Manfaat Bermain Catur Untuk Kecerdasan Otak

   Siapa yang tidak mengenal catur? terkenal akan olahraga yang memerlukan konsentrasi dan intelektual tinggi, ternyata catur juga merupakan olahraga terbaik untuk melatih organ-organ penting di dalam tubuh. Mungkin catur tidak akan membuat otot anda menjadi besar, tetapi dengan  bermain catur anda akan mendapatkan kesehatan mental sepanjang hidup. Penelitian juga menunjukan bahwa bermain catur dapat mencegah pikun bagi orang-orang yang sudah usia lanjut. Tak hanya itu, bermain catur juga memberikan manfaat lain untuk kesehatan.

Manfaat Bermain Catur Untuk Kecerdasan Otak

   Permainan catur bukanlah permainan yang biasa, tetapi sangat luar biasa karena permainan ini memiliki banyak pengaruh untuk kemajuan berpikir seseorang. Catur juga berdampak pada pembentukan karakter, seseorang akan berpikir berkali-kali sebelum melakukan sesuatu. Setiap individu yang belajar catur akan menjadi sosok yang logis, tidak mudah terpengaruh dan biasa untuk  berpikir kritis. Berikut akan saya paparkan beberapa hasil penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa catur membawa manfaat yang luar biasa.

Manfaat Bermain Catur

1.  Membantu Mencegah Penyakit Alzheimer

   Sama seperti otot tubuh yang harus terus dilatih agar tetap bugar, otak juga harus terus dilatih agar tetap berfungsi dengan baik. Semakin bertambahnya usia, maka semakin penting memberikan latihan pada otak. Hal tersebut diperlukan agar anda terhindar dari masalah Alzheimer. Sebuah studi yang ditampilkan  dalam The New England Journal Of Medicine baru-baru ini menemukan fakta bahwa, orang-orang di atas usia 75 tahun yang terlibat dalam permainan catur, cenderung lebih sedikit mengalami demensia dibandingkan rekan-rekan mereka yang tidak bermain catur. Jadi ada baiknya anda melatih dan menggunakan otak sebaik mungkin, sebelum anda kehilangan kemampuan terbaik otak anda.

2.  Dapat Meningkatkan IQ

   Catur selalu memiliki masalah citra yang dipandang sebagai permainan untuk brainiacs dan orang-orang dengan IQ tinggi. Jadi apakah orang pintar tertarik pada catur , atau apakah bermain catur membuat mereka pintar ? .  Sebuah studi dari 4.000 mahasiswa Venezuela menghasilkan kenaikan yang signifikan dalam skor IQ dari kedua anak laki-laki dan perempuan setelah 4 bulan intruksi catur.

3.  Meningkatkan Kreativitas

   Karena belahan kanan otak yang bertanggung jawab untuk kreativitas, itu harus datang tidak mengejutkan bahwa mengaktifkan sisi kanan otak anda membantu mengembangkan sisi kreatif anda. Secara khusus, catur sangat meningkatkan orisinalitas.  Penelitian dilakukan oleh siswa kelas 7 sampai 9 bermain catur, menggunakan komputer, atau melakukan kegiatan lain sekali seminggu selama 32 minggu untuk melihat aktivitas dipupuk pertumbuhan yang paling dalam berpikir kreatif. Kelompok catur dinilai lebih tinggi dalam semua tindakan kreativitas, orisinalitas, dengan menjadi daerah mereka terbesar dari keuntungan.

4.  Melatih Kedua Sisi Otak

   Melatih kedua sisi otak sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan setiap orang, dan permainan catur adalah contoh yang sempurna untuk melatih dua bagian otak. Sebuah penelitian di Jerman menunjukan bahwa ketika permainan catur diminta untuk mengidentifikasi posisi catur dan bentuk-bentuk geometris pada papan catur, otak kiri dan kanan mereka menunjukkan pergerakan yang sangat aktif.

5.  Meningkatkan Kinerja Otak

   Rangsangan visual adalah rangsangan yang paling baik untuk meningkatkan kinerja otak.  Catur adalah "permainan nyata" yang sangat baik untuk melatih otak, yang mana akan berpengaruh terhadap cara berpikir seseorang dalam aspek kehidupan sehari-hari.

   Murid yang belajar catur akan mengalami peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca.

Penelitian Dr. Margulies - The Effect Of Chess On Reading Scores - NewYork

6.  Meningkatkan Fungsi Otak

   Menggunakan 437 sampel murid kelas 5 SD yang dibagi dalam 3 kelompok, yang mana salah satu kelompok ditambahkan pelajaran catur, menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan pelajaran catur dapat lebih cepat menyelesaikan soal matematika daripada siswa yang tidak diberikan pelajaran catur.

 Hasil studi di Canada - New Brunswick

7.  Mendorong Pertumbuhan Otak

   Permainan - permainan yang menantang otak seperti catur, mampu merangsang pertumbuhan dendrit pada otak. Dendrit merupakan badan sel yang mengirimkan sinyal dari sel -sel neuron otak. Dengan lebih banyak dendrit di dalam otak, maka dapat meningkatkan komunikasi saraf dan membuatnya bekerja lebih cepat. Interaksi dengan orang lain dalam kegiatan menantang merupakan bahan bakar untuk pertumbuhan dendrit.

8.  Meningkatkan Pemulihan dari Stroke dan Disabilitas

   Catur dapat mengembangkan keterampilan motorik halus pada individu yang mengalami disabilitas, penderita stroke atau kecelakaan yang melemahkan fisik lainnya. Gerakan dalam catur merupakan salah satu bentuk rehabilitasi yang dapat mengembangkan keterampilan motorik pasien. Sedangkan dari sisi mental, saat bermain catur mereka akan dituntut untuk memikirkan strategi. Hal ini mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berkomunikasi mereka.

9.  Meningkatkan Kemampuan Berhitung dan Berkomunikasi

   Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan bermain catur dengan kemampuan spasial, numerik ( berhitung ), administrasi, kepemimpinan dan menulis karya.

   Belajar catur memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan numerik (berhitung), dan kemampuan verbal (komunikasi).

 Penelitian Dr. Albert Frank - Chess and Aptitudes - Zaire 1974.

   Pada dasarnya olahraga atau suatu aktivitas yang dominan menggunakan otak, tentu akan mengasah kemampuan otak sehingga akan mempertajam atau meningkatkan fungsi otak tersebut. Apalagi kalau rutin melakukannya, bukan hal yang tidak mungkin lagi otak akan menjadi lebih cerdas dari yang sebelumnya, tentunya agar lebih seimbang untuk meningkatkan fungsi otak, harus didampingi dengan asupan makanan yang baik untuk meningkatkan atau mencerdaskan otak. Informasinya bisa anda lihat di Makanan Untuk Mencerdaskan Otak.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Manfaat Bermain Catur Untuk Kecerdasan Otak"

  1. Artikel yang sangat bagus sekali, saya juga lumayan suka bermain catur, memikirkan strategi untuk mengalahkan lawan main tentunya melatih otak kita untuk dapat bekerja dg cara yang baik.

    Mantapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener gan , itulah yang terpenting pada permainan catur.

      Delete
  2. wuihh mantap gan, ane player catur juga :D
    ternyata catur manfaatnya banyak ya bagi otak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih mantap si agan ternyata player catur ehehe
      Berarti agan otaknya encer dong :v * Eh

      Delete
  3. Keren, saya juga sering main catur. Selain pengganti kejenuhan juga bermanfaat untuk asah otak.

    Mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia gan, ya itung" mengisi waktu luang hehe

      Delete
  4. catur juga salah satu hobi saya nih gan kalau ronda malam
    seru deh kalo lawannya pinter bisa satu jam baru selesai satu set..
    ga terasa tau tau dah adzan subuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap gan.
      Wkwkwkw berarti agan pinter banget nih ahaha

      Delete
  5. ane sering maen catur, tapi kebanyakan kalahnya soalnya temen ane mastah2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti suatu saat agan pasti menang ko, kalau sering berlatih hehehe

      Delete