17 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

   Buah bengkoang atau yang memiliki nama latin "Pachyrhizus Erosus" merupakan tanaman yang tergolong kedalam keluarga umbi-umbian karena pertubuhannya yang cenderung di dalam tanah. Buah ini sudah dikenal sejak lama memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi tubuh kita.

   Untuk mendapatkan buah bengkoang ini pun tergolong sangat mudah dengan harga yang sangat murah. Bayangkan saja jika kita mendapat suatu barang yang murah nan berkualitas, yah inilah buah bengkoang yang memiliki harga terjangkau dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya.

17 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

   Secara umum buah bengkoang berbentuk bulat atau membulat seperti gasing dengan berat dapat mencapai 5 kg. Kulit umbinya tipis berwarna kuning pucat dan bagian dalamnya berwarna putih dengan cairan segar agak manis. Umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Umbi ini juga memiliki efek pendingin karena mengandung kadar air 86-90 %. Rasa manis berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin ( bukan insulin ), yang tidak bisa dicerna tubuh manusia. Sifat ini berguna bagia penderita diabetes atau orang yang berdiet rendah kalori.

Kandungan Gizi pada Buah Bengkoang

-  Kalori                    -  Karbohidrat
-  Natrium                 -  Gula
-  Kalium                  -  Protein
-  Magnesium           -  Vitamin A
-  Kalsium                -  Vitamin C
-  Zat Besi                -  Serat Pangan

Manfaat Buah Bengkoang Bagi Kesehatan Tubuh


1.  Mengobati Diabetes

   Rasa manis pada buah bengkoang yang berasal dari zat inulin sangat baik untuk membantu mengobati diabetes, bahkan baik dikonsumsi para penderita penyakit diabetes sekalipun, tetapi dalam batas wajar dan teratur.

2.   Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

   Di dalam buah bengkoang terdapat beberapa fitonutrien yang ditemukan dalam bengkoang bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga terhindar dari serangan berbagai infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

3.  Mengobati Beri-beri

   Beri-beri merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B1. Bengkoang mengandung vitamin B1 yang cukup banyak.

4.  Menghilangkan Noda Hitam dan Flek pada Wajah

   Selain dikonsumsi, bengkoang juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Kandungan air yang banyak di dalamnya mampu membuat kulit wajah anda tetap segar serta menghilangkan noda hitam atau flek pada wajah anda. Caranya pun cukup mudah, anda tinggal mengupas bengkoang lalu diparut atau dihaluskan kemudian dibalurkan ke wajah anda.

5.  Menyehatkan Tulang dan Gigi

   Bengkoang juga mengandung fosfor atau kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kebutuhan akan kalsium dan fosfor dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi bengkoang. Akibat kekurangan fosfor maka anda akan menjadi lemah serta nafsu makan menjadi berkurang.

6.  Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

   Hal ini disebabkan karena adanya kandungan air dan serat yang tinggi dalam buah bengkoang. Selain serat dan kadar air tinggi, kandungan vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu pengurangan kadar kolesterol.

7.  Mengurangi Produksi Asam Lambung

   Ahli Naturophatic menyarankan untuk mengkonsumsi bengkoang dalam keadaan segar. Hal ini karena sifat umbi yang dingin dan alkali, sehingga lebih cepat menyerap asam lambung yang berlebih.

8.  Menurunkan Demam

   Bengkoang memiliki sifat kimiawi yang berkhasiat mendinginkan dan dapat dimanfaatkan untuk menurunkan demam. Bengkoang dapat dijadikan jus yang diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

9.  Mencegah Penuaan Dini

   Vitamin C yang tinggi pada buah bengkoang memberi efek untuk mencegah radikal bebas pada tubuh kita, serta memberi efek rileks.

10.  Mengobati Sariawan

   Bengkoang juga mengandung cukup banyak vitamin C sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh anda, dan sebagai antioksidan maupun untuk obat untuk sariawan. Selain itu, bengkoang juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda.

11.  Mengobati Wasir

   Kandungan serat dalam bengkoang sangat baik bagi penderita wasir. Minum jus bengkoang setiap pagi hari setelah bangung tidur sangat baik bagi anda yang menderita wasir, agar BAB menjadi lancar dan tidak sulit.

12.  Mengatasi Maag

   Sakit maag yang disebabkan oleh produksi asam berlebihan pada lambung dapat dicegah dan diobati dengan mengkonsumsi bengkoang. Buah ini mengandung serat dalam kadar tinggi serta air bersifat alkali yang berguna untuk menyerap asam lambung penyebab sakit maag.

13.  Menjaga Kesehatan Kulit

   Tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan organ dalam, bengkoang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan bagian tubuh terluar, yaitu kulit. Buah bengkoang yang masih segar biasanya akan diparut untuk kemudian dijadikan sebagai masker kulit. Masker dari bengkoang ini memiliki efek mendinginkan kulit serta sangat efektif untuk mengangkat kotoran dan minya berlebihan yang menempel pada permukaan kulit. Selain itu, antioksidan yang tinggi akan menghindarkan kulit anda dari penuaan dini.

14.  Memperlancar Pencernaan

   Inulin dalam bengkoang memiliki sifat sebagai serat makanan, sifak ini berpengaruh terhadapt fungsi usus dan juga perbaikan parameter dalam darah. Sebagai serat makanan, inulin dapat meningkatkan masa feses serta meningkatkan frekuensi defekasi terutama bagi penderita konstipasi. Adapun perbaikan parameter lemak dalam darah yaitu penurunan kadar triliserida serum dan juga kolesterol darah pada penderita hypercholerolemia.

15.  Mencerahkan Kulit

   Buah bengkoang mengandung banyak vitamin B1 dan vitamin C yang bekerja bersamaan untuk menyehatkan dan menjadikan tampilan kulit lebih cerah berseri. Untuk mencerahkan wajah dengan bengkoang, anda bisa memanfaatkannya untuk masker. Kupas bengkoang segar, kemudian parut sebagian. Gunakan parutan daging buah bengkoang ini sebagai masker wajah.

16.  Mengobati Batu Ginjal dan Empedu

   Potasium dan fosfor yang terkandung di dalam buah bengkoang adalah zat yang sangat bagus bagi tubuh terutama untuk ginjal dan empedu, jadi saat anda mengalami masalah pada batu ginjal atau empedu, mengkonsumsi buah bengkoang adalah salah satu alternatif yang dapat kita ambil untuk mengobatinya. Namun demikian, konsultasi kedoter juga perlu kita lakukan.

17.  Mengurangi Efek Menopause

   Bagi wanita yang mengalami menopause biasanya akan mengalami kerutan, keriput dan penuaan kulit. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut maka tubuh membutuhkan fitoestrogen, dan bengkoang mengandung fitoestrogen. Mengkonsumsi fitoestrogen yang cukup dapat membuat kulit anda tetap sehat dan segar.

   Seperti itulah manfaat yang dapat kita peroleh jika kita mengkonsumsi buah bengkoang. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kita yang membaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit"

Post a Comment