13 Manfaat Olahraga Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

   Olahraga lari pagi  tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti memperlancar aliran darah, meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Di samping itu, lari juga dapat memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot untuk bekerja lebih baik.


13 Manfaat Olahraga Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh


    Pada umumnya orang-orang melakukan olahraga ini pada pagi hari, selain untuk melancarkan peredaran darah setelah sebelumnya habis bangun tidur, di pagi hari juga terdapatnya sinar matahari yang baik juga untuk kesehatan kita. Tapi bukan berarti di waktu lain tidak baik, hanya saja bedanya di waktu lain tidak mendapatkan sinar matahari pagi.

Manfaat Lagi Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

1.  Menurunkan Berat Badan

   Lari dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuh anda. Banyaknya kalori yang dibakar dipengaruhi oleh seberapa cepat dan seberapa jauh jarak lari anda. Meski banyaknya kalori juga dipengaruhi oleh faktor lain, misalnya berat badan, tapi setidaknya dalam jarak 1,5 km anda dapat membakar kurang lebih 100 kalori dari dalam tubuh.

2.  Mencegah Osteoporosis

   Lari dapat memicu pembentukan sel-sel tulang baru. Hal ini yang membuat tulang anda menjadi lebih kuat dan dapat menurunkan resiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

3.  Menyehatkan Jantung

   Penelitian menyebutkan bahwa dengan berlari sejauh 16 km dalam seminggu akan menekan resiko gangguan tekanan darah hingga 39%. Selain itu, gangguan endapan kolesterol bisa dikurangi hingga 34%. Berlari pagi membantu mengurangi resiko yang diakibatkan masalah pembuluh darah, karena endapan kolesterol seperti penyakit jantung. Selain mengurangi resiko penyakit jantung, dengan kontrol terhadap jumlah kolesterol di dalam tubuh tersebut juga menurunkan resiko obesitas.

4.  Memperbaiki Kualitas Tidur

   Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan para penderita insomnia yang dilatih untuk rutin melakukan lari pagi berhasil membuat mereka mengatasi waktu tidurnya 17 menit lebih cepat. Selain itu, mereka mengaku merasa tidur lebih nyenyak dari biasanya setelah rutin berlari di pagi hari. Manfaat jogging ini bisa menjadi referensi bagi anda penderita insomnia untuk memperbaiki waktu tidur anda agar kembali lebih normal.

5.  Memperkuat Tulang

   Universitas Missouri melakukan penelitian dengan membandingkan kepadatan tulang dari pelari dan para pesepeda. Hasilnya 63% pesepeda memiliki kepadatan tulang yang kurang baik dibandingkan para pelari yang hanya 19%. Hal ini artinya meskipun manfaat bersepeda juga baik bagi tulang, namun tetap para pelari memiliki kepadatan tulang yang lebih baik dibandingkan para persepeda.

   Angka tersebut menunjukkan bahwa pelari yang biasa berlari ternyata memiliki sel-sel tulang lebih padat. Oleh karena itu, kenapa kita tidak meniru kebiasaan mereka?. Dengan berlari tulang kita semakin padat dan kita menjadi pribadi yang lebih tahan banting.


6.  Menyehatkan Lutut

   Melakukan olahraga lari dapat berperan pada lutut yang sehat, bahkan pada penderita arthritis sekalipun. Studi menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga lari dapat menurunkan resiko arthritis pada lutut dan pinggul, serta merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut.

7.  Mencegah Impotensi

   Khusus untuk pria, dengan berlari di pagi hari membantu fungsi kebugaran organ reproduksinya. Dari penelitian yang menemukan bahwa 3000 kalori / minggu yang dibakar dari aktivitas lari pagi bisa membuat disfungsi ereksi diatasi hingga 83% keefektifannya.

   Dengan demikian, salah satu masalah reproduksi yang paling tidak diinginkan kaum pria ini bisa diatasi dengan membiasakan diri berlari di pagi hari.

8.  Baik Untuk Pernafasan

   Banyak olahraga yang dapat mengoptimalkan sistem pernafasan, contohnya pada olahraga renang. Manfaat lari pagi bagi mereka yang memiliki sakit asma merasakan dampak yang baik bagi pernafasannya. Apalagi bagi kita yang sehat, pasti akan merasa sistem pernafasannya terasa lebih baik.

 Penelitian :

   Sebuah penelitian yang melibatkan para penderita penyakit asma, dan kemudian untuk berlari rutin tiap minggunya selama 3 bulan. Hasilnya mereka merasa asmanya jarang kambuh setelah rutin lari pagi. Bahkan mereka merasa bernafas menjadi lebih lega.

9.  Membuat Umur Lebih Panjang

   Walaupun lari pagi banyak menggerakkan kaki, bukan berarti efeknya hanya pada jangka pendek saja. Faktanya dengan lari pagi juga kita akan memiliki manfaat untuk jangka panjang.

Penelitian :

   Penelitian terbaru menemukan bahwa dengan berlari 56 km dalam seminggu, akan menekan resiko kematian hingga 54%. Wow, tunggu apalagi, mari kita mulai membiasakan lari pagi, Walaupun kematian adalah keniscayaan bagi manusia, namun usaha kita selama kita hidup turut menentukan usia kematian kita.

10.  Mencegah Kanker Usus

   Studi terbaru yang dilakukan di British Journal Of Cancer menemukan bahwa dengan aktif lari pagi selama 5-6 jam dalam seminggu akan membuat resiko kanker berkurang hingga 24%. Terutama resiko kanker pada usus besar. Karena pada saat berlari di pagi hari, gerakan yang kita lakukan turut memberikan pada usus kita. Kontraksi yang dihasilkan akan menjadi lebih alami, dan itu baik untuk kesehatan organ usus besar kita.

11.  Menjaga Stamina Tubuh

   Berlari memang mengeluarkan energi, namun dengan berlari pula kita akan menghasilkan energi. Energi baru yang dibuat saat proses metabolisme tubuh, membuatnya menjadi seimbang. Namun berlari terlalu lama justru tidak baik dan malah membuat tubuh kita mengeluarkan terlalu banyak energi. Rutinitas lari pagi ini sebaiknya dilakukan dengan santai sekitar 30 sampai 60 menit setiap harinya. Asalkan dilakukan secara rutin, maka hasilnya akan bisa kita dapatkan.

12.  Mencegah Resiko Diabetes

   Proses pembakaran pada lari pagi tidak hanya pada kalori, melainkan juga kolesterol pada tubuh. Turunnya berat badan ketika rutin lari pagi membuktikan bahwa kandungan kalori dan kolesterol yang menumpuk perlahan-lahan jadi berkurang. Hal ini berbanding lurus dengan turunnya resiko penyakit diabetes. Penelitian menemukan bahwa dengan berlari di pagi hari bisa mengurangi resiko diabetes hingga 5%.

13.  Menyehatkan Paru-paru

   Saat berlari yang dilakukan terutama di pagi hari membuat kadar oksigen yang masuk ke dalam paru-paru lebih banyak. Selain faktor lingkungan di mana saat pagi hari diketahui sangat kaya akan oksigen, juga karena aktivitas dari tubuh kita yang memicu untuk bernafas lebih kuat saat bergerak lebih aktif. Masuknya oksigen dalam jumlah yang banyak ke dalam tubuh baik untuk kesehatan paru-paru.

Cara yang harus dilakukan ketika ingin olahraga lari pagi :

  • Lakukan pemanasan sebelum memulai.
  • Mulailah dengan berjalan selama 10-30 menit.
  • Sisipkan lari setidaknya selama 2 menit jika anda sudah cukup kuat berjalan selama 30 menit.
  • Perpanjang durasi lari anda secara perlahan hingga anda mampu berlari selama 30 menit.
  • Lakukan pendinginan dengan berjalan pelan agar detak jantung anda kembali normal.
   Saya rutin melakukan olahraga ini, karena simple, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Setiap hari libur kerja saya sempatkan untuk lari pagi, selain menyehatkan badan, pastinya juga dapat menenangkan fikiran sehingga terasa lebih fresh, apalagi jika lari di taman yang banyak pepohonan, membuat tubuh benar-benar terasa segar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "13 Manfaat Olahraga Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment