5 Manfaat dan Kandungan gizi pada Wortel

Manfaat dan Kandungan gizi pada Wortel - Wortel adalah  tanaman jenis sayuran yang termasuk kedalam jenis tanaman semak yang bisa tumbuh dalam musim hujan ataupun kemarau, selain itu tumbuhan jenis ini umumnya berwarna jingga kekuningan atau kuning kemerahan. Tanaman ini memiliki batang yang pendek, dan akar tunggu yang bentuk dan fungsinya akan berubah menjadi umbi bulat dan memanjang. Kulit umbi wortel sangat tipis bila dimakan dalam kondisi mentah terasa renyah dan agak manis. Tanaman ini menyimpan cadangan makanan di dalam umbinya, sehingga bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel dapat ditanam sepanjang tahun dan menjadi sayuran penting yang paling ditanam di berbagai lahan pertanian.

 Pengertian dan Manfaat wortel

Manfaat dan Kandungan gizi pada Wortel untuk kesehatan tubuh manusia :



1.Vitamin A

   Dalam wortel terdapat Vitamin A yang sangat berguna untuk kesehatan mata. Jika kita rutin mengkonsumsi wortel setiap hari maka akan dapat mempertajam penglihatan pada manusia, wortel juga merupakan obat yang sangat mujarab untuk mata minus jika rutin mengkonsumsinya. Selain itu baik untuk kesehatan kulit.

2. Vitamin B

   Sayuran ini juga terdapat Vitamin B komplek, seperti asam folat, vitamin B-6 ( pyridoxine), thiamin, asam pantotenat, dll, yang berguna sebagai co-faktor untuk enzim selama tubuh melakukan metabolisme substrat.

3. Vitamin C

   Selain Vitamin A dan B, wortel juga kaya akan Vitamin C yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh manusia seperti imunitas tubuh, radang, kanker, antioksidan, hipertensi, katarak.

4. Kalium

   Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang berguna untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dengan cara melawan efek natrium.

5. Antioksidan

   Terdapat Antioksidan pada wortel yang disebut poliacetylene dan falcarinol, yang berguna untuk melawan kanker dengan cara menghancurkan sel kanker. ( menurut para ilmuwan di University of Newcastle )

Selain mempunyai berbagai manfaat pada Wortel, ternya ada efek samping bila terlalu sering mengkonsumsinya. Dilansir dari Genius Beauty terlalu sering minum jus wortel bisa menimbulkan efek buruk, yakni keracunan makanan.

Tak sampai di sana, makanan ini pun terlarang bagi para penderita penyakit kronis tertentu. Contohnya bagi penderita diabetes, mereka dilarang untuk minum lebih dari satu gelas dalam seminggu karena kandungan gula yang dimiliki. Pengidap gangguan pankreas pun dilarang untuk mengonsumsi umbi berwarna orange ini.

Bila terlalu sering dikonsumsi, wortel bisa menyebabkan sakit kepala yang disertai badan lemas. Sedangkan dalam beberapa kasus, minum jus wortel secara berlebihan bisa menyebabkan mual dan kemudian muntah. Tak hanya penyakit dalam, ternyata mengonsumsi wortel juga bisa membuat warna kulitmu berbubah menjadi orange! Hal tersebut dikarenakan kandungan betakarotennya yang terlalu tinggi.

   


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat dan Kandungan gizi pada Wortel"

Post a Comment