17 Manfaat Olahraga Basket Untuk Kesehatan Tubuh

   Olahraga adalah suatu kegiatan yang begitu bermanfaat bagi kesehatan dan tubuh manusia. Tak jarang berolahraga pun selalu menjadi hobi bagi mereka yang sangat mementingkan kesehatan tubuh. Dari sekian banyak jenis olahraga, olahraga basket adalah olahraga yang kerap kali menjadi pilihan untuk dilakukan khususnya bagi anak muda.

Manfaat Olahraga Basket Untuk Kesehatan Tubuh

   Semua jenis olahraga memberikan banyak manfaat yang baik untuk mengoptimalkan dan menjaga kesehatan jangka panjang. Salah satunya yaitu olahraga bola basket yang merupakan salah satu jenis olahraga yang dimainkan secara beregu dan membutuhkan teknik khusus ketika memainnmya. Mulai dari driblling, passing, shooting, laying up, slam dunk dan berbagai teknik lainnya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik siapapun yang memainnya.

Manfaat Olahraga Bola Basket Untuk Kesehatan Tubuh

1.  Menurunkan Berat Badan

   Karena olahraga basket membutuhkan tenaga yang ekstra dan kekuatan atau stamina fisik yang optimal, tentu saja kalori yang dilepaskan terbilang banyak. Membakar lemak dan menurunkan berat badan melalui olahraga basket sangatlah cocok bagi anda yang mempunyai berat badan yang berlebih dan tidak ideal. Selain berat badan yang akan mudah diturunkan, massa otot juga akan meningkat karena latihan basket yang dilakukan sangat efektif untuk membentuk otot-otot yang kuat.

2.  Melatih Daya Pacu Jantung

   Ketika melakukan olahraga basket, pacu jantung akan semakin cepat dan berdetak normal kembali ketika istirahat. Hal ini baik bagi kesehatan tubuh karena peran jantung dalam tubuh mengedarkan darah ke semua tubuh.

3.  Melatih Ketangkasan

   Ketangkasan tubuh bisa dilatih melalui olahraga ini karena olahraga basket akan mengajarkan kita untuk tangkas dalam melakukan berbagai gerakan yang lincah, aerobik dan natural yang bisa dikombinasikan dengan berbagai gaya.

4.  Menambah Tinggi Badan

   Tinggi badan yang ideal adalah dambaan semua orang, karena hal ini sangat mempengaruhi kepercayaan serta sifat pribadi  seseorang apabila ada di tempat umum. Olahraga ini adalah yang paling baik untuk meraih tinggi badan yang diinginkan.

5.  Menambah Daya Imunitas Tubuh

   Tidak hanya manfaat buah-buahan yang mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh, olahraga basket juga bisa melakukannya. Basket merupakan salah satu olahraga yang mampu mencegah bakteri dan virus yang bersifat patogen, yakni virus yang menyerang tubuh ketika dalam keadaan lemah.

6.  Membentuk Tubuh Ideal

   Olahraga basket adalah olahraga yang sangat identik dengan olahraga fisik dan kalori pun akan terbakar. Apabila kalori tidak dapat diproses, maka akan mempengaruhi kondisi kesehatan.

7.  Memaksimalkan Pertumbuhan

   Olahraga basket merupakan salah satu olahraga pilihan yang cocok untuk anak-anak yang tengah dalam masa pertumbuhan, karena aktivitas olahraga yang satu ini bisa memaksimalkan pertumbuhan. Peningkatan tinggi badan yang lebih optimal dapat diperoleh berkat latihan basket yang dilakukan secara rutin dan berkala. Fisik yang sehat dan pertumbuhan yang maksimal bisa dirasakan oleh siapa saja yang menjadi basket sebagai salah satu olahraga yang diterapkan.

8.  Meningkatkan Konsentrasi dan Fungsi Otak

   Basket merupakan salah satu jenis permainan olahraga yang bukan hanya mengandalkan tenaga atau kekuatan fisik semata, namun juga membutuhkan konsentrasi dan kemampuan berpikir untuk menyusun strategi penyerangan ke area lawan. Melakukan pergerakan tangan dan kaki dalam setiap teknik bermain basket juga memerlukan fokus atau koordinasi yang baik agar tidak terkena pelanggaran. Dengan kata lain, manfaat olahraga basket yang satu ini sangat efektif untuk melatih fungsi dan meningkatkan kinerja otak.


9.  Membantu Kadar Hormon

   Wanita muda yang menderita disfungsi hormone disarankan untuk bermain basket secara teratur. Peregangan dan melompat selama pertandingan menyebabkan otot perut menguat, dan menyetabilkan metabolisme yang membantu dalam mengatur masalah hormonal wanita.

10.  Menyehatkan dan Menyegarkan Badan

   Ketika sedang berolahraga basket, otomatis tubuh akan membuang energi sisa selama beraktivitas berupa cairan keringat, kemudia diganti dengan energi baru. Energi abru tersebut berupa makanan dan minuman yang sehat, yang dikonsumsi setelah beberapa menit melakukan olahraga basket. Hal ini akan membuat tubuh terasa segar dan fit untuk memulai aktivitas baru.

11. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Jantung

   Saat berolahraga  basket, otomatis tubuh membakar lemak dan kolesterol. Dengan pembakaran lemak dan kolesterol dalam tubuh, mengurangi resiko terkena penyakit jantung yang biasanya dialami pria dan wanita yang sudah berumur. Akan tetapi banyak kasus sekarang para remaja maupun beranjak dewasa yang sudah memiliki penyakit jantung. Untuk itu, disarankan berolahragalah sejak dini.

12.  Menghindari Osteoporosis

   Olahraga basket mengambil manfaat lari, yang dapat membuat tulang-tulang dalam tubuh akan semakin kuat jika dilakukan secara terus- menerus. Sementara , osteoporosis harus dicegah sejak dini karena akan sangat sulit untuk mencegahnya jika usia sudah lanjut.

13.  Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

   Basket adalah permainan cepat yang melibatkan banyak lari, dribbling, berbalik cepat, passing, melompat, dan melempar. Jadi, olahraga ini dapat berfungsi sebagai latihan kardiovaskular yang efektif, yang mempercepat pernapasan dan meningkatkan pasokan darah yang mengangkut oksigen ke otot-otot.

14.  Meningkatkan Keterampilan Motorik

   Karena permainan harus menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh inti dalam olahraga ini.

15.  Membakar Kalori

   Kalori tubuh yang diperoleh dari berbagai sumber salah satunya adalah makanan, memang harus diproses atau dibakar untuk dijadikan energi karena apabila kalori tidak diproses akan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh anda.

16.  Baik Untuk Keseluruhan Tubuh

   Berlali, melompat dan menggiring bola yang melibatkan otot lurik dan dada sangat baik untuk membangun keseluruhan kesehatan tubuh. Selain itu, aktivitas melompat juga sangat baik untuk membangun otot abs kaki.

17. Baik Untuk Anak-anak

   Olahraga basket merupakan pendorong yang sempurna untuk menjadikan anak muda terus sehat. Tak sebatas itu, bola basket juga menanamkan kepercayaaan diri, dan membantu otot- otot di seluruh tubuh mereka.

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "17 Manfaat Olahraga Basket Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. Nice info gan semoga maju yerus

    ReplyDelete
  2. banyak juga ya manfaat olahraga basket, tapi kenapa kita ini malas berolahraga. Dulu saya juga suka basket saat masih SMA, sekarang udah gak lagi hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya gan, mungkin karena males, capek, atau sibuk. Sekarang mungkin karena agan sibuk kerja mungkin ? hehe

      Delete
  3. cara menambah tinggi badan gan , badan ane pendek gmn mau main basket wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah justru itu gan, kan semua orang awalnya gak langsung tinggi gan hehe

      Delete
  4. request untuk manfaat badminton gan

    ReplyDelete
  5. Pantesan pemain basket rata-ratanya pada tinggi-tinggi. Sama juga kayal polly ball sangat bermanfaat bagi kesehatan dan bisa menambah tinggi badan secara cepat.

    Nice info gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia gan bukti dari olahraga basket ataupun olahraga lainnya, yang berefek pada peningkatan tinggi badan.

      Delete
  6. sayangnya ane gak bisa maen bola basket

    ReplyDelete
  7. Dan Ku akui sya Gak Suka Basket n karna sya Gak tau juga
    hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaiahaha, ya gapapa sih gan kan bisa dengan olahraga yang lain

      Delete
  8. betul gan, basket memang membuat tubuh sehat, tetapi entah kenapa jarang sekali saya melihat orang indonesia main basket, terlebih lagi di kampung-kampung dan pedesaan. Piala basket juga jarang terlihat di TV indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntahlah gan, malah kebanyakan dominan itu sepak bola ya gan.

      Delete
  9. Ternyata manfa'at basket lebih banyak dari yang saya kira. Selain bisa memudahkan dilirik cewek, ternyata dalam bidang kesehatan pun banyak manfa'atnya. Mungkin saya akan beralih hobi, dari sepak bola menjadi basket karena bisa Menambah Tinggi Badan dan Memaksimalkan Pertumbuhan. Terima Kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu sih terserah agannya aja :D
      Mau sepak bola atau basket sama-sama punya manfaat tersendiri ko

      Delete
  10. waduh kebetulan banget gua anak basket ,heheh tadi di suruh sama coach, di suruh cari manfaat basket, eh nemu nih blog..mantap deh min..makasih artikel ny

    ReplyDelete