25 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

   Brokoli merupakan sejenis sayuran yang memiliki warna hijau yang termasuk ke dalam suku kubis-kubisan dan berasal dari Laut Tengah. Jenis sayuran ini baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an. Sayuran ini agak mirip dengan kembang kol, namun perbedaannya brokoli memiliki warna hijau, sedangkan kembang kol berwarna putih.

   Jenis sayuran yang termasuk ke dalam suku kubis-kubisan ini mengandung suatu serat yang bernama serat pektin yang merupakan kalsium pektat yang dapat berguna untuk mengikat asam empedu. Akibatnya adalah kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh anda menurun karena banyak kolesterol yang tertahan di hati dan sedikitnya jumlah kolesterol yang dilepaskan ke aliran darah.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

    Brokoli memang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan pada anak-anak. Namun banyak yang tidak suka, karena rasanya memang tidak seenak dibandingkan sayuran lainnya. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kesulitan untuk memberikan brokoli, dapat memvariasikan menu brokoli dengan menambah jenis bahan lain. Sehingga manfaat brokoli dapat manfaat yang lain seperti jagung, daging atau wortel yang dapat diperoleh bersamaan.

Kandungan Gizi Pada Brokoli

-  Vitamin A       -  Kalori
-  Vitamin B6     -  Gula
-  Vitamin C       -  Kalsium
-  Zat Besi          -  Natrium
-  Karbohidrat    -  Kalium
-  Protein            -  Magnesium
-  Serat Pangan

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

1.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

   Brokoli merupakan sayuran dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Di mana keduanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, bakteri dan virus. Brokoli juga mengandung fitonutrien dan fitokimia, termasuk sulforaphane, yang membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta memperkuat ketahanan fisik terhadap flu.

2.  Menjaga Kesehatan Jantung

   Institute for Food Research di Norwich Inggris, melalui para penelitinya telah mengembangkan dua jneis brokoli untuk mengembangkan brokoli jenis unggulan yang mengandung glucoraohanin 2-3 kali lebih banyak dari jenis normal. Kandungan zat ini sangat baik untuk mencegah penyakit dan kesehatan jantung.

3.  Baik Untuk Menjaga Sistem Pencernaan

   Kandungan sulforaphane mampu menekan resiko pada gangguan pencernaan seperi maag, infeksi lambung. Sulforaphane mampu mempengaruhi peningkatan produksi enzim pada hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen penyebab gejala kanker dan mengeluarkannya dari sel. Dalam dunia kedokteran, kuman adalah penyebab utama luka dan kanker lambung ataupun kanker usus besar.

4.  Mencegah Kanker

   Para ilmuwan menyatakan bahwa brokoli memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium. Hal ini berkat kandungan fitokimia yang bernama indole dan isothiocyanate. Inilah yang disebut-sebut sebagai manfaat brokoli yang paling besar.

5.  Mencegah Kanker Kulit

   Brokoli dapat melindungi kulit kita dari bahaya sinar UV. Selain mengkonsumsinya, kamu juga bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung brokoli untuk mendapatkan ekstra perlindungan kulit.

6.  Mengurangi Resiko Stroke

   Carotenoid lutein dalam brokoli berperan untuk memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh manusia, sekaligus mencegah penyakit jantung dan stroke. Vitamin B6 dan asam folat yang dikandungnya juga dapat mengurangi resiko terserang atherosclerosis, serangan jantung, dan stroke.

7.  Detoktifikasi

   Tiga nutrisi utama dalam brokoli yang bisa membantu sistem detoktifikasi, yaitu glucoraphanin, gluconasturtiian, dan glucoabariscin. Trio nutrisi ini bekerja dengan cara mengaktifkan, menetralkan serta menghancurkan zat-zat bersifat racun dalam tubuh kita.

8.  Menyehatkan Sistem Saraf

   Dengan tingginya kandungan kalium dan magnesium di dalamnya, maka brokoli baik untuk kesehatan sistem saraf anda.

9.  Mengontrol Tekanan Darah

   Kandungan potasium yang terdapat dalam brokoli sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh, ia juga baik untuk anda yang mengalami tekanan darah tinggi.

10.  Melawan Radikan Bebas

   Bagi anda yang sering pergi keluar dan bermain di terik matahari sangat berbahaya dengan radikal bebas. Untuk melawan radikal bebas anda harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan. Vitamin C adalah salah satu antioksidan bentuk dalam tubuh. Antioksidan diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C adalah antihistamin yang efektif untuk meredakan flu.

11.  Mengontrol Kolesterol

   Serat pada manfaat brokoli mengendalikan penumpukan kolesterol dalam tubuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan menghindarkan pula dari gejala penyakit jantung. Jadi masak brokoli dengan cara direbus untuk menghindari pemakaian minya goreng.

12.  Mencegah Penyakit Alzheimer

   Brokoli mampu mencegah penyakit kardiovaskular serta menjaga saraf dan meningkatkan fungsi otak. Oleh karena itu, brokoli merupakan makanan yang dapat mencegah penyakit Alzheimer (pikun).

13.  Mengobati Penyakit Asma

   Brokoli mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan mineral seperti zat besi, kalsium juga serat makanan. Super Food ini juga diyakini memiliki sifat anti-karsinogenik. Mengkonsumsi brokoli kukus setiap hari dapat mengobati penyakit asma.

14.  Baik Untuk Kesehatan Mata

   Brokoli juga sangat kaya akan kandungan vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan memberikan penglihatan yang lebih baik. Mata merupakan aset penting untuk kita, jadi jagalah asupan dengan asupan makanan kita dengan yang mengandung vitamin A seperti brokoli, pada wortel atau kacang panjang. Lutein pada brokoli juga mampu menjaga kerusakan mata akibat paparan sinar matahari atau penuaan.

15.  Anti Inflamasi

   Brokoli juga terkenal karena sifat anti-inflamasi dan anti-alergi. Hal ini berkat kandungan asam lemak omega-3 dan senyawa kaempferol yang kuat.

16.  Mencegah Depresi

   Seseorang yang kekurangan asam folat di dalam tubuhnya cenderung mengalami suasana hati yang tidak stabil. Mudah mengalami depresi, kelelahan, daya ingat yang buruh, bahkan lebih serius seperti skizofrenia. Brokoli memiliki kandungan asam folat dan vitamin B cukup tinggi, sehingga bisa memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi.

17.  Menyehatkan Tulang dan Gigi

   Kandungan gizi terbanyak yang dimiliki brokoli adalah vitamin D. Vitamin D dipercaya baik untuk menajga kesehatan tulang dan gigi. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, kalian dapat mengkonsumsi brokoli. Selain itu brokoli juga banyak mengandung vitamin K dan A yang dapat membantu proses penyerapan vitamin D.

18.  Mencegah Penyakit Kardiovaskular

   Brokoli mengandung vitamin B6 dan asam folat yang terbukti dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini. Tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur.

19.  Mengurangi Alergi

   Jika kamu memiliki masalah dengan alergi, cobalah untuk rutin mengkonsumsi brokoli setiap hari. Brokoli memiliki kandungan kaemferol yang baik untuk mengurangi masalah alergi dalam tubuh kamu.

20.  Mencegah Osteoporosis

   Tulang keropos atau sering kali disebut osteoporosis sangat berbahaya bagi kesehatan. Rutin mengkonsumsi brokoli baik untuk mengurangi resiko osteoporosis, kandungan kalsium dan vitamin K membantu tulang kamu tetap terjadi.

21.  Menjaga Kesehatan Kulit

   Selain itu rajin mengkonsumsi brokoli dapat membuat kulit kamu menjadi sehat. Kombinasi vitamin A , C dan E yang dikandung brokoli dapat menjaga kesehatan kulit.

22.  Mengurangi Resiko Kanker Kandung Kemih

   Makan brokoli secara teratur dapat mengurangi perkembangan sel kanker kandung kemih hingga 40%. 

23.  Menurunkan Berat Badan

   Coba masukkan brokoli dalam menu diet kamu. Brokoli mengandung sedikit kalori, sehingga baik untuk program diet kamu.

24.  Baik Untuk Ibu Hamil

   Konsumsi brokoli sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur ibu hamil dapat terhindar dari penyakit anemia yang kerap kali mengintai ibu hamil. Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 dalam brokoli sangat baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan (janin) .

25.  Mencerdaskan Otak

   Otak merupakan organ yang sangat vital dalam sistem tubuh manusia. Kandungan Vitamin C, K dan asam lemak omega 3 dalam brokoli terbukti mampu meningkatkan memori, kecerdasan, dan kesehatan otak.

 Selain brokoli ada juga beberapa makanan lain yang baik untuk otak, informasinya bisa anda lihat di 13 Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi Otak .

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "25 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya"

  1. banyak juga ya manfaatnya, tapi sayangnya ane jarang makan brokoli, susah ditemuin kalo di desa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan banyak manfaatnya. Oh iya beda gan kalo di kota

      Delete
  2. Wah lagi-lagi mantap nih blog bermanfaat banget buat banyak orang :)
    Izin bookmart yah :D

    ReplyDelete
  3. baru tw nih klo bisa sebnyak itu manfaat dari brokoli
    mantap dah gan

    ReplyDelete
  4. wih mantap nih...saya baru tahu klo brokoli banyak funsinya...saya mau cobah nih biar otak saya cerdas ... makasih infonya gan sekses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sok atuh dicoba di rumah gan :)
      Harus diimbangi juga ya gan dengan olahraga yang dominan menggunakan otak.

      Delete
  5. sangat bermanfaat gan artikelnya, dan ini seharusnya menjadi komoditas unggulan indonesia ya sebagai negara yang subur

    ReplyDelete