11 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh

   Delima ( Punica granatum L ), merupakan tanaman buah yang termasuk dalam keluarga Punicaceae. Tanaman ini berasal dari Timur Tengah dan dapat tumbuh pada ketinggian 1000 mdpl. Delima sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias sekaligus untuk dimakan buahnya.

   Selain memiliki manfaat yang hebat bagi kesehatan, buah delima juga mengandung vitamin A, C, dan E serta memiliki sifat anti-mikroba, sifat anti-inflamasi dan juga anti penuaan. Dengan demikian, buah delima juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kecantikan wajah.

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh

   Hampir semua bagian tanaman ini bermanfaat sebagai obat. Dari mulai akar, biji, daun, bunga, hingga kulit pohonnya. 

Kandungan Gizi Pada Buah Delima

-  Kalori                                     - Zat Besi
-  Lemak jenuh                          -  Vitamin B6
-  Lemak tak jenuh tunggal       -  Vitamin C
-  Lemak tak jenuh ganda          -  Natrium
-  Karbohidrat                           -  Kalium
-  Serat Pangan                          -  Kalsium
-  Gula                                       -  Magnesium
-  Protein
1.  Menjaga Kesehatan Jantung

   Sebuah percobaan yang dilakukan pada tahun 2005 oleh 45 pasien dengan penyakit jantung koroner, menunjukan bahwa minuman jus delima harian yang diberikan selama 3 bulan membuat aliran darah ke jantung lebih lancar dan resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung. Studi ini tidak mengatakan apa arti hasil untuk kondisi seperti serangan jantung, dengan demikian hasil positif yang dilaporkan bisa turun secara kebetulan.

2.  Mencegah Kanker Prostat

   Satu studi kecil pada tahun 2006 menemukan bahwa minum 227 ml harian jus delima secara signifikan, akan memperlambat kemajuan kanker prostat pada pria dengan kanker prostat berulang, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan bukti yang mendukung temuan ini.

3.  Sembuhkan Bekas Luka

   Delima dan minyak delima memiliki kandungan nutrisi yang mampu meningkatkan regenerasi sel di bagian epidermis & dermis lapisan kulit anda. Selain mampu melindungi kulit, juga bisa membantu menyembuhkan luka.

4.  Mencegah Osteoarthritis

   Delima membantu mengurangi penyakit dari berbagai bentuk termasuk aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan dengan memakan buah ini. Buah delima mampu mencegah pembentukan enzim yang bertanggung jawab terhadap jaringan ikat dalam tubuh.

5.  Stenosis Arteri Karotis

   Sebuah studi yang baik dari tahun 2004 pada pasien dengan stenosis karotis ( arteri menyempit ), menemukan bahwa segelas jus delima harian ( 50 ml ) selama 3 tahun mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol dalam arteri, dan juga mengurangi kolesterol. Namun, efek ini tidak jelas dipahami untuk kondisi seperti stroke.

6.  Menghindari Anemia

   Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengkonsumsi buah ini dalam bentuk apapun. Persediaan delima untuk zat besi dalam darah akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran.

7.  Terlindung Dari Sinar Matahari

   Delima dan juga minyak biji delima punya senyawa pelindung matahari yang dapat membantu kulit melawan radikal bebas. Selain dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari, buah delima juga mampu membantu mencegah terjadinya kanker kulit.

8.  Perawatan Gigi

   Salah satu manfaat terbaik dari buah delima adalah bahwa jus delima memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang akan membantu untuk mengurangi efek plak gigi dan melindungi terhadap berbagai penyakit mulut.

9.  Anti Penuaan

   Diet jus delima dapat membantu memperlambat proses penuaan yang akan mengurangi keripuit dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Hal ini juga akan membantu mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan mencegah pigmentasi berlebihan dan terjadinya bintik-bintik gelap.

10.  Mengatasi Gangguan Perut

   Kupas buah delima dan gunakan untuk menenangkan gangguan lambung atau diare yang disebabkan oleh setiap jenis masalah pencernaan. Minum teh yang terbuat dari daun buah ini juga membantu dalam menyembuhkan masalah pencernaan. Jus buah delima juga digunakan untuk menangani masalah seperti disentri dan kolera.

11. Mencerahkan Warna Kulit

   Campurkan 1 sendok teh buah pepaya hijau, minyak biji anggur, dan ekstrak biji anggur dengan 2 sendok teh jus delima dan oleskan pada kulit wajah. Biarkan selama sekitar 1 jam dan cuci dengan air hangat. Gunakan bola kapas untuk mengoleskan jus delima secara langsung pada wajah setelah membersihkan.

   Ada satu lagi manfaat buah delima, ternyata buah yang satu ini adalah salah satu makanan terbaik untuk otak kita, dan ada juga beberapa makanan lain yang baik untuk otak, informasinya bisa anda lihat di > 13 Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi Otak .

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "11 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh"

  1. Tu kan, informasinya bermakna banget, Pengen banget makan buah delima, tapi dimana ya?, mahal gak ya?,,, heee..
    ditempat kami buah delima sulit ditemukan.,akang punya banyak buah delima??kirim dunk delimanya..!.bcd
    salam santun n salam silaturahmi.
    mampir kang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, untuk harga saya kurang begitu pasti gan :)
      Oh iya terima kasih atas kunjungannya ya gan :)

      Delete