12 Manfaat Madu Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kecerdasan Otak

   Madu dihasilkan oleh lebah, dengan memiliki sangat banyak manfaat untuk berbagai macam masalah kesehatan. Madu sudah dipercaya sejak ratusan tahun lalu untuk digunakan dalam kesehatan dan juga pengobatan secara tradisional dan alami. Selain kesehatan, madu juga bermanfaat untuk kecantikan dan juga masih banyak manfaat lainnya yang dihasilkan oleh madu ini.

12 Manfaat Madu Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kecerdasan Otak


   Masyarakat kerap menggunakan madu untuk mengobati abtuk, alergi, diare, dan bahkan asma. Tidak hanya itu, beberapa orang juga sering memanfaatkan madu untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti misalnya mengatasi jerawat, meredakan gatal, dan menyembuhkan luka.

Kandungan Gizi Pada Madu

-  Vitamin B komplek    -  Karbohidrat
-  Vitamin C                   -  Natrium
-  Folat                           -  Kalium
-  Protein                        -  Kalsium
-  Zat Besi                      -  Magnesium
-  Fosfor                         -  Serat Pangan
-  Gula                           -  Kalori

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

1.  Menurunkan Kolesterol Tinggi

   Hampir sama dengan minyak zaitun, madu juga memiliki kandungan kolesterol baik yang bisa membantu menekan kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan dalam madu dipercaya juga bisa menghilangkan plak di dinding pembuluh darah. Dengan demikian, masalah seperti hipertensi, stroke, dan serangan jantung dapat diminimalisir.

2.  Meningkatkan Stamina Tubuh

   Madu mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kandungan glukosanya yang cukup tinggi dapat membantu meningkatkan stamina tubuh dengan cepat.

  Manfaat madu ini sudah dibuktikan oleh para atlet lari. Banyak para atlet yang mengkonsumsi madu dengan tujuan agar kuat berlari hingga ke garis finish. Maka dari itu, jika kamu sering loyo, konsumsilah madu secara rutin.

3.  Mengobati Batuh

   Beberapa penelitian menyebutkan rasa manis dari madu dapat memicu munculnya produksi air liur dan lendir. Kondisi semacam ini bisa membantu membasahi bagian tenggorokan, sehingga dapat meredakan batuk.

4.  Membantu Proses Detoksifikasi

   Kandungan berbagai zat yang bermanfaat dalam segelas air hanyat dan madu dapat membantu tubuh anda untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh. Ketika tubuh anda mampu buang air besar dengan teratur maka racun yang berada dalam tubuh dapat dikeluarkan. Campurkan air hangat dengan madu dan ditambahkan perasan lemon juga bisa membuat pembuangan racun lebih efektif, karena di dalam lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat membantu meningkatkan fungsi enzim sehingga dapat membantu dalam proses detoksifikasi dalam tubuh.

5.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

   Madu juga berkhasiat untuk membunuh bakteri. Selain itu madu memiliki manfaat sebagai antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas berbahaya yang bisa saja merusak tubuh dan juga kulit. Dalam madu terdapat gula alami yang dapat menyehatkan tubuh dan juga merupakan sumber kalori yang baik bagi tubuh.

6.  Mencegah Diabetes

   Sudah banyak peneliatian yang membuktikan manfaat madu untuk diabetes. Menurut beberapa penelitian, kandungan senyawa dalam madu bisa menurunkan kadar gula darah. Khasiat madu ini sangat penting, baik kamu yang menderita diabetes ataupun yang tidak terserang.

7.  Mengobati Diare dan Pencernaan lainnya

   Diare atau mencret (bahasa Jawanya), merupakan kondisi di mana usus tidak mampu menyerap kadar air yang ada pada feses, inilah yang mengakibatkan feses berubah menjadi cair.

   Untuk mengobati diare, kamu bisa mengkonsumsi madu sebanyak 2 sendok sehari. Madu terbukti mampu meningkatkan sensitivitas usus dalam menyerap sari-sari makanan, mengatasi bakteri, dan tentunya melancarkan BAB.

8.  Menjaga Sistem Pencernaan

   Madu salah satunya memiliki khasiat menjaga sistem pencernaan karena memiliki kandungan antiseptik di dalamnya, sehingga dapat membantu dalam mengurangi kadar keasaman dalam perut selain itu madu juga dapat meningkatkan produksi lendir yang ada di dalam usus. Bila anda memiliki problem dengan buang air besar, anda bisa menggunakan campuran air hangat dengan madu ini sebagai solusi menjaga pencernaan anda.

9.  Mengobati Asam Urat

   Biasanya asam urat banyak menyerang mereka yang sudah memasuki usia senja. Tingginya kadar purin dalam tubuh dipercaya menjadi pemicu asam urat. Agar purin tidak diubah menjadi asam urat berlebih, konsumsilah madu secara rutin minimal 3-4 sendok sehari.

10.  Mengurangi Iritasi Pada Tenggorokan

   Selain itu khasiat madu dicampur dengan air hangat lainnya menurut Mayo Clinic dapat mengurangi perasaan sakit dan juga iritasi pada tenggorokan. Ketika mengkonsumsi madu, madu dapat merekdakan rasa sakit tenggorokan dan air hangatnya dapat meredakan rasa sakitnya. Ketika anda merasakan sakit batuh juga bisa dengan memanfaatkan madu ini.

   Kebiasaan mencampur air hangat dengan madu ini bisa dilakukan secara teratur agar tubuh sehat meskipun aktivitas padat dalam hari-hari yang anda lewati. Selain campuran air hangat dan madu, madu juga masih memiliki banyak khasiat lainnya termasuk untuk kecantikan kulit , baik kulit tubuh ataupun kulit wajah. Madu memmiliki beberapa kandungan seperti antibakteri, antioksidan, vitamin B dan juga Vitamin C

11.   Mengobati Sariawan

   Sariawan dapat muncul disebabkan karena panas dalam, tergigit, dan kurang vitamin C. Madu memiliki sifat lembab yang dapat membantu mencegah bibir dari kekeringan. Inilah yang membuat madu cukup berkhasiat untuk mengobati panas dalam, sariawan, dan bibir pecah-pecah.

12.  Mempercepat Penyembuhan Luka

   Apakah kamu sedang terluka? kamu bisa mengoleskan madu olahan atau krim yang mengandung madu untuk mempercepat proses penyembuhan. Kandungan nutrisi dalam madu bisa mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengurangi rasa sakit, mengurangi infeksi, mengurangi nanah, serta bau tidak sedap pada luka.

   Jenis-jenis luka yang bisa kamu sembuhkan dengan madu antara lain seperti luka bakar, sayatan, lecet, bekas operasi, dan bisul.

   Selain manfaat di atas, ternyata madu juga merupakan salah satu makanan yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja atau fungsi otak. Selain madu ada juga makanan lainnya, informasinya bisa anda lihat di 13 Makanan Untuk Meningkatkan Kinerja Otak .

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "12 Manfaat Madu Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kecerdasan Otak"

  1. ane minum madu cuma kalo lagi minum obat doang, selain itu kaga pernah, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gapapa juga sih gan, tapi ya gak ada salahnya juga walaupun nggak sakit hehe

      Delete
  2. Wah bisa ngatasin jerawat yah, baru tau juga nih hihi, makasih infonya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, itulah salah satu manfaatnya. Sama-sama gan

      Delete