19 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh, Kecerdasan, dan Kecantikan

   Coklat dihasilkan dari kakao ( Theobroma Cacao) yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon Utara sampai ke Amerika Tengah. Sebagian besar masyarakat di dunia pasti pernah merasakan lezatnya makanan yang satu ini, hingga penikmat dibuat ketagihan karena rasanya yang manis. Selain rasanya yang manis dan pastinya coklat juga memiliki kandungan gizi dan manfaatnya untuk tubuh kita.

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh, Kecerdasan, dan Kecantikan

   Kandungan Gizi pada Coklat


-  Vitamin A                              -  Kalium
-  Vitamin B12                          -  Karbohidrat
-   Lemak Jenuh                        -  Serat Pangan
-  Lemak tak jenuh tunggal       -  Gula
-  Lemak tak jenuh ganda         -  Protein
-  Kolesterol                              -  Kafein
-  Natrium                                 - Kalsium
-  Magnesium                           -  Zat Besi

Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan, Kecerdasan dan Kecantikan

1.  Meningkatkan Produksi Insulin

   Para peneliti di Italia baru-baru ini, melakukan penelitian terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons coklat hitam atau coklat putih dalam jumlah yang sama, yang tidak mengandung phytochemical flavonoid selama 15  hari. Kemudian penelitian ini menunjukan hasil bahwa resistensi insulin ( faktor resiko untuk diabetes) secara signigikan menurun pada mereka yang makan coklat hitam.

2.  Mempengaruhi Peningkatan Aliran Darah

   Terkait penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik ( angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), diukur setiap hari dan juga menjadi lebih rendah pada kelompok makan coklat hitam. Kandungan zat flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan alami dari coklat. Antioksidan yang sama ini juga terdapat pada manfaat buah anggur.

3.  Mencegah Penyakit Jantung

   Sebuah coklat bar dapat membantu anda untuk mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular anda berjalan lancar. Terutama dark chocolate dapat mengurangi resiko serangan jantung dengan presentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%. Jadi bukan sebuah masalah mengkonsumsi sebuah bar atau sepotong coklat sehari-hari!.

4.  Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

   Coklat merupakan zat yang mengandung senyawa yang berfungsi untuk menenangkan syaraf-syaraf yang tegang. Dengan memakan coklat bisa menurunkan tekanan darah.

   Dark chocolate telah ditunjukan dalam studi untuk menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Dan makan coklat hitam secara teratur telah terbukti menurunkan kolesterol LDL (Kolesterol Baik) sebanyak 10%.

5.  Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

   Kakao atau coklat, mengandung antioksidan yang menghentikan pertumbuhan kanker, dengan menyebabkan protein tertentu dalam tubuh untuk menonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor. Cukup baik bukan?

6.  Meningkatkan Sirkulasi Darah

   Flavonoid, seperti yang disebutkan sebelumnya hadir dalam coklat dan mereka juga membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah selama 2-3 jam setelah anda mengkonsumsinya. Dengan melebarkan pembuluh darah di otak, flavonoid meningkatkan aliran darah.

7.  Menghindari Kelelahan Kronis

   Kelelahan kronis merupakan ancaman bagi kesehatan dan kebahagiaan seseorang. Penyakit ini menyebabkan sakit kepala, tubuh nyeri, jantung dan masalah pernafasan. Tapi makan sekitar 50 gram sehari-hari coklat membantu untuk menghindari sindrom kelelahan kronis. Jika seorang sudah menderita sindrom ini, coklat membantu dalam memeranginya juga.

8.  Menurunkan Berat Badan

   Berbeda dengan manfaat buah-buahan yang memang terkenal baik untuk menjaga berat badan, mengkonsumsi coklat menjadi ketakutan sendiri bagi orang yang sedang melakukan program diet. Pada penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen ini menghasilkan penemuan bahwa coklat hitam memberikan perasaan yang lebih kenyang seperti manfaat jambu biji dan manfaat apel, daripada coklat putih. Ini artinya cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

9.  Mengatasi Diare

   Kebanyakan kita hanya mengetahui sejumlah tanaman yang memberikan dukungan terhadap pengobatan diare seperti pada manfaat daun jambu biji. Padahal sejarah budaya Amerika Selatan dan Eropa sejak abad ke-16, memberikan pengobatan diare dengan kako. Kemudian hal ini diperkuat oleh penelitian ilmu pengetahuan modern. Para ilmuwan di rumah sakit anak Okland Research Institute menemukan bahwa flavonoid di dalam kako akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.

10.  Menghambat Penuaan

   Keuntungan lain dari mengkonsumsi coklat adalah bahwa hal itu membantu dalam menghambat penuaan. Hal ini dapat menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukan penuaan di wajah. Coklat mengandung antioksidan alami untuk menundanya.

11. Menghaluskan Kulit

   Flavanols yang terdapat pada coklat bisa melindungi anda dari sinar UV, menjaga kelembaban kulit anda dan menjaganya untuk tetap bersinar. Coklat juga membantu mempertahankan elastisitas kulit dan meremajakan sel-sel kulit anda. Jadi bintik-bintik hitam, kulit kasar akan jauh dari kulit anda.

12.  Membuat Panjang Umur

   Hasil penelitian yang dilakukan di Belanda yang diikuti 200 pria di atas 20 tahun, menemukan bahwa para pria mengkonsumsi sejumlah besar coklat, baik itu berupa dark coklat dan milk chocolate, usianya lebih lama dan telah menurunkan tingkat penyakit. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa coklat mengandung zat yang mampu memperlambat penuaan. Konsumsi coklat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari.

13.  Anti Depresi

   Hasil penelitian juga membuktikan bahwa coklat mengandung serotonin alami anti depresian. Dengan memakan coklat juga bisa merangsang tubuh untuk memproduksi enzim endorfin, yang berperan menciptakan perasaan senang dan bahagia. Sebuah studi menemukan bahwa pencairan coklat di mulut menghasilkan perasaan senang lebih lama. Jadi ketika anda merasa dalam keadaan stress atau tertekan sempatkanlah waktu untuk menikmati coklat.

14.  Mencegah Kerusakan Gigi

   Banyak orang yang menganggap bahwa dengan memakan coklat itu bisa menimbulkan kerusakan pada gigi. Sebenarnya yang membuat kerusakan pada gigi bukan coklatnya, tapi gula yang terdapat pada penganan coklat. Jadi tidak masalah jika anda memakan coklat asalkan disiplin gosok gigi. Hasil penelitian telah menemukan bahwa dalam coklat terdapat zat theobromine yang bisa mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan streptokokus mutans, yaitu bakteri yang memberikan kontribusi terhadap kerusakan gigi pada rongga mulut. 

15.  Meningkatkan Kesehatan Mata

   Dengan mengkonsumsi coklat mata kita bisa mendapatkan meningkatnya kesehatan mata. Hal ini dikarenakan aliran darah yang menuju ke retina meningkat dengan baik dan dapat membantu memperbaiki penglihatan dan kekuatan mata anda.

16.  Menyehatkan Otak

   Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa manfaat coklat hitam baik untuk kesehatan otak. Para peneliti di Johns Hopkins  Universitr menemukan bahwa coklat dapat melindungi sel syaraf otak dari kerusakan saat terjadi serangan stroke. Manfaat dari coklat hitam ini juga terbukti mampu meningkatkan memori otak. Dengan mengkonsumsi coklat secara rutin bisa meningkatkan kecerdasan daya ingat. Hal ini disebabkan karena coklat kaya akan flavanol. Bioaktif di dalam coklat ini membantu mencegah penurunan daya ingat yang biasanya terjadi ketika berusia lanjut.

17.  Mempertajam Kecerdasan Otak

   Sebuah penelitian di Harvard menemukan fakta bahwa meminum dua cangkir coklat panas setiap hari ( pagi dan sore) , bermanfaat untuk mempertajam ingatan sekaligus meningkatkan kecerdasan otak dalam berfikir. Bahkan bagi orang dewasa maupun usia lanjut, kakao mampu memperbaiki masalah kognitif akibat diabetes, hipertensi, atau penyakit pembuluh darah lainnya. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi coklat setiap pagi hari sebelum anda beraktivitas.

18.  Meningkatkan Konsentrasi

   Peneliti berkata " Senyawa-senyawa itu telah ditemukan sebelumnya yang bersifat meningkatkan tingkat kesadaran dan kemampuan berkonsentrasi dan apa yang telah kita ketahui bahwa dengan mengkonsumsi coklat kita dapat memperoleh efek stimulasi tersebut yang akan membuat peningkatan performa mental."

19.  Proteksi Sinar Matahari

   Proteksi terhadap sinar matahari ini telah dilakukan penelitian oleh peneliti London mengenai kandungan flavanol. Pengujian dilakukan selama 3 bulan dengan mengkonsumsi coklat, yakni mengembangkan bahwa efek memerah yang menunjukkan awal luka bakar. Namun coklat yang rendah flavanol tidak mendapatkan perlindungan matahari yang sama.

   Selain manfaat di atas, ada satu lagi manfaat yang penting, yaitu ternyata coklat adalah salah satu makanan terbaik untuk otak. Coklat yang bisa membuat syaraf-syaraf anda rileks dapat membantu sistem kerja otak yang bekerja untuk mengontrol semua organ. Termasuk rasa senang yang akan membuat anda enjoy untuk beraktivitas. Selain coklat ada juga makanan yang lainnya, informasinya bisa anda baca di  Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi, Kecerdasan dan Kinerja Otak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "19 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh, Kecerdasan, dan Kecantikan"

Post a Comment