mengkonsumsi oatmeal juga disarankan untuk penderita penyakit diabetes tipe 2. Menurut American Diabetes Association, menu yang mengandung gandum dapat mengatur gula dalam darah.

6.  Menurunkan Berat Badan

   Oatmeal merupakan sumber serat yang rendah kalori yang sangat populer untuk orang yang sedang menjalankan program diet, Ketika mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan, perut akan merasa kenyang untuk waktu yang lama, Sarapan dengan jenis makanan yang tinggi gula dan lemak akan membuat perasaan kenyang dengan jangka waktu yang lebih singkat, lalu akan lapar lagi. Sarapan pagi yang terdiri dari oatmeal dicampur dengan potongan buah pisang misalnya, dapat mengenyangkan tanpa khawatir akan lapar sampai waktu makan siang. Super efektif untuk anda yang sedang menjalankan program diet.

7.  Mencegah Obesitas

Karena oatmeal sangat kaya akan seratnya itu akan membuat anda lebih merasa kenyang untuk waktu yang lama. Serat akan meningkatkan viskositas isi perut sehingga akan memakan waktu lebih lama untuk mengosongkannya. Merasa penuh untuk jangka waktu yang lebih lama juga akan mencegah kebutuhan untuk camilan makanan manis atau asin sepanjang hari. Penelitian telah menghubungkan rendahnya resiko obesitas pada anak-anak yang rutin makan oatmeal.

8.  Mencegah Pengerasan Arteri

   Avenanthramides tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung, namun senyawa antioksidan ini juga mampu mencegah arteri dari pengerasan. Avenanthramides bekerja dengan menekan produksi molekul yang memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa waninta meopause yang makan 6 porsi sereal utuh selama seminggu dapat mengurangi resiko berkembangnya aterosklerosis.

   Aterosklerosis adalah kondisi di mana terjadi penumpukan plak di sepanjang lorong-lorong pembuluh darah dan memperlambat perkembangan stenosis, yang menyebabkan lorong-lorong dari arteri menyempit. Manfaat oatmeal bagi kesehatan kardiovaskular akan menjadi lebih besar bila dipasangkan dengan vitamin C.

9.  Mencegah Kardiovaskular

   Oatmeal merupakan biji-bijian gandum utuh yang dapat menurunkan resiko berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Oatmeal juga mengandung lignan, yaitu senyawa kimia yang telah ditemukan dapat mencegah penyakit jantung. The Dietary Guidelines for Americans 2010 merekomendasikan makan biji-bijian untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, biji-bijian seperti gandum merupajan sumber zat besi, magnesium dan vitamin.

10.  Mencegah Kanker

   Fungsi serat dalam makanan kaya gizi ini tidak hanya berhenti pada sistem pencernaan. Apa yang akan anda dapatkan jika memiliki pencernaan yang sehat serta metabolisme yang lancar ? tentu jawabannya adalah mencegah penyakit kanker. Selain itu kandungan antioksidan dalam oatmeal sangat ampuh untuk mencegah kanker.

11.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

   Oatmeal mengandung beberapa jenis serat yang disebut beta-gluten. Serat ini mampu melindungi anda terhadap penyakit jantung dan juga menaikan sistem imunitas. Hal ini membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam mencari dan memperbaiki daerah pada bagian tubuh yang terserang infeksi bakteri.

12.  Mencegah Perkembangan Kanker Payudara

   Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi oatmeal dalam jumlah tinggi serat memiliki penurunan resiko terkena kanker payudara, terutama jika berasal dari serat gandum. Serat tidak larut dalam serealia utuh akan menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga melindungi tubuh dari perkembangan kanker. Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa wanita manopause mengalami penurunan resiko kanker payudara sebesar 41% hanya dengan makan serat dari biji-bijian atau serealia utuh.

13.  Menyehatkan Kulit

   Dengan konsumsi oatmeal secara rutin, anda secara tidak langsung telah melakukan treatment terhadap kulit anda. Kandungan antioksidan yang tinggi akan membantu berbagai lapisan kulit mengeluarkan radikal bebas akibat paparan sinar matahari ataupun polusi.

   Mencoba oatmeal sebagai menu sarapan anda dapat dibuat dengan menggabungkan buah atau kacang dengan oat akan menambah lebih banyak nutrisi. Rempah-rempah seperti kayu manis dan pala bisa memberikan rasa yang lebih lezat untuk oatmeal. Batasi pemakaian gula dan biarkan rasa alami dari buah-buahan dan juga rempah-rempah yang mengambil alih. Cobalah berbagai resep berbeda untuk menghidangkan oatmeal disetiap menu makanan anda

14.  Menstabilkan Tekanan Darah

   Serat memang tidak ada batasnya untuk memberikan tubuh nilai kesehatan, selain untuk pencernaan dan metabolisme tubuh, serat juga memiliki peran untuk menstabilkan tekanan gula darah dalam tubuh. Jadi jika anda mengkonsumsi banyak manisan, ada baiknya mencoba konsumsi makanan tinggi serat ini untuk membantu menstabilkan gula darah yang anda asup.

   Selain manfaat di atas, ternyata oatmeal adalah termasuk salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Ada juga beberapa makanan lainnya yang baik untuk kesehatan otak, informasinya bisa anda lihat di 13 Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi dan Kinerja Otak .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "14 Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment