11 Manfaat Gandum dan Kandungan Gizi Untuk Kesehatan Tubuh

  Gandum telah dikenal sebagai makanan yang sehat, yang sangat dianjurkan terutama sebagai bahan makanan pokok untuk dikonsumsi setiap hari. Gandum memang terbilang jenis karbohidrat yang berguna sebagai makanan utama layaknya nasi putih yang kita konsumsi. Di Indonesia kebiasaan untuk menyantap nasi putih sebagai makanan pokok sudah mendarah daging, tapi sebenarnya gandum juga merupakan alternatif makanan pokok yang baik.

11 Manfaat Gandum Untuk Kesehatan Tubuh

   Orang India menjadikan gandum utuh yang sudah menjadi tepung (atau yang dikenal dengan sebuatan atta) sebagai makanan pokok mereka. Namun di Indonesia, masyarakat hanya menjadikan gandum sebagai bahan roti dan mie. Padahal gandum juga mempunyai kandungan karbohidrat cukup tinggi, sama seperti dengan nasi.

Kandungan Gizi pada Gandum

-  Vitamin A       -  Magnesium
-  Vitamin B6     -  Natrium
-  Vitamin B12   -  Kalium
-  Vitamin C       -  Protein
-  Vitamin D       -  Kolesterol
-  Zat Besi          -  Lemak tak jenuh tunggal
-  Kalsium          -  Lemak tak jenuh ganda

   Selain kaya akan kandungan karbohidrat, gandum juga bisa menjadi salah satu yang bisa dijadikan referensi makanan sehat. Pasalnya, kandungan gandum yang sangat baik bisa menjaga kesehatan tubuh dari penyebab penyakit kronis ( jantung koroner, hipertensi, dan diabetes).

Manfaat Gandum Untuk Kesehatan Tubuh

1.  Meningkatkan Metabolisme Tubuh

   Biji-bijian seperti gandum sangat efektif pada pasien dengan gangguan metabolisme. Jenis- jenis sindrom metabolik termasuk obesitas visceral, trigliserida tinggi, rendahnya tingkat kolesterol HDL dan tekanan darah tinggi dapat dilindungi dengan gandum. Dokter merekomendasikan makan roti gandum dan makanan kaya serat lainnya. Diet gandum mungkin adalah cara yang efektif, cepat, dan menyenangkan untuk mengurangi sindrom metabolik tubuh.

2.  Meningkatkan Pencernaan

   Karena gandum merupakan sumber yang kaya serat, gandum membantu pencernaan. Gandum dapat membantu untuk sembelit. Dengan meningkatnya proses pencernaan, maka pasti berat badan anda juga bisa berkurang atau mempertahankan berat badan yang ideal. Mengkonsumsi gandum dapat meningkatkan gerakan usus anda, karena itu bertindak seperti scrub alami untuk usus.

3.  Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

    Memakan gandum sehari dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolic. Di bawah pengawasan dokter, anda mungkin dapat benar-benar berhenti mengkonsumsi obat jika anda terus secara rutin mengkonsumsi gandum.

4.  Menyehatkan Jantung

   Salah satu sumber makanan sehat untuk jantung adalah gandum, banyak serat yang dibuat dari gandum untuk menjaga nutrisi dan kesehatan jantung. Contohnya saja oatmeal yang digunakan para penderita sakit jantung.

5.  Mencegah Asma pada Anak

   The American Lung Association, mengatakan bahwa sekitar 20 jt orang Amerika mengalami asma. Studi telah menyatakan bahwa biji-bijian dan ikan pada sebagian anak, dapat menurunkan kemungkinan asma. Studi Internasional Alergi dan Asma pada anak dibuktikan melalui banyak penelitian bahwa diet berbasis gandum memiliki kapasitas untuk menurunkan kemungkinan terkena asma hampir 50%. Selama survei, diberikan diet khusus gandum, ikan dan biji-bijian dan menunjukan penurunan hampir 66% dalam kemungkinan penyakit asma.

6.  Baik Untuk Penderita Diabetes

   Oat memiliki glycemic index dalam jumlah terendah, maksudnya ia memiliki efek setidaknya pada kadar gula darah. Untuk penderita diabetes, penting untuk meningkatkan asupan gandum untuk control kada glukosa dalam darah. Gandum juga menyerap gula sehingga dapat mengurangi ketergantungan kebutuhan akan insulin.

7.  Mencegah Diabetes Tipe 2

   Gandum kaya akan magnesium, yang merupakan mineral yang bertindak sebagai co-faktor untuk lebih dari 300 enzim. Enzim terlibat dalam penggunaan fungsional tubuh insulin dan sekresi glukoas. Makanan yang mengandung minimal 51% dan juga rendah lemak jenuh dan kolesterol, berarti menurunkan resiko penyakit koroner dan beberapa jenis kanker. Selain itu, konsumsi secara teratur gandum mempromosikan kontrol gula darah yang sehat. Orang yang menderita diabetes dapat menjaga kadar gula dengan mengganti nasi dengan gandum.

8.  Mengurangi Kolesterol

   Serat yang terdapat dalam gandum dapat memberikan manfaat bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Gandum memiliki kemampuan untuk mengurangi low density lipoprotein atau LDL merupakan kolesterol jahat dalam darah.

9.  Mencegah Batu Empedu

   Dalam berbagai survei oleh American Journal Of Gastroenterology, telah terbukti bahwa roti dan sereal yang terbuat dari gandum utuh membantu perempuan untuk menghindari batu empedu. Gandum kaya akan serat larut yang menurunkan sekresi asam empedu. Asam empedu yang berlebihan adalah penyebab utama dari pembentukan batu empedu. Asam gandum juga bisa ditambahkan serat larut dari manfaat buah-buahan dan sayuran tertentu seperti manfaat ketimun, tomat, apel, pir, dan kacang-kacangan.

10. Melawan Kanker Payudara

   Penelitian di Inggris menemukan bahwa diet kaya serat sangat penting bagi wanita untuk menjaga kanker payudara. Makanan dari biji-bijian seperti gandum dan buah-buahan memberikan perlindungan yang signifikan bagi perempuan pra-menopause terhadap kanker payudara.

   Studi mengatakan bahwa sekitar 30 gram gandum yang dikonsumsi sehari-hari, cukup bagi perempuan untuk mengurangi resiko kanker payudara. Laporan mengatakan bahwa wanita pra-menopause yang mengkonsumsi gandum memiliki 41% penurunan resiko kanker payudara dibandingkan dengan yang memakan serat dalam bentuk lain.

11.  Mengurangi Peradangan Kronis

   Gandum dapat membantu dalam pencegahan peradangan kronis, yang juga ditemukan dalam manfaat bayam. Peradangan merupakan konstituen utama dalam sebagian besar jenis sakit rematik. Dengan demikian, makan gandum dalam jumlah yang sehat dan aktif akan mengurangi peradangan. Konsumsi betaine mempengaruhi sejumlah aspek dalam kimia tubuh kita yang menjamin resiko yang lebih rendah peradangan kronis dan penyakit lain seperti osteoporosis, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, penurunan kognitif, dan diabetes tipe 2.

   Ternya gandum adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Selain gandum, ada juga beberapa makanan lainnya, informasinya bisa anda baca di Makanan Terbaik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak .








Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "11 Manfaat Gandum dan Kandungan Gizi Untuk Kesehatan Tubuh"