18 Manfaat Push Up Bagi Kesehatan Tubuh

Apa itu Push Up ?

 Pengertian :  Push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan dan kiri badan. Kemuadian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setekah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah. Naik lagi dan dilakukan secara berulang. Lebih tepatnya lagi, push up termasuk olahraga ketahanan isometrik, yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggunakan benda yang tidak bergerak guna memicu kontraksi otot tubuh.

Manfaat Push Up Bagi Kesehatan Tubuh

   Olahraga yang satu ini adalah olahraga yang rutin setiap harinya saya lakukan, target dalam sehari pushup yang saya lakukan adalah sebanyak 100 kali. Adapun beberapa cara Pushup yang dapat kita lakukan :

  • Pemula : Push Up di dinding
   Berdiri di depan dinding yang datar, lalu letakkan kedua telapak tangan anda di depan dinding. Lalu bengkokan lengan anda dengan memajukan badan ke depan dinding. Lakukan dengan sebanyak mungkin, jika sudah terbiasa dan coba lakukan gerakan puluhan kali. Sekarang coba anda lakukan dengan tekanan pada setiap gerakan, dan cobalah setiap gerakan lakukan push up dengan tangan satu.
  • Intermediate  : Push up Berlutut
   Posisikan tubuh anda layaknya push up yang benar, tapi di cara ini lutut anda sebagai tempat tumpuannya. Letakan tangan anda di lantai dengan lurus dengan wajah ke depan dan kaki anda disilangkan. Turunkan dada anda dengan perlahan ke dekat lantai, lalu kembali ke posisi semula.
  • Advanced : Pus up Sempurna
   Letakan tangan di lantai dengan posisi terbuka selebar bahu anda. Kaki tertumpu pada ujung jari kaki anda, hingga tubuh berposisi lurus sempurna. Dan jangan ada posisi atau bokong anda menonjol ke atas. Turunkan bagu anda sampai membentuk siku 90 derajat. Kemudian dorong bahu dan lengan hingga lurus kedepan dengan sambil mengambil nafas. Sebaiknya Push up dilakukan pada pagi dan sore hari, dan untuk para pemula sebaiknya melakukan push up dengan bertahap.

   Olahraga yang satu ini sangat sederhana, karena tidak perlu menggunakan alat apapun, tempat khusus untuk melakukannya dan juga waktu yang khusus untuk melakukannya, meskipun sederhana tapi kaya akan manfaatnya untuk tubuh. 
1.  Dapat Meningkatkan Hormon Pertumbuhan HGH

   Melakukan olahraga ini juga sangat bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan pertumbuhan HGH, karena hormon ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup besar.

2.  Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

   Olahraga ini juga dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh pada saat melakukan atau sesudah melakukan, yang berkontribusi terhadap penurunan berat badan berlebih.

3.  Dapat Meningkatkan Masa Tulang

   Seiring bertambahnya usia seseorang, maka masa tulang secara alami akan mengalami penurunan. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka dapat menyebabkan keropos tulang atau disebut dengan osteoporosis. Osteoporosis merupakan suatu kondisi yang di mana ditandai dengan melemahnya masa tulang, sehingga sangat rentan mengalami patah tulang. Untuk itu, sangat disarankan rutin melakukan olahraga seperti push up untuk melatih dan menjga tulang tetap sehat dan kuat dari sekarang.

4.  Melatih Otot Jantung

   Banyak orang yang berpikir bahwa push up hanya akan membuat otot pada bagian dada menjadi lebih besar?. Hal ini memang tidak salah, karena push up mendorong kekuatan otot dada, bahu dan lengan menjadi lebih kuat. Namun bukan berarti push up tidak memiliki manfaat penting untuk otot dalam tubuh seperti otot jantung. Orang yang sering melakukan push up terbukti memiliki otot jantung yang lebih kuat daripada orang yang tidak melakukan push up. Gerakan rutin pada push up telah membuat otot jantung bekerja lebih banyak sehingga aliran darah juga menjadi lebih kuat. Hal ini juga membuat sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik.

5.  Menyeimbangkan Ukuran Tubuh

   Gerakan push up banyak memanfaatkan kerja otot bahu, lengan dan dada. Jika diperhatikan maka gerakan push up cenderung akan membuat otot pada bagian bahu, lengan, dan dada memiliki ukuran yang besar. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar, sebab saat gerakan push up terjadi maka kekuatan otot perut, tulang belakang, dan pinggul juga akan bekerja. Hal inilihah ynag membuat gerakan push up bisa membentuk otot pada bagian atas dan bawah tubuh menjadi lebih seimbang.

6.  Memperbaiki Postur Tubuh

   Postur tubuh yang sempurna adalah bagian yang sangat penting untuk penampilan. Beberapa masalah postur tubuh seperti tulang belakang yang kurang tegak, bahu yang tidak seimbang, atau lengan yang kurang stabil masih sering kita jumpai. Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk melakukan terapi tertentu, namun hal ini bisa diperbaiki dengan melakukan push up secara rutin. Gerakan push up secara sekaligus, akan melatih otot tubuh, membentuk otot dada, lengan, dan bahu, sehingga postur tubuh bisa menjadi lebih baik. Secara umum manfaat olahraga pada gerakan push up juga bisa meningkatkan sistem kemampuan tubuh secara seimbang.


7.  Membentuk Perut

   Ingin memiliki perut "six-pack" ?. Six pack adalah bentuk perut yang terlihat seperti susunan kotak berjumlah enam kotak, keras dan kuat. Jika ingin memiliki perut six-pack, dengan cara yang mudah dan hemat maka lakukan saja gerakan push up. Gerakan push up akan mempertahankan semua otot perut, pinggul dan tulang belakang. Saat badan bergerak naik atau turun maka otot perut akan bekerja maksimal untuk mempertahankan bentuknya. Dengan cara ini maka otot perut akan terlatih, sehingga bisa terlihat sebagai otot yang kuat.

8.  Menstabilkan Otot Bahu

   Apakah anda pernah mendengar tentang kelainan bahu yang tidak seimbang?, masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan gerakan push up secara rutin. Saat badan melakukan push up, maka kekuatan otot bahu terletak pada bagian bahu atas atau otot deltoid. Otot ini akan menjaga gerakan bahu agar kuat, stabil, dan seimbang seperti melakukan olahraga renang.

9.  Menguatkan Tubuh Bagian Atas

   Push up bekerja pada semua wilayah tubuh bagian atas. Olahraga ini akan menguatkan bagian leher, pundak, lengan atas, dan tangan. Bagi wanita, push up akan membantu mengecilkan lemak yang menggelambir di sekitar lengan atas.

10.  Mengencangkan Otot

   Melakukan push up yang baik dan benar akan mengencangkan otot-otot anda, terutama pada bagian lengan, dada, dan perut.

11.  Membakar Kalori

   Tentunya dengan melakukan push up, maka tubuh kamu akan memerlukan energi yang banyak. Maka energi tersebut mungkin saja diambil dari cadangan lemak kamu, untuk itu push up dapat menjadi pilihan yang baik untuk membakar kalori di tubuh.

12.  Mencegah Osteoporosis

   Kesehatan tulang memang harus kita pelihara sejak masih usia muda. Meskipun beberapa masalah penyakit tulang seperti osteoporosis terjadi saat usia lanjut, namun penyakit ini bisa dicegah sejak awal. Melakukan gerakan push up secara rutin ternyata juga bisa melatih kepadatan tulang pada seluruh bagian tubuh. Kerjasama otot dan tulang pada bagian dada, lengan, dan bahu akan membuat tulang inti menjadi lebih padat dan kuat.

13.  Latihan Rutin Untuk Diet

   Menghilangkan lemak dari tubuh adalah keinginan mutlak bagi semua orang yang sedang diet. Push up bisa menjadi salah satu latihan ringan yang mendukung program diet. Gerakan rutin untuk menaikan badan dan menekan badan dengan tumpuan pergelangan tangan ini bisa menghilangkan lemak di sekitar bokong, pinggul, dan juga lengan. Saat push up, otot-otot pada bagian tubuh akan saling tarik menarik dan melakukan dorongan yang kuat untuk menahan beban tubuh. Sistem kerja otot akan mendorong proses metabolisme dalam tubuh dan proses inilah yang akan membuat lemak bisa menghilang dan menjadi sumber tenaga bagi tubuh.

14.  Melatih Daya Tahan Tubuh

   Daya tahan tubuh sangat penting untuk kesehatan karena bisa meningkatkan kebugaran tubuh. Tubuh yang terlihat lemah kurang menarik dan cenderung lebih mudah terserang penyakit. Selain mengkonsumsi buah-buahan, latihan push up secara teratur akan meningkatkan sistem ketahanan tubuh. Namun pada dasarnya  gerakan push up akan memancing tubuh agar mampu melakukan gerakan yang sama secara terus menerus. Hal inilah yang akan membuat orang yang sering melakukan push up akan terlihat lebih segar dan bugar.

15.  Meningkatkan Ukuran Payudara

   Memiliki payudara sehat dan ukuran yang ideal adalah keinginan semua wanita. Wanita dengan ukuran dada yang proporsional juga akan terlihat lebih menarik dalam penampilan. Manfaat push up untuk meningkatkan ukuran payudara ternyata sudah banyak terbukti. Gerakan puh up yang dilakukan dengan intensitas teratur akan membentuk otot dada menjadi lebih kuat. Kekuatan otot dada menjadi lebih besar ketika sistem otot dada mampu menyalurkan cairan yang memasok kekuatan pada otot dada. Hal inilah yang membuat penampilan atlet wanita selalu terlihat bugar meskipun mereka tidak melakukan operasi plastik.

16.  Meningkatkan Massa Otot Bisep dan Trisep

   Pembentukan masa otot bisep dan trisep dilakukan dengan metode latihan angkat beban. Tapi jika tidak mempunyai banyak waktu, maka bisa melakukan push up secara teratur. Gerakan push up akan meningkatkan kerja otot bisep dan trisep. Hal ini terjadi saat badan bergerak naik dan turun dengan tekanan pada kekuatan otot lengan. Jika push up dilakukan dengan gerakan yang benar, maka perkembangan otot bisep dan trisep akan menjadi dengan cepat.

17.  Memperkuat Otot Perut

   Salah satu inti gerakan push up yang paling benar adalah tidak ada lengkungan pada bagian tulang belakang. Lengkungan biasanya akan terlihat saat badan melakukan gerakan naik atau turun. Gerakan push up yang benar akan terlihat saat semua bagian tulang belakang rata, kaku dan terlihat stabil. Kesalahan dalam gerakan push up saat tulang belakang ikut tertarik ke bawah saat badan mengangkat ke atas, maka bisa menyebabkan cedera tulang belakang. Secara khusus gerakan tulang belakang yang rata dan stabil akan meningkatkan kekuatan otot perut. Selain push up, skot jump juga sangat baik untuk membentuk otot perut.

18.  Kekuatan Otot Dada

   Dada adalah anggota tubuh yang berperan besar saat melakukan push up. Gerakan ini akan memaksa otot dada ( pektoralis) untuk menarik dan menekan badan tanpa harus bertumpu pada bagian tubuh lain. Jika gerakan push up dilakukan secara teratur, maka otot dada akan terpelihara dan bisa membentuk massa otot yang sangat sehat.

   Kesimpulan dari pembahasan di atas, Push up adalah olahraga yang sederhana yang kaya akan manfaatnya bagi tubuh manusia, pastinya dengan rutin melakukan push up semua manfaat tersebut akan anda dapatkan, jadi mari kita lakukan push up setiap hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18 Manfaat Push Up Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment