12 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh

   Daging ikan salmon umumnya berwarna oranye merah, meskipun ada beberapa contoh salmon liar berdaging putih. Warna alami hasil salmon dari pigmen karotenoid, terutama astaxanthin juga Canthaxanthin, dalam daging. Salmon liar mendapatkan karotenoid ini dari makan krill dan kerang kecil lainnya.

Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh, Untuk kecerdasan Otak


   Berbagai jenis ikan merupakan salah satu jenis bahan pangan yang nitmak terlebih lagi jika baik untuk kesehatan tubuh seperti ikan salmon. Ikan salmon merupakan jenis ikan yang banyak disukai karena tekstur dagingnya yang enak dan juga bermanfaat untuk tubuh. Keberadaan ikan salmon di peraian Indonesia juga sebenarnya melimpah ruah, namun karena kurangnya eksplorasi membuat ikan salmon ini tidak begitu banyak dikonsumsi di negeri sendiri, padahal jika dilihat dari manfaat, ikan salmon tidak kalah dengan jenis ikan-ikan lain yang biasa dikonsumsi.

Kandungan Gizi Pada Ikan Salmon

-  Vitamin A          -  Natrium
-  Vitamin B6        -  Selenium
-  Vitamin B12      -  Zat Besi
-  Vitamin C          -  Fosfor
-  Vitamin D          -  Seng
-  Vitamin E          -  Magnesium
-  Omega 3            -  Sodium
-  Protein               -  Lemak jenuh
-  Asam Amino     -  Lemak tak jenuh tunggal
-  Kalium              -  Lemak tak jenuh ganda
-  Kalsium

Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh

1.  Meningkatkan Perkembangan Otak

   Bagi anak-anak, manfaat ikan salmon terutama untuk membantu meningkatkan perkembangan otak mereka. Hal ini bisa terjadi berkat kandungan asam lemak omega 3 EFA yang ada dalam ikan salmon. Bukan saja berguna bagi perkembangan otak anak-anak, asam lemak omega 3 dalam ikan salmon juga mungkin berguna bagi mereka yang mengidap gangguan pemusatan perhatian ( ADHD ). Konsumsi ikan yang kaya asam lemak omega 3 bisa membantu mengurangi gejala gangguan tersebut.

2.  Meningkatkan Kesehatan Jantung

   Salah satu kandungan ikan salmon yang penting bagi kesehatan jantung adalah asam lemak omega 3. Zat ini merupakan jenis asam lemak tak jenuh yang bisa membantu menyehatkan jantung dengan cara mengurangi terjadinya peradangan di seluruh tubuh. Peradangan sendiri jika tidak dikendalikan dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Fungsi lain dari asam lemak omega 3 adalah membantu menurunkan trigliserida atau kolesterol jahat dan tekanan darah. Juga baik dalam membantu menurunkan resiko seseorang dari stroke dan gagal jantung serta mengurangi pembekuan darah.

3.  Meredakan Depresi

   Asam lemak Omega 3 dalam ikan salmon juga diprediksi bermanfaat untuk meredakan depresi. Hal ini terjadi jika penderita depresi mengkonsumsinya bersamaan dengan obat antidepresan yang diresepkan oleh dokter. Sebuah studi menyatakan pada wanita hamil yang mengkonsumsi asam lemak omega 3 selama menjalani proses kehamilan akan menurunkan resiko depresi pasca kehamilan.

4.  Melindungi Tubuh Terhadap Kanker Ginjal

   Magnesium (8%) 29 mg asam lemak membantu melawan karsinoma sel ginjal merupakan bentuk kanker ginjal yang paling umum.

5.  Menjaga Kesehatan Mata

   Ikan salmon mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata, kandungan ini juga bermanfaat untuk menjaga penglihatan agar terhindar dari katarak atau penyakit mata lainnya.

6.  Menyehatkan Tulang

   Selama ini kita mengenal matahari membantu tubuh mensintetis vitamin D untuk tubuh kita. Selain itu, vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan dan suplemen. Ikan salmon adalah salah satu jenis makanan sumber vitamin D yang sangat baik. Dengan kata lain, ikan salmon bermanfaat bagi peningkatan kesehatan tulang.

7.  Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

   Protein, asam lemak omega 3, vitamin D dan selenium ditemukan pada ikan salmon, membantu insulin yang mengontrol kadar glukosa darah, sehingga mengurangi resiko diabetes tipe 2.

8.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

   Ikan salmon juga memiliki beberapa kandungan yang dapat meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh manusia yang efektif dalam mencegah radikal bebas bahkan penyakit kanker.

9.  Baik Untuk Kulit dan Rambut

   Jika anda sedang menjalani diet rendah lemak yang mengakibatkan kulit dan rambut kekurangan lemak, maka salmon bisa menjadi solusinya. Asam lemak omega 3 dalam ikan salmon akan membantu memenuhi kebutuhan lemak tubuh sehingga kulit tidak menjadi kusam dan rambut tetap sehat berkilau. Saking baiknya untuk kulit, asam lemak omega 3 sedang diuji untuk pengobatan psoriasis.

10.  Mengontrol Berat Badan

   Konstituen lainnya mineral mempercepat metabolisme, sehingga mengurangi kemungkinan penumpukan lemak tubuh.

11. Mencegah Radikan Bebas

   Adanya fosfor pada daging salmon banyak mengandung selenium, mineral yang melindungi tubuh menjaga sel akibat kerusakan radikan bebas yang dapat melemahkan sel-sel ini penyakit.

12.  Meningkatkan Fungsi dan Kinerja Otak

   Sodium , asam lemak dalam otak yang membantu fungsi otak dan bertindak untuk mencegah penyakit Alzheimer omega 3. Asam lemak omega 3 membantu juga mencegah stroke akibat mengontrol kolesterol darah dan pembuluh darah yang sehat.

Ya seperti yang saya sebutkan di atas ada beberapa manfaat yang baik untuk otak, memang Ikan Salmon adalah salah satu makanan yang terbaik untuk otak, selain ikan salmon, ada juga beberapa makanan yang lainnya yang baik untuk otak, informasinya bisa anda lihat di  13 Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi dan Kinerja Otak .

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "12 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh"