20 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecerdasan Otak

   Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh dan Bayam Makanan Untuk Kecerdasan Otak -  Bayam atau Amaranthus spp merupakan salah satu tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya untuk digunakan untuk sayuran hijau. Tumbuhan bayam ini sendiri berasal dari Amerika tropik, namun sekarang ini sudah tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan bayam juga telah dikenal sebagai sayuran yang merupakan sumber zat besi penting.

   Bayam mengandung berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bayam merupakan sumber Vitamin A dan K, mangan, magnesium, folat, serat, protein, kalsium dan sebagainya. Bayam juga rendah kalori. Hal tersebut yang menjadikan bahwa bayam menjadi salah satu makanan yang bernutrisi lengkap.

 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh dan Bayam Makanan Untuk Kecerdasan Otak

   Bayam mudah ditemui pada pasar-pasar tradisional, dan untuk memasaknya juga tidak sulit. Menu bayam, biasanya ditumis dengan beberapa bahan lain seperti jagung yang tentu saja membuat tumis bayam bervariasi dan sekaligus mendapatkan manfaat jagung atau manfaat kacang panjang dalam satu masakan.

Kandungan Gizi Pada Bayam

-  Vitamin A        -  Lemak jenuh
-  Vitamin C        -  Lemak tak jenuh tunggu
-  Vitamin B6      -  Lemak tak jenuh ganda
-  Vitamin K        - Natrium
-  Flavonoid        -  Kalium
-  Zat Besi           -  Karbohidrat
-  Neoxanthin      -  Serat Pangan
-  Violaxanthin    -  Gula
-  Serat                 -  Protein
-  Asam Oksalat   -  Kalsium
-  Lutein               -  Magnesium

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecerdasan Otak

1.  Meningkatkan Memori Otak

   Seiring bertambahnya usia seseorang, maka kemampuan mengingat sesuatu apapun pasti berkurang. Kandungan nutrisi dalam bayam dapat meningkatkan kemampuan memori dan mengingat otak lebih baik

2.  Mencerdaskan Otak

   Bayam juga sangat baik untuk menutrisi otak. Di dalam bayam mengandung Vitamin B9 yang berfungsi untuk meningkatkan memori yang dibutuhkan untuk mencerdaskan otak.

3.  Menyehatkan Jantung

   Gaya hidup tidak sehat dapat memicu terkena penyakit jantung dan juga berpotensi besar terkena serangan jantung. Mulailah dengan mengkonsumsi bayam untuk mencegah serangan jantung. Berbagai nutrisi yang terkandung pada bayam dapat membuat jantung untuk lebih terjaga kesehatannya sepanjang waktu.

4.  Melawan Sel Kanker

   Hal ini karena vitamin A dan C , serat, asam folat, serta 13 flavonoid yang terdapat dalam kandungan bayam bermanfaat untuk memerangi sel kanker. Pada sebuah penelitian menunjukan bahwa kandungan pada bayam tersebut dapat menurunkan resiko terserang kanker sebesar 34% terutama terserang kanker rahim, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat, dan kanker perut.

5.  Menjaga Kesehatan Mata

   Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat tinggi kandungan Vitamin A, kita ketahui bahwa vitamin ini sangan penting untuk menjaga kesehatan mata agar penglihatan tetap baik.

6.  Mencegah Penuaan Dini

   Vitamin A dan kandungan antioksidan yang terdapat dalam bayam sangat membantu untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini yang disebabkan oleh radikan bebas.

7.  Membuat Tubuh Tidak Mudah Lelah

   Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi dalam bayam akan membuat tubuh memiliki energi lebih untuk pekerjaan dan aktivitas anda.

8.  Melancarkan Pencernaan

   Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat tinggi kandungan serat, hal ini sangat berdampak pada kesehatan pencernaan dalam tubuh manusia. Jika anda mengalami masalah BAB atau pencernaan lainnya, ada baiknya anda mengkonsumsi bayam sebagai menu harian anda.

9.  Meningkatkan Efisiensi Otot

   Masih ingat film kartun Popaye ? ia akan tumbuh kuat berotot setelah makan bayam. Tidak salah memang, karena bayam dari berbagai penelitian di dunia di yakini dapat meningkatkan efisiensi otot. Pada peneliti dari Karolinska Institute di Swedia menemukan partisipan yang mengkonsumsi 300 gram bayam sehari mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan daya otot-otot mereka saat latihan sebesar 5%. Efeknya terlihat hanya setelah tiga hari konsumsi bayam.

10.  Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

   Bayam kaya akan kandungan kalium dan rendah sodium. Bayam memiliki tingkat mineral yang seimbang sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Folat yang terkandung dalam bayam juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat mempertahankan kelancaran sistem aliran darah.

11.  Baik Untuk Anemia

   Bayam mengandung zat besi yang sangat baik untuk memproduksi sel darah merah yang diperlukan oleh tubuh manusia. Kekurangan darah merah atau yang lebih dikenal sebagai anemia, maka ada baiknya anda mulai mengkonsumsi bayam secara rutin agar terbebas dari anemia.

12.  Menjaga Kesehatan Tulang

   Vitamin K pada bayam membantu penyerapan kalsium yang baik bagi tulang. Pada orang-orang yang telah lanjut usia sangat rentan terkena penyakit osteoporosis, maka dari itu sangat penting mengkonsumsi bayam dan apalagi pada anak-anak yang sedang tumbuh kembang. Seimbangkan pula dengan susu untuk kalsium yang penting bagi pembentukan tulang.

13.  Nutrisi Tulang dan Sendi

   Kandungan kalsium yang terdapat dalam bayam mampu untuk menguatkan semua tulang pada tubuh. Sehingga dapat meminimalisir terjadi pengeroposan pada tulang atau osteoporosis sedini mungkin dengan rutin mengkonsumsi bayam.

14.  Sumber Anti Inflamasi

   Bayam memiliki kandungan yang banyak mengandung neoxanthin dan violaxanthin ( dua anti inflamasi epoxyxanthoohylls ) yang dapat berperan penting dalam regulasi peradangan. Bayam mengandung sifat alkalinitas tinggi sehingga dapat membuat sayur ini menjadi salah satu pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti : rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

15.  Menyehatkan Organ Pencernaan

   Bayam mengandung kandungan serat yang tinggi, sangat efektif untuk menyehatkan organ pada pencernaan dalam tubuh.

16.  Menjaga Kesehatan Jantung

   Plak kolesterol pada pembuluh darah arteri akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Antioksidan pada bayam mencegah menumpuknya kolesterol dan juga mampu mengontrol tekanan darah yang menjauhkan dari penyakit hipertensi

17.  Menyehatkan Kulit

   Salah satu manfaat bayam adalah dapat menyehatkan kulit. Hal ini karena bayam mengandung vitamin A yang tinggi yang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan memungkinkan retensi kelembaban yang tepat pada epidermis yang pada akhirnya dapat memerangi psoriasis, jerawat, keratinisasi, bahkan keriput.

18.  Baik Untuk Pertumbuhan

   Zat besi dan mineral yang terkandung dalam bayam sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak dan remaja. Selain itu, bayam juga baik untuk wanita yang sedang mensturasi. Bayam lebih banyak mengandung kalori seperti rendah lemak dan bebas kolesterol dibandingkan dengan daging merah.

19. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

   Satu cangkir bayam dapat mengandung lebih dari 337% dari AKG ( Angka Kecukupan Gizi), Vitamin A, yang tidak hanya melindungi saja, tetapi memperkuat "entry point" ke dalam tubuh, seperti saluran pernafasan, saluran kemih dan usus, membran mukosa, tetapi juga merupakan komponen penting dari sel darah putih yang membantu melawan infeksi.

20.  Mengobati Pendarahan Gusi

   Manfaat bayam juga dapat untuk mengobati pendarahan gusi. Campuran bayam dengan jus wortel dapat membantu dalam mengobati gusi berdarah yang disebabkan karena kekurangan Vitamin C dan terlalu banyak asupan gula halus.

Efek Samping Bayam

   Bayam tinggi asam oksalat, yang dapat mengikat zat besi dan kalsium dan menyebabkan tubuh akan mengikat zat ini, sehingga menyebabkan kekurangan kedua zat ini. Mengkonsumsi makanan yang kaya Vitamin C, seperti tomat, lombok, jus lemon atau jus jeruk bersama dengan bayam dapat membantu penyerapan kedua zat tersebut. Bayam tinggi serat, tapi terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, perut bergas, dan kram.

   Manfaat bayam memang cukup baik bagi tubuh manusia, sejumlah penelitian juga telah memberikan bukti nyata yang mengaitkan khasiat bayam dalam membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Makanan lain yang dapat mencerdaskan otak bisa juga anda lihat informasinya di >  Makanan Untuk Mencerdaskan Otak

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "20 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecerdasan Otak"

  1. Jadi mesti dibarengi makanan kaya vit c ya? Saya mengonsumsi bayam pas merasa perlu zat besi.. :)

    ReplyDelete
  2. Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
    http://zapplerepair.com/iPhone-6S-masalah-lcd-display-kadang-mau-muncul-kadang-engga.html

    ReplyDelete