11 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

  Daun Seledri merupakan tanaman herbal yang sangat rendah kalori. Daun seledri hanya berisi 16 kalori / 100 gram dan mengandung serat non larut, yang bila dikombinasikan dapat menurunkan berat badan dan kadar kolesterol dalam darah.

   Daun dan biji-bijian mengandung banyak minyak atsiri yang penting mencakup terpen, lomonene dan humulene. Namun aroma khas seledri ini disebabkan senyawa kimia yang dikenal sebagai phthalides ( butylphthalid dan turunan sedanenolid dihidronya ) di dalamnya.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

   
Minyak atsiri yang diperoleh dari ekstraksi tanaman seledri telah digunakan sebagai obat untuk menenangkan kondisi gugup dan osteoarthritis. Selain itu bagian biji dan akarnya memiliki sifat diuretik ( membuang kelebihan air dari tubuh melalui urine ), galactogogue ( sekresi bantuan ASI ), stimulan, dan sifat tonik.

Kandungan Gizi Pada Daun Seledri

-  Kalori 
-  Zat Besi                             -  Kalsium
-  Protein                               -  Magnesium
-  Gula                                  -  Natrium
-  Serat Pangan                     -  Vitamin A
-  Lemak tak jenuh ganda     -  Vitamin B6
-  Karbohidrat                       -  Vitamin C
-  Kalium                              -  Vitamin K

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

1.  Menurunkan Kolesterol

   Dengan tingginya vitamin A yang dimiliki, maka bisa mencegah kanker dan juga menurunkan tekanan darah tinggi. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk anda yang mempunyai kolesterol yang bisa dikatakan tinggi untuk mengkonsumsi daun seledri ini.

2.  Mengobati Anemia

   Untuk mengobati penyakit yang satu ini, sebenarnya tidaklah sulit dengan meminum obat pun juga langsung bisa sembuh. Namun, sayangnya efek yang ditimbulkan dari obat tersebut tidak sebanding dengan khasiatnya.

3.  Menyuburkan Rambut

   Daun seledri ternyata dapat digunakan juga sebagai obat untuk menyuburkan rambut anda.

Dengan cara sebagai berikut :

  • Cuci 8 - 10 tangkai daun seledri
  • Tumbuk daun seledri tersebut sampai lembut dan halus
  • Setelah lembut dan halus, gosokan ke kepala anda dan rambut anda tentunya, lalu pijatlah kepala dengan perlahan.
  • Bungkus rambut anda dengan handuk selama kurang lebih 1 jam
  • Bilaslah rambut dengan air bersih dan mengalir untuk memudahkan.
Cara seperti itulah yang harus dilakukan dan diterapkan dalam keseharian anda jika menginginkan rambut yang sehat dan lebat.

4.  Menyehatkan Gigi dan Tulang

   Mineral kalsium penting untuk membangun dan memelihara kesehatan gigi dan penting untuk menjaga struktur rangka yang kuat seperti yang didapat dari susu. Kalsium juga membantu mengirimkan informasi melalui sistem saraf dan membantu dalam pelebaran dan penyempitan pembuluh darah. Asupan yang dianjurkan dalam diet (RDA) untuk pria hingga usia 70 tahun adalah 1.000 mg kalsium / hari. Setelah usia 70, laki-laki harus mendapatkan 1.200 mg. Untuk wanita porsinya adalah 1.000 mg setiap hari hingga usia 50, dan 1.200 mg setelah usia 50. Satu porsi jus seledri mengandung 162 mg kalsium, yang lebih dari 16 % RDA untuk orang dewasa dan 13,5 % dari RDA untuk wanita.

5.  Mengobati Rematik

   Seledri atau yang biasa disebut dun sop ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit rematik. Caranya dengan menambahkan daun seledri tersebut ke menu makanan anda, untuk jadi lalapan. Konsumsilah sesering mungkin agar proses penyembuhan lebih cepat.

6.  Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi)

   Darah tinggi adalah salah satu penyakit mengerikan. Pada akhirnya, bisa mengancam pecahnya pembuluh darah di otak. Oleh karena itu, bagi yang menderita penyakit yang satu ini, harus segera bertindak. Salah satu tindakan alternative yang diambil adalah dengan menumbuk 100 gr daun seledri hingga halus. Setelahnya ditambahkan air matang dan dimasak hingga mendidih. Minumlah 2 kali dalam sehari.

7.  Mengatasi Obesitas

   Obesitas akan membuat tubuh menjadi tidak menarik.  Maka dari itu, cepat atasi dengan jus daun seledri yang diminum dengan rutin. 

8.  Menyembuhkan Luka

   Di dalam seledri terdapat vitamin K yang mendukung pembekuan darah, sehingga penting untuk penyembuhan luka dan memar. Kurangnya jumlah vitamin K dalam tubuh akan menyebabkan pendarahan dan kesulitan pulih dari cedera, bahkan memar ringan. Vitamin K juga membantu tubuh menggunakan kalsium, sehingga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. 1 porsi jus seledri mentah menganduk sekitar 118 mikrogram vitamin K, yaitu lebih dari 100 % asupan yang memadai untuk pria dan wanita.

9.  Mengobati Batuk

   Batuk sebenarnya merupakan penyakit ringan. Akan tetapi, ternyata penyakit ringan ini bisa bisa berbuah petaka. Batuk-batuk di tengah umum apalagi berdahak tentu sangat menyulitkan diri kita. Untuk menyembuhkannya, caranya dengan rebus daun seledri hingga susut. Lalu, saring air tersebut dan campurkan madu. Minumlah 2 kali dalam sehari, sehingga dapat menyembuhkan batuk.

10.  Mengobati Mata Kering

   Mata yang kering tentu sangat mengganggu aktivitas, apalagi dengan mata yang kering akan cenderung merasa gatal. Gatalnya mata ini jelas akan menimbulkan iritasi jika dikucek dan juga dibiarkan. Mata akan menjadi merah nantinya. Oleh karena itu, kita perlu membasmi penyakit yang satu ini dengan daun seledri. Caranya dengan menumbukan daun seledry dengan campuran daun bayam dan daun kelor. Setelah halus, hasil tumbukan itu ditambahkan sedikit garam dan air. Lalu, minumlah campuran bahan-bahan tadi sebanyak 3 kali dalam sehari.

11.  Mengatur Keseimbangan dan Menyehatkan Jantung

   Terdapat kalium dalam daun seledri, kalium sendiri adalah elektrolit dan mineral penting untuk membantu tubuh mengatur keseimbangan asam basa dan menjaga aktivitas jantung tetap sehat. Kalium juga membantu pemecahan karbohidrat, dan itu sangat penting untuk membangun otot dan protein. Satu porsi jus seledri mentah mengandung 1.050 gr kalium, yaitu lebih dari 22 % dari asupan kalium yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan.

Selain manfaat di atas, seledri juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk otak. Dan ada beberapa juga makanan lain yang baik untuk kesehatan otak, informasinya bisa anda lihat di 13 Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi dan Kinerja Otak .

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "11 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. seledri slain enak jga banyak manfaat yah..
    thanks gan

    ReplyDelete