7 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh

   Temulawak, atau curcuma javanica adalah salah satu tanaman obat asli Indonesia yang memiliki banyak khasiat kesehatan. Temulawak berbentuk akar dan rimpang ( batangnya berada di bawah tanah) dan tumbuh di daerah dengan ketinggian 5 - 750 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini sekilas memiliki bentuk serupa dengan kunyit, namun keduanya memiliki manfaat yang berbeda.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh

   Bagian yang banyak dimanfaat yaitu akar atau juga sering disebut rimpang. Akar inilah yang diolah menjadi obat herbal, cara pengolahannya juga berbeda-beda.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh

1.  Menjaga Kesehatan Hati

   Salah satu manfaat temulawak yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia adalah untuk menjaga fungsi hati. Ini karena temulawak mengandung katagoga yang memproduksi empedu dalam hati serta merangsang pengosongan empedu.

   Sejumlah uji klinik terhadap temulawak menemukan bahwa temulawak ternyata memberikan enzim yang dapat menurunkan kadar SGOT ( Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase ) dan SGPT ( Serum Glutamic Pyruvate Tranaminase ). SGOT dan SGPT sendiri merupakan enzim yang terdapat dalam sel hati dan jumlahnya akan mengikat jika terjadi kerusakan.

2.  Melawan Penyakit Kanker

   Selain mengobati kerusakan pada hati, temulawak juga memiliki khasiat melawan penyakit kanker yang menjadi momok banyak orang. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan pada 2001 silam, curcumin diketahui mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat secara signifikan sekaligus berpotensi mencegah perkembangan kanker hormone lainnya.

   Sementara itu, University Of Maryland Medical Center memaparkan jika tanaman herbal, terutama temulawak, dapat menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang membantu pertumbuhan kanker.

   Meskipun dokter masih harus melakukan percobaan lebih lanjut, namun secara umum temulawak direkomendasikan untuk pasien penderita kanker.

3.  Untuk mengontrol Kolesterol

   Temulawak juga berfungsi untuk dapat meningkatkan aliran empedu dari dalam kantung empedu ke hati. Cairan pada empedu yang pahit dan berwarna hijau tersebut berperan dalam proses penyerapan sari makanan agar tidak terganggu sehingga dapat mengontrol untuk bisa menormalkan kolesterol jahat yang ada dalam darah.

4.  Sebagai Antioksidan

   Kurkumin yang terkandung pada temulawak bermanfaat sebagai antioksidan sebab mampu menangkap berbagai radikan bebas, misalnya seperti anion superoksid dan juga radikal hidroksil sehingga dapat membantu menjaga kesehatan. Caranya adalah gunakan ekstrak kering temulawak kemudian direbus minimun 3 kali dalam sehari, kurang lebih 250 - 500 mg.

5.  Mengurangi Radang Sendi

   Kandungan kurkumin pada temulawak berperan sebagai anti radang yang jumlahnya setara dengan 100 mg fenilbutazon yang mampu mengurangi nyeri dan juga radang sendi.

6.  Memperbaiki Fungsi Pencernaan

   Serbuk rimpang temulawak dapat meningkatkan aktivitas di dalam cairan lambung sehingga bisa membantu metabolisme dan juga mengurangi kontraksi usus halus. Caranya adalah ambil 2 gram rimpang kering temulawak atau 8 gram temulawak yang segar. Panaskan rimpang tersebut dengan air hingga mencapai suhu 90 derajat, kurang lebih selama 15 menit. Kemudian disaring, minum 2 hingga 3 kali sehari di antara waktu-waktu makan.

7.  Menurunkan Lemak Darah

   Ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminoidnya mampu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan juga meningkatkan HDL pada kolesterol. Komponen yang berperan dalam menurunkan kada lemak darah ialah kurkuminoid.

Nah itulah beberapa manfaat temulawak yang bisa kita ambil jika kita mengkonsumsi salah satu herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "7 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh"

  1. Wow, ternyata temulawak banyak khasiatnya.

    Blog yang bagus ini, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Iya gan, semoga bermanfaat ya untuk agan dan pembaca yang lainnya . Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Banyak juga yah manfaatnya, sayang di tempat saya sudah tidak ada yang jualan :/
    Tapi makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan banyak manfaatnya. Wah sayang sekali gan :(

      Delete