15 Manfaat Mentimun dan Kandungan Gizi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

   Mentimun merupakan jenis sayuran yang masuk ke dalam kelompok tanaman seperti labu dan semangka (Cucurbitaceae). Kandungan air pada sayuran mentimun sama seperti yang ada pada manfaat semangka, yaitu sebagian besar terdiri dari 95% air, yang berarti jika mengkonsumsi mentimun dapat membantu tubuh mencegah dehidrasi.

   Di Indonesia sendiri, ketimun banyak dikonsumsi sebagai bahan makanan yang tidak melalui proses pemanasan ( di makan mentah ), seperti rujak atau lalapan. Banyak mengkonsumsi mentimun, dapat memberikan khasiat yang baik bagi tubuh.

Manfaat Mentimun dan Kandungan Gizi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

   Sejarahnya mentimun berasal dari daerah pegunungan Himalaya, di India Utara. Mentimun memiliki banyak varietas tapi pada umumnya mentimun sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Kandungan Gizi Pada Mentimun

-  Natrium         -  Vitamin A
-  Kalium           -  Vitamin C
-  Karbohidrat    -  Vitamin E
-  Serat Pangan  -  Zat Besi
-  Gula                -  Magnesium
-  Protein           -  Kalsium

Manfaat Mentimun Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

1.  Melancarkan Pencernaan

   Mengkonsumsi mentimun dapat menjadi solusi yang tepat dalam melancarkan sistem pencernaan anda. Hal ini dikarenakan, mentimun memiliki kandungan serat alami yang sangat berkhasiat serta dapat memberikan efek dingin yang dapat meringankan rasa mulas atau sakit perut.

2.  Mencegah Peradangan

   Mengkonsumsi mentimun sangat berkhasiat untuk mencegah peradangan, cara mengkonsumsinya dapat secara langsung atau dijadikan sebagai campuran sirup atau dijadikan jus bersama buah-buahan lainnya.

3.  Meremajakan Kulit

   Pada biji mentimun terkandung Vitamin E dan  potassium yang berfungsi untuk mengurangi garis halus, keriput, dan noda hitam pada wajah.

4.  Mengobati Mata Rabun

   Mengobati penyakit mata seperti mata rabun. Caranya cukup mudah yaitu dengan menaruh irisan mentimun pada bagian atas alis dan diamkan sekitar 15 menit. Lakukan rutin setiap hari. Maka berangsur -angsur mata anda akan jelas kembali dalam melihat. Dengan diletakannya timun di atas alis maka akan memperbaiki urat syaraf yang berhubungan ke mata.

5.  Mencegah Dehidrasi dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

   Timun kaya akan kandungan airnya yang mencapai 95%, sehingga sangat ampuh dalam mencegah tubuh terkena dehidrasi serta membantu membuang racun di dalam tubuh. Selain itu, kandungan Vitamin C nya mampu menangkal serangan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit, sehingga daya tahan tubuh akan tetap terjaga.

6.  Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

   Bagi anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi (hipertensi), meminum jus mentimun merupakan solusi yang tepat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan, timun mengandung kalium, magnesium dan serat alami yang sudah terbukti keampuhannya.

7.  Menurunkan Kolesterol

   Meminum jus mentimun secara rutin dapat memnuhi hormon yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin di dalam tubuh. Hormon tersebut mampu mengontrol kadar gula dalam darah bagi seseorang yang menderita diabetes. Selain itu, kandungan senyawa sterolnya dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh

8.  Mengurangi Kanker

   Mentimun mengandung lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol yang di mana dari ketiga kandungan tersebut sangat mempengaruhi resiko berkembangannya beberapa dari kanker antara lain kanker usus, kanker payudara, serta kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat. Itu karena dari ketiga kandungan di atas jika mengkonsumsinya maka jika terdapat bakteri di dalam pencernaan maka akan diubah menjadi enterolignans yang akan mengikat reseptor estrogen agar mengurangi penyakit yang berkaitan dengan kanker.

9.  Melindungi Otak

   Di dalam mentimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

10.  Asupan Antioksidan

   Mentimun kaya dengan beragam jenis antioksidan seperti : flavonoid, quercetin, apigenin, luteolin, kaempferol, termasuk vitamin C dan beta karoten.

   Antioksidan dapat membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

11.  Menyehatkan Jantung

   Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium seperti pada manfaat pisang, juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi ataupun rendah.
Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

   Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertenu ( sekitar 30 kali lebih tinggi dalam daripada di luar sel) dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

12.  Menjaga Berat Badan yang Ideal

   Mentimun sangat rendah kalori, namun mereka membuat camilan mengisi ( satu cangkir irisan mentimun hanya mengandung 16 kalori). 8 serat larut dalam mentimun larut ke tekstur seperti gel dalam usus anda, membantu untuk memperlambat pencernaan anda. Ini akan membantu anda merasa kenyang lebih lama dan merupakan salah satu alasan mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.

13.   Menyehatkan Gigi dan Gusi

   Mengunyah mentimun dapat merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bakteri yang tumbuh di dalamnya. Penyakit gusi lain seperti pyorrrea secara efektif dapat diobati oleh mentimun.

14.  Menyembuhkan Gejala Rematik dan Asam Urat

   Vitamin A, B, Folat, Kalium, Magnesium dalam mentimun yang dicampur dengan jus wortel untuk mendapatkan manfaat wortel, mampu meredakan nyeri astritis dan kadar asam urat dalam tubuh.

15.  Menjaga Kesehatan Ginjal

   Mentimun ternyata juga mampu menjaga kesehatan ginjal dan kantung kemih. Kandungan air pada mentimun membantu kinerja ginjal dalam memproduksi urine ( urinasi).


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "15 Manfaat Mentimun dan Kandungan Gizi Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

  1. Buat kalian ada yang BARU nih sayangi GEDGET kalian yaaa:) banyak INFORMASI yang bakal kalian tau dengan lihat link-link ini langsung saja yuuu:)
    http://zapplerepair.com/iPhone-6S-masalah-lcd-display-kadang-mau-muncul-kadang-engga.html

    ReplyDelete