14 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

   Tomat merupakan tumbuhan yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan, masih berkerabat dengan terung, kentang, dan paprika merah ataupun hijau. Tomat termasuk buah-buahan karena strukturnya mempunyai daging dan biji yang aman apabila ditelan. Namun, hingga sampai saat ini masih banyak orang yang menganggap tomat sebagai sayuran, mungkin karena salah satu fungsinya sebagai lalap sayur.

   Buah tomat sangat populer di dunia, apalagi di Indonesia yang sejak lama sekali telah lama dibudidayakan. Satu hal yang kurang disukai dari tomat adalah ketahanannya yang lemah, sehingga mudah busuk. Agar tahan lama, tomat harus dibekakan dengan beberapa langkah yang diawali dengan pemilihan, pencucian, perebusan, perendaman, pengupasan, dan diakhiri dengan pembekuaan dalam lemari es.

14 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Serat pada tomat mirip sekali dengan jaringan jantung. Tomat mengandung likopen yang merupakan sumber vitalis darah dan jantung. Konsumsi likopen mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu kandungan Vitamin C sangat tinggi pada buah tomat. Tomat berfungsi membuat jantung bekerja stabil, terdapat sekitar 235 mg kalium dalam sepotong tomat ukuran sedang. Kandungan tersebut berguna untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah dan membuatnya tetap bekerja secara stabil.

Kandungan Gizi Pada Buah Tomat

-  Kalori                               -  Natrium
-  Lemak tak jenuh ganda    -  Kalium
-  Karbohidrat                      -  Kalsium
-  Serat Pangan                    -  Magnesium
-  Gula                                 -  Vitamin A
-  Protein                             -  Vitamin B6
-  Zat Besi                           -  VitaminC

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

1.  Mencegah Kanker

   Antioksidan yang dimiliki oleh buah tomat dapat berguna dalam mencegah tumbuhnya penyakit kanker seperti kanker usus, kanker prostat, kanker tenggorokan, kanker lambung, dan kanker ovarium.  Untuk mencegahnya, disarankan agar rutin mengkonsumsi buah tomat setiap hari, karena cara ini merupakan cara paling ampuh dan efektif dalam membunuh sel-sel penyebab kanker. 

2.  Membentuk Otot

   Tomat adalah sebagai sumber alami yang kaya akan protein, mudah didapat dengan cara pengolahan yang mudah juga, Jadi, sebelum dan sesudah latihan fitness, tidak ada salahnya anda makan sepotong buah tomat, guna memperbesar peluang sukses pembentukan postur atletis.

3.  Mengobati Nyeri Punggung

   Masalah terkait peradangan seperti nyeri punggu harus diperhatikan cukup serius agar masalahnya tidak berkelanjutan. Jika anda menderita hal tersebut, konsumsilah buah tomat secara teratur.

   Tomat menunjang proses penyembuhan dengan menstransfer bioflavonoid dan karotenoid yang dikenal sebagai agen anti peradangan. Jika nyeri punggung yang anda alami sifatnya kronis, biasanya proses pemulihan atau peredaan rasa sakit akan berlangsung cukup lama.

4.  Meningkatkan

   Apabila terdapat penurunan di dalam penglihatan, segera lakukan pencegahan dengan cara mengkonsumsi buah tomat setiap hari. Hal ini dapat meningkatkan penglihatan mata dengan efektif, karena buah tomat kaya akan vitamin A yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata.
5.  Melancarkan Saluran Pencernaan

   Dengan mengkonsumsi buah tomat mentah, sangat ampuh dalam mengatasi masalah saluran pencernaan seperti sembelit, dan susah buang air besar, karena di dalam buah tomat mengandung serat yang dapat membantu usus dalam mencerna makanan yang sulit untuk dicerna.

6.  Mengontrol Gula Darah

   Gula dalam darah tidak boleh melebihi batas wajar, agar tidak memperbesar resiko diabetes. Anda bisa membantu pengontrolan gula darah dengan rutin konsumsi buah tomat. Tomat menjadi sumber alami kromium yang dibutuhkan tubuh agar jumlah gula darah tidak mengalami pelonjakan.

7.  Mencegah Tekanan Darah Tinggi

   Tubuh menyimpan 2 jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan jahat ( LDL). Jumlah kolesterol baik atau HDL harus lebih banyak dari jumlah kolesterol jahat LDL, jika tidak maka terjadilah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

   Cara mengobati tekanan darah tinggi bisa diawali dengan upaya yang mudah, seperti makan buah tomat secara rutin. Alasan memilih tomat sebagai makanan yang harus dikonsumsi adalah kandungan mineral yang tersimpan di dalam buah tersebut membantu mengatur jumlah kolesterol yang beredar dalam darah.

8.  Mengurangi Kadar Lemak Penyebab Kegendutan

   Lemak dikatakan sebagai pemicu darah tinggi dan meningkatkan berat badan. Untuk mengurangi jumlah lemak yang menumpuk pada tubuh, dibutuhkan kerja keras dari berbagai upaya seperti olahraga dan pengaturan pola makan.

9.  Penangkal Radikal Bebas

   Para ahli medis atau spesialis kesehatan memberikan kepercayaan pada flavonoid dan zeaxanthin dalam menangkal radikal bebeas. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan yang paling banyak terdapat pada buah tomat.

10.  Menyehatkan Tulang

   Tomat menjadi penyuplai kalsium yang digunakan untuk memelihara tulang agar tidak gampang keropos, juga menguatkan gigi dan menjaganya tetap sehat. Pada saat pembentukan tulang, kalsium sangat diperlukan agar mendapat hasil yang sempurna.

11.  Memenuhi Kebutuhan Harian

   Jika anda malas minum suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian, makan saja buah tomat. Tomat akan memberikan anda 20% kebutuhan gizi yang dibutuhkan pada sepotong buahnya. Menurut USDA, semua nutrisi di dalam tomat diperlukan oleh organ tubuh agar berfungsi dengan baik.

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan

1.  Mencegah Kulit Terbakar

   Menurut Prevention Magazine, orang yang dalam tiga bulan mengkonsumsi 5 sendok makan pasta tomat setiap harinya, akan membuat kulitnya terlindungi dari masalah terbakar akibat matahari. Meskipun kulit sudah terbakar, pasta tomat bisa membantu mengobatinya.

   Gunakan campuran 2 sendok teh tomat dan 1 sendok teh yoghurt, oleskan pada permukaan wajah, leher, tangan, dan kaki secara merata setelah beraktivitas. Kandungan di dalam tomat akan menyegarkan kulit, sedangkan yoghurt membuat kulit menjadi elastis dan lembut.

2.  Menghilangkan Jerawat

   Pada sejumlah obat jerawat yang terjajahkan di salon atau klinik kecantikan, pada tabel kandungan terlihat rata-rata memerlukan bantuan vitamin A dan C. Jika anda ingin membeli obat jerawat semacam salep, lebih baik jangan dulu karena masih ada tomat yang memberikan kedua nutrisi tersebut.

   Selain Vitamin A dan C, tomat juga mengandung banyak asam yang dapat menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit kemerahan. Pada kondisi jerawat kecil, anda hanya perlu menggosokkan potongan tomat segar pada wajah atau bisa juga dijadikan masker selama 1 jam.

3.  Melindungi Kulit Dari Sinar Ultraviolet

   Sinar matahari yang langsung mengenai kulit dapat merusak struktur permukaan. Contoh masalah kulit yang terjadi akibat terlalu sering terkena terpaan cahaya matahari adalah kering, bersisik, busik, dan kusam. Jika anda memiliki salah satunya, maka anda perlu tahu bahwa tomat bisa digunakan sebagai tabir surya alami.

   Di dalam tomat terdapat antioksidan bernama likopen yang beraktivitas sebagai pelindung kulit dari sinar UV. Sebelum pergi ke kantor, anda bisa konsumsi segelas jus tomat, hal ini membantu perlindungan dari dalam. Jangan lupa berikan juga krim tabir surya bermerk yang cocok untuk jenis kulit anda.

Selain manfaat di atas, ternyata tomat adalah salah satu makanan terbaik untuk otak, ada juga beberapa makanan lainnya yang bisa anda lihat informasinya di 13 Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi dan Kinerja Otak.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "14 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit"

  1. Assalamu`alaikum.Wr.Wb
    tulisannya sangat bermanfaat kang, kaya akan informasi, terima kasih kang saya baru tahu ternyata tomat punya banyak manfaat, bagusnya dimakan dalam kondisi mentah atau matang kang, mohon pencerahannya.
    salam santun n salam silaturahmi
    Silahkan mampir kang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam bang.
      Sebelumnya, terimakasih atas kunjungan dan ucapannya :)
      Tomat kalau diperbandingkan lebih baik konsumsi tomat kondisi mentah atau matang ( sudah dimasak ) ? jelas dengan mengkonsumsi secara mentah bang, pastinya dicuci terlebih dahulu. Dan karena segala sesuatu yang terkandung di dalam tomat masih utuh bang. Jadi lebih baik dimakan mentah hehehe

      Delete