16 Manfaat Olahraga Badminton atau Bulu Tangkis

 Manfaat Olahraga Badminton atau Bulu Tangkis

Manfaat Olahraga Badminton atau Bulu Tangkis - Olahraga Badminton atau Bulu Tangkis adalah salah satu olahraga terpopuler di Indonesia, selain popular olahraga inmi juga mudah dan menyenangkan saat kita melakukan olahraga ini. Olahraga yang menggunakan alat yaitu raket dan kok ( terbuat dari bulu ayam ) ini berasal dari mesir kuno, bahkan ada kabar lain menyebut berasal dari Cina. Olahraga ini juga merupakan salah satu olahraga yang saya sukai, dan hampir setiap hari saya memainkannya.

Hari kerja ataupun hari libur, saya sering memainkan Badminton ini bersama teman di rumah ataupundi Gor bersama teman kantor.




Adapun Manfaat yang kita dapat jika kita rutin melakukan olahraga ini.




Manfaat Olahraga Badminton atau Bulu Tangkis :

  • Menjaga Kepadatan Tulang
   Tulang adalah Organ penggerak pasif dalam tubuh dan sigatnya keras. Tulang yang lemah akan menimbulkan resiko osteoporosis. Biasanya semakin tua resiko ini semakin besar. Namun jangan khawatir olahraga ini bisa dimainkan oleh segala usia, khusus bagi anda yang masih muda semestinya rutin memainkan olahraga ini untuk kepadatan tulang anda. Karena bulu tangkis mampu memicu aktivitas sel-sel pembentuk tulang lebih meningkat, dan itu baik untuk membentuk kepadatan tulang kita.

Menurut pakar, Jane Taylor, seorang pelatih pribadi di Inggris. Berkata " Dampak memukul raket dan melompat-lompat membantu meningkatkan kepadatan tulang secara alami."
  • Membentuk Otot Tubuh
   Jika anda menginginkan otot tubuh yang seksi, coba saja untuk bermain bulu tangkis dengan rutin, karena olahraga ini mampu untuk menghilangkan timbunan lemak yang ada di sekitar tubuh dan terutama adalah bagian paha, pinggang serta daerah pantat. Dengan bermain bulu tangkis ini sangat bermanfaat juga untuk pembentukan otot tubuh.
  • Mempertahankan Otot
   Baik itu melakukan smash atau dropshot, setiap tembakan di bulu tangkis bisa menjadi latihan kecil untuk anda membuang timbunan lemak di sekitar pinggang. Ini sangat bagus apabila anda memiliki banyak lemak di daerah bokong, paha depan dan belakang.
  • Menurunkan Berat Badan
   Tentu saja dapat menurunkan berat badan, karena setiap olahraga yang kita lakukan akan membakar kalori dalam tubuh, sehingga mengurangi lemak pada tubuh dan akan berefek pada penurunan berat badan. Anda akan mendapat berat badan ideal yang anda inginkan. Ratusan kalori yang tidak diinginkan dapat dibakar dengan semua gerakan fisik yang dilakukan dalam olahraga ini. Hal ini dikarenakan saat bermain, tingkat metabolisme meningkat sehingga mempercepat pembakaran kalori dan mencegah lemak menumpuk di tubuh. Hanya saja, olahraga ini akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan anda, jika disertai dengan makanan dan diet yang baik pula.
  • Meningkatkan Kekuatan Kaki
   Tidak hanya tulang kita menjadi padat, namun juga kuat. Gerakan berlari ke kiri ke kanan, ke depan  ke belakang, dan melompat saat bermain bulu tangkis faktanya sangat ampuh dalam membentuk kekuatan kaki. Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Inggris yang mengungkapkan banyak gerakan yang dilakukan saat bulu tangkis sangat baik untuk kekuatan kaki.
  • Membuat Lebih Lincah
   Bermain bulu tangkis mampu membuat tubuh akan semakin lincah? karena saat bermain bulu tangkis, maka tubuh anda akan bergerak lincah untuk menangkap shuttlecock. Selain itu anda juga dituntut untuk lebih berkonsentrasi dalam menangkapnya.
  • Meredakan Stres
   Bulu tangkis dapat meredakan stres anda, depresi dan kecemasan. Olahraga ini bisa meningkatkan kualitas tidur anda dan efisiensi dalam melakukan rutinitas. Hal ini juga dapat membantu dalam meningkatkan rasa percaya diri dan optimisme.
  • Melatih Fungsi Otak
   Bulu tangkis adalah permainan yang juga membutuhkan strategy. Saat bermain, sangat dibutuhkan koordinasi gerak, perhatian mata, dan tangan dan hal ini membutuhkan kinerja otak yang baik. Otak kita dituntut untuk bekerja dengan cepat dan tepat, tentu ini baik untuk kesegaran otak kita.

   Selain itu, gerakan yang cenderung sangat cepat juga memberikan efek aerobik. Dalam berbagai penelitian, jenis olahraga yang bersifat aerobik umumnya sangat berhubungan dengan pemeliharaan fungsi kognitif atau kecerdasan.
  • Menjaga Daya Konsentrasi
   Dalam permainan bului tangkis, yang dibutuhkan tidak hanya kerja fisik saja. Namun kerja otak juga sangat mempengaruhi, saat kita hendak membaca gerakan dan mengambil keputusan mengembalikan shuttlecock ke arah mana. Olahraga ini sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Dengan begitu pula akan melatih daya konsentrasi agar lebih meningkat.
  • Membuat Kita Berumur Panjang
   Manfaat olahraga bulu tangkis yang paling utama adalah dapat membuat usia lebih panjang. Memiliki umur yang panjang memang keinginan banyak orang. Di setiap ulang tahun biasanya kita menerima doa semoga panjang umur bukan. Doa mesti diiringi dengan usaha, dan bulu tangkis adalah salah satu usaha yang bisa kita lakukan.

   Belakangan ini terdapat penelitian yang menemukan bahwa dengan bermain bulu tangkis 30 menit saja tiap harinya akan membuat kita terhindar dari resiko kematian 23%. Tidak hanya itu penelitian tersebut menambahkan bahwa bulu tangkis bisa memperpanjang 2 tahun umur kita.
  • Memaksimalkan Fungsi Jantung
   Seringkali fungsi jantung anda menurun karena pembuluh darah yang tersumbat kolesterol. Sedangkan badminton mampu memperkuat otot jantung anda dan memperlancar aliran darah sehingga dapat memaksimalkan fungsi jantung.
  • Meningkatkan Fungsi Paru-paru
   Tidak hanya bisa membuat jantung dan tulang menjadi sehat. Bulu tangkispun disebut-sebut mampui meningkatkan fungsi paru-paru yang cukup signifikan. (Sumarni/ India Times).
  • Mengurangi Resiko Diabetes
   Bulu tangkis membantu dalam mendapatkan aktivitas fisik yang cukup hanya dalam waktu satu jam untuk menurunkan kadar gula darah. Secara keseluruhan ini mengurangi produksi gula oleh hati, yang membuat anda lebih tahan terhadap penyakit.
  • Membantu Mengeluarkan Racun ( Detoksifikasi )
   Permainan ini akan membuat kita berkeringat berat, itu membuat berbagai racun di dalam tubuh akan termetabolisme dan dibuang keluar dari tubuh, kemudian memberikan perasaan tubuh yang ringan dan bebas beban karena kotoran- kotoran tubuh sudah didetoksifikasi dengan baik.
  • Menurunkan Hipertensi
   Apabila anda mengidap hipertensi maka disarankan untuk menurunkan dengan cara yang alami, salah satunya yaitu dengan olahraga. Dan cobalah untuk memilih bulu tangkis. Dengan bermain bulu tangkis ini akan mampu menurunkan tekanan darah sehingga bisa menghasilakn tubuh yang dapat melawan sifat adiktif obat.
  • Meningkatkan Gerak Reflek
   Aspek kecepatan dalam bulu tangkis sangat penting. Kita harus bergerak dengan cepat untuk menutup setiap sudut-sudut lapangan dan mesti mengembalikan pukulan shuttlecock lawan dengan cepat. Cara untuk bergerak cepat tersebut melatih gerak reflek kita, sehingga saraf sensorik-motorik di sumsum tulang belakang kita berfungsi dengan baik.

Pada dasarnya setiap olahraga itu baik untuk tubuh dan kita akan mendapatkan manfaat dari olahraga itu sendiri, pastinya dengan cara rutin melakukan olahraga tersebut. Setiap olahraga mempunyai manfaatnya yang berbeda-beda, tinggal kita pilih sendiri olahraga yang cocok untuk kita. Oke, semoga artikel saya yaitu Manfaat Olahraga Badminton atau Bulu tangkis ini dapat bermanfaat dan dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.






Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "16 Manfaat Olahraga Badminton atau Bulu Tangkis"

  1. mantap gan artikelnya. salam kenal dari matadunia.net

    ReplyDelete
  2. waduh kebetulan banget gua anak badminton ,heheh tadi di suruh sama coach, di suruh cari manfaat badmintoon untuk kesehatan, eh nemu nih blog..mantap deh min..makasih artikel ny

    ReplyDelete