10 Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Dengan Benar

  Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Dengan Benar -  Salah satu hal yang paling diperlukan untuk sukses dalam mempelajari sesuatu dan mengerjakan pekerjaan dengan sukses adalah daya konsesntrasi. Jika kita memiliki konsentrasi kuat terhadap suatu hal, otomatis fokus untuk mengerjakan hal tersebut akan lebih tinggi. Hasilnya bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan lebih baik.

Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Dengan Benar


  Untuk kali ini saya akan memberikan tips berguna untuk meningkatkan konsentrasi yang juga erat kaitannya dengan daya ingat.

Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi


1. Kembangkan Pola Hidup Sehat

   Daya konsesntrasi sangat erat kaitannya dengan aliran darah ke otak. Makin lancar aliran darah ke otak, makin mudah pula kita berkonsesntrasi. Nah, untuk memperlancar aliran darah ini, diperlukanlah pola hidup sehat yang seimbang.

   Pastikan untuk tidur cukup, olahraga teratur, dan makan makanan yang bergizi. Hal ini sangat berguna dalam jangka panjang, dan bahkan hingga usia tua. Orang yang mengembangkan pola hidup sehat biasanya terhindar dari sifat pikun dan pelupa saat ia menginjak usia lanjut. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk menjaga gaya hidup anda tetap seimbang dan sehat.

2. Buatlah aktivitas yang anda lakukan menjadi sebuah kebiasaan

   Jika anda terbiasa melakukan sesuatu secara berulang-ulang, secara rutin, dalam jangka waktu yang lama, maka akurasi anda dalam bekerja atau belajar akan menjadi lebih tinggi. Akibatnya, daya konsentrasi yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut tidak akan lagi terlalu tinggi. Hasilnya, pekerjaan tersebut tidak akan menjadi terlalu melelahkan bagi otak anda.

   Seperti dalam pepatah Inggris mengatakan " practice makes perfect" . Begitu juga dengan belajar dan bekerja. Lakukan berulang-ulang, maka lama kelamaan anda akan terbiasa melakukan hal tersebut. Hasilnya anda akan lebih mudah berkonsentrasi dalam melakukannya.

3. Melakukan Aktivitas yang bisa memperlancar aliran Oksigen ke otak

   Darah adalah kendaraan utama oksigen dalam tubuh kita. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa memperlancar aliran darah, di mana hal ini bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Dalam rangka membantu mengalirkan oksigen ke otak, anda bisa bangun dan berjalan setiap beberapa saat, merubah posisi duduk, atau bahkan berbaring.

   Jika anda terjebak di tempat kerja dan tidak bisa melakukan aktivitas-aktivitas di atas, cobalah melakukan gerakan-gerakan kecil di tempat kerja. Lakukan saja senam-senam yang tidak terlalu menyita tempat, terutama peregangan anggota-anggota tubuh.

4. Kerjakan Satu Hal pada satu waktu hingga selesai dengan sempurna

   Jika ingin menyelesaikan sesuatu dengan hasil yang benar-benar bagus, cobalah untuk membiasakan diri mengerjakan satu hal hingga selesai dengan sempurna, baru beralih ke ahal yang lainnya. Jangan membiasakan diri untuk melakukan multitasking, alias mengerjakan berbagai macam hal dalam satu waktu. Kebiasaan multitasking tersebut menuntut anda membagi konsentrasi ke berbagai hal sekaligus.

   Dengan membiasakan diri fokus pada satu hal di hadapan anda, berbagai pengalih perhatian akan lebih mudah dihindari, kita akan lebih mudah berkonsentrasi, dan tentu saja hasil akhir pekerjaan yang dilakukan pun akan lebih optimal.

5. Kerjaan Sesuatu di meja kerja atau meja belajar, jangan di tempat tidur

   Terutama jika anda melakukan berbagai aktivitas yang menuntut konsentrasi tinggi dari rumah anda. Cobalah untuk melakukannya di tempat yang sesuai. Jangan membiasakan diri untuk belajar di tempat tidur, karena akan lebih banyak stimulus yang membuat konsentrasi anda terpecah. Begitu pula saat membalas email bisnis atau hal-hal resmi lainnya, lakukanlah di meja kerja tau meja belajar

   Oleh karena itu anda harus memastikan bahwa meja tempat anda mengerjakan berbagai hal penting memiliki kondisi yang kondusif. Cari kursi yang nyaman, namun kondusif melakukan pekerjaan serius. Perhatikan pula masalah penerangan dan sirkulasi udara.

6. Istirahat setiap satu jam

   Ingatlah untuk memberikan otak anda istirahat sebentar setidaknya lima menit setiap 60 menit aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi. Jika otak harus konsentrasi secara konsisten selama berjam-jam pada suatu waktu tanpa jeda, daya konsentrasi dan fokus anda justru bisa menurunkan secara drastis. Oleh karena itu, jangan memforsir kerja otak.

   Beristirahatlah setidaknya 3 - 5 menit setiap bekerja untuk menjaga vitalitas otak. Bisa dengan  berjalan-jalan keluar sebentar, makan cemilan, atau sekedar berhenti dari hal yang anda lakukan dan mendengarkan musik. Jika anda perlu bekerja atau belajar dalam durasi yang lama, jangan ragu untuk mengambil waktu istirahat yang cukup lama untuk tidur.

7. Liburan dan Mencara Suana Baru

   Daya konsentrasi bisa menurun dengan cukup parah apabila anda mengerjakan berbagai macam hal secara berulang-ulang, dalama waktu yang lama, misalkan mengerjakan pekerjaan kantor tanpa mendapat waktu liburan yang layak. Maka dari itu, perlu sekali waktu untuk mengambil uti atau liburan di mana anda benar-benar bisa beristirahat dan melakukan hal yang anda sukai.

   Sangat penting juga untuk tidak sekedar berlibur, namun mencari suasana baru untuk menyegarkan pikiran. Anda bisa pergi keluar kota satu dua hari, menginap di luar, makan di tempat yang benar-benar berbeda, dan melakukan berbagai aktivitas lain untuk menyegarkan pikiran. Sekembalinya anda dari liburan, dan konsentrasi dan mood bekerja anda akan berada di titik tertinggi.

8. Teknik "laba-laba"

   Ada sebuah teknik yang disebut dengan "teknik laba-laba". Perhatikan saja saat di mana laba-laba sedang membangun sarangnya. Jika kita meltakan sebuah sumber bunyi-bunyian di samping laba-laba tersebut, ia sama sekali tidak akan terganggu dan memutuskan untuk meneruskan pekerjaanya membangun sarang.

   Nah, inilah yang harus anda pelajari. Anda harus belajar untuk bisa mengabaikan hal-hal kecil yang bisa mengalihkan perhatian, misal pintu yang terbuka, orang yang berlalu-lalang, suara musik di kejauhan, dan lain-lain. Jangan sampai hal-hal kecil tersebut dengan mudah memecahkan konsentrasi dan fokus yang kita bangun.

9. Meditasi

   Salah satu latihan ringan yang paling mudah untuk meningkatkan konsentrasi adalah dengan cara bermiditasi. Ingat, konsep utama dalam meditasi bukanlah "mengosongkan pikiran", namun "memusatkan pikiran terhadap satu hal tertentu". Jika anda bisa melakukan meditasi yang tepat dan membuatnya menjadi kebiasaan, maka anda pun akan lebih mudah berkonsentrasi.

10. Perbanyak Antioksidan

   Antioksidan terkenal sebagai zat yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus baik bagi kesehatan kulit. Tidak hanya itu, namun antioksidan juga berguna untuk melindungi sel-sel tubuh termasuk di dalamnya adalah sel otak. Kualitas otak yang baik menentukan tinggi rendahnya kemampuan anda dalam berkonsentrasi. Ada banyak makanan berupa sayur dan buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi seperti bluberry, strawberry, cranberry, blackberry, kismis, bayam, dan bawang putih.

Nah itulah Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Dengan Benar, mulailah untuk menerapkan cara di atas dalam kehidupan kalian agar semua aktivitas yang kalian lakukan lebih maksimal dari yang sebelumnya. Selain praktek untuk meningkatkan daya konsentrasi, harus didampingi dengan makanan - makanan yang bermanfaat untuk otak agar kinerja otak lebik baik dari yang sebelumnya, apa saja makanan tersebut ? bisa anda cek di Makanan Untuk Meningkatkan Kinerja Otak.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "10 Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Dengan Benar"

  1. Mantap info nya gan. Ane sering lupa dan jarang fokus, bahkan sering melamun. Boleh juga ni di coba teknik-tekniknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba gan, agar fungsi otak menjadi meningkat dari yang sebelumnya.

      Delete