9 Manfaat Buah Belimbing dan Kandungan Gizi yang baik Untuk Kesehatan Tubuh

   Buah Belimbing merupakan salah satu buah yang tumbuh di iklim tropis seperti iklim di Indonesia ini, buah yang rasanya manis dan asam ini memiliki bentuk yang unik dibandingkan dengan buah lainnya, buah belimbing atau Starfruit dalam bahasa Inggris ini biasanya diolah menjadi Jus Belimbing, manisan atau dijadikan potongan belimbing segar untuk rujak.

Manfaat Buah Belimbing dan Kandungan Gizi yang baik Untuk Kesehatan Tubuh

   Selain rasanya yang manis dan asam, buah yang satu ini juga memiliki kandungan gizi dan manfaat seperti buah pada umumnya, yang sehat untuk tubuh manusia.

Kandungan Gizi Buah Belimbing

  • Vitamin A, B, C, E, dan K
  • Thiamin
  • Kalori
  • Mineral
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Sodium
  • Kalium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Fosfor Zat Besi
  • Folat
  • Serat

Manfaat Buah Belimbing


1.  Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

   Pada belimbing terdapat zat pektin yang mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita gejala penyakit diabetes.

2.  Menyehatkan Organ Pencernaan

   Kandungan serat dalam buah belimbing mampu membantu kerja organ pencernaan lebih maksimal serta mencegah dari gangguan sembelit atau gangguan yang diakibatkan susah buang air besar.

3.  Mengatasi Gangguan Ginjal

   Jika seseorang mengalami keluhan gangguan ginjal, maka belimbing pilihan yang tepat untuk dikonsumsi, karena memiliki konsentrasi yang sangat tinggi terhadap asam oksalat. Para ilmuwan menganggapnya sebagai senyawa anti nutrisi, seperti mengganggu penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti kalsium, magnesium dan sebagainya.

4.  Penangkal Datangnya Jerawat

   Buah belimbing mengandung zinc yang berperan untuk menangkal tumbuhnya jerawat pada kulit wajah anda.

5.  Meningkatkan Kerja Enzim

   Selain itu, belimbing merupakan sumber vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B6). Secara bersama-sama, vitamin ini membantu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme serta mendukung berbagai fungsi sintetis enzim dalam tubuh.

6.  Mencegah Kanker

   Manfaat belimbing memberikan vitamin C yang merupakan pencegahan terhadap serangan gejala kanker. Belimbing mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar. Vitamin C adalah antioksidan alami yang kuat. Sekitar 100 g buah belimbing akan memberikan 34,7 mg atau sekitar 57% asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Secara umum, manfaat buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, radikal bebas, dan anti inflamasi bagi tubuh.

7.  Pencegah Penyakit Kanker dan Stroke

   Berbagai kandungan vitamin dalam belimbing yang telah disebutkan di atas dapat membantu untuk mencegah datangnya berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan stroke.

8.  Kaya Antioksidan

   Belimbing kaya akan antioksidan seperti flavonoid polifenol. Beberapa jenis flavonoid yang penting ini termasuk quercetin, epicatechin, dan asam galat. Total polfenol dalam buah ini mencapai 43 mg / 100 g. Senyawa ini membantu melindungi diri dari efek kerusakan akibat radikal bebas.

9.  Membantu Menurunkan Berat Badan


   Buah belimbing memiliki kandungan kalori sejumlah 30 kalori per buahnya. Jadi sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, dengan menyediakan buah ini dalam menu makanan harian anda.

Berbagai manfaat belimbing dapat kita peroleh dengan cara mengkonsumsinya, namun kita tetap harus bijak saat memakannya. Belimbing terasa manis, karena kandungan glukosanya, sehingga tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Konsumsi buah yang beragam dapat menajdi lebih baik, daripada hanya berkonsentrasi pada satu jenis buah saja.



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "9 Manfaat Buah Belimbing dan Kandungan Gizi yang baik Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. Nah kalo buah ini ditempat kami banyak kang,hee untk jerawat ya, baru tahu saya, tapi dari bergesernya waktu dan perubahan zaman, sekarang buah inipun tidaklah sebanyak dari yang sebelum sebelumnya. mungkin pengikisan tempat teralihkan untuk bangunan atau tanaman yang diyakini memberikan peluang finansial yang besar seperti properti, kelapa sawit, karet dst, menurut pribadi sih, hal demikian boleh boleh saja, namun sangatlah bijak jika kita tidak mengkesampingkan buah2 seperti buah belimbing ini yang memang sudah teruji keabsahan manfaatnya,
    terima kasih kang informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah begitu ya gan, ditempat ane dulunya juga banyak gan yang menanamnya, tapi ya seperti yang agan ceritakan sama persis seperti yang ane alami. Karena penggusuran dan pembangunan gedung yang semakin pesat sekali sehingga tidak ada lahan untuk tanaman :(

      Delete