22 Manfaat Buah Acai Berry Untuk Kesehatan Tubuh

   Acai Berry merupakan salah satu jenis buah berry yang sejatinya sering dimanfaatkan oleh masyarakat pedalaman hutan Amazon sejak ribuan tahun lalu dan masih bertahan hingga saat ini. Acai berry sendiri cukup jarang terdengar di telinga masyarakat Indonesia, karena memang bukan merupakan buah berry asli Indonesia, dan juga kalah pamor dengan jenis buah-buahan berry lainnya, seperti strawberry, backberry, dan anggur.

   Saat ini, untuk mendapatkan acai berry biasanya dapat diperoleh pada toko swalayan yang menjual  buah-buahan impor, karena buah acai berry tidak dapat ditemui pada pasar tradisional. Selain dapat di temui dalam bentuk buah segar, acai berry juga sekarang sudah dikemas dalam bentuk pil, dan juga bentuk kemasan botol yang diklaim memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat.

22 Manfaat Buah Acai Berry Untuk Kesehatan Tubuh

   Khasiat acai berry bagi kesehatan sangat ampuh melawan dampak radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel atau pun penurunan fungsi sel tubuh serta meningkatkan resiko penuaan dini. Acai berry merupakan sumber alami antosianin yaitu salah satu jenis antioksidan yang sangat kuat, disamping itu acai berry juga mengandung asam lemak esensial, asam amino dan sterol.

Kandungan Gizi Pada Buah Acai Berry


-  Vitamin B1        -  Flavonoid
-  Vitamin B2        -  Asam Amino
-  Vitamin B3        -  Antosianin
-  Vitamin C          -  Fitosterol
-  Vitamin E          -  Fosfor
-  Protein               -  Kalsium
-  Zat Besi             -  Omega 3
-  Omega 6             -  Omega 9
-  Potassium

Manfaat Buah Acai Berry Bagi Kesehatan Tubuh

1.   Menyehatkan Jantung

   Antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam aliran darah. Acai berry juga kaya akan sterol yang memberikan manfaat cardio protektif bagi sel-sel tubuh kita. Sterol mampu mencegah pembekuan darah, meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan, dan merelaksasi pembuluh darah. Sterol juga terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

2.   Mencegah Penyakit Kanker

   Acai berry sangat tinggi akan vitamin C dan asam ellagic, sebuah kombinasi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal Of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa senyawa polifenol yang diekstrak dari acai berry mampu mengrangi proliferasi sel kanker sebanyak 56-86 %. Diperkirakan bahwa phytochemcials (antioksidan) acai berry mampu menghentikan proses karsinogenesis pada tingkat molekul, untuk membunuh sel kanker sebelum mereka berkembang biak. Acai berry bukanlah obat paten penyakit kanker, tetapi memiliki potensi untuk membantu mengobati kanker.

3.   Memberikan Energi Bagi Tubuh

   Sama seperti jenis buah berry lainnya, acai berry memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh. Acai berry dapat memberikan asupan energi yang cukup bagi tubuh, sehingga sangat baik abgi anda yang sedang melakukan diet karbohidrat.

4.   Mencegah Wasir dan Gangguan Pada Sistem Pencernaan

   Wasir merupakan salah satu gangguan kesehatan pencernaan yang terjadi karena kondisi kekurangan serat pada tubuh, dengan mengkonsumsi acai berry secara teratur, maka gejala wasir dan gangguan pencernaan lainnya dapat teratasi dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa gejala gangguan pencernaan :

  • Diare
  • Sembelit
  • Mencret
  • Susah BAB
  • Gagal ginjal
  • Batu ginjal
  • Usus buntu
5.   Sebagai Anti Iritasi

   Acai berry memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin C ini selain dapat menjaga daya tahan tubuh, dapat juga mencegah iritasi yang terjadi pada tubuh.

6.   Meningkatkan Sel Tubuh

   Anthocyanin yang ditemukan dalam acai berry berperan dalam sistem perlindungan terhadap sel tubuh manusia, serta mampu menguatkan sel-sel tubuh terhadap invansi radikal bebas.

7.   Menjaga Kesehatan Pencernaan

   Acai berry juga dapat membantu dalam menjaga sistem pencernaan kita tetap bersih dan dapat bekerja dengan optimal. Acai berry memiliki sifat detoksifikasi yang kuat dalam tubuh manusia karena merupakan sumber serat alami. Tentu saja, ada banyak makanan berserat tinggi lainnya yang berkhasiat sama, termasuk banyak jenis berry lainnya.

8.   Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

   Penelitian menunjukkan bahwa acai berry sangat tinggi anthocyanin, sebuah bentuk antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Acai berry juga kaya akan sterol yang memberikan manfaat cardio protektif bagi sel-sel tubuh kita. Sterol mampu mencegah pembekuan darah, meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan, dan merelaksasi pembuluh darah. Sterol juga terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) 6 sampai 15 % dan tidak mempengaruhi kolesterol "baik" ( kolesterol high density- HDL).

9.   Melawan Virus dan Bakteri

   Para ilmuwan dari Universitas Federal Rio De Janeiro telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak acai berry dapat membantu melawan organisme berbahaya seperti virus dan bakteri.

10.   Mencegah Jerawat dan Penyakit Kulit

   Bagi yang memiliki jerawat yang sangat mengganggu, tenang saja, karena kandungan berbagai macam vitamin yang ada pada acai berry ini sanggup untuk mengobati dan menghilangkan jerawat, terutama karena kandungan vitamin E dan vitamin C nya.

11. Baik Untuk Kesehatan Kulit

   Manfaat acai berry lainnya juga memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain baik untuk kesehatan kulit, acai berry juga dinilai baik untuk membantu menjaga kesehatan rambut.

12.   Meningkatkan Daya Than Tubuh dan Kekebalan

   Acai berry memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berlimpah. Salah satu manfaat dari berbagai kandungan vitamin yang terkandung dalam acai berry tersebut adalah dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh dan kekbalan tubuh yang berguna untuk mencegah penyakit.

13.   Meningkatkan Sistem Syaraf

   Studi penelitian awal menunjukkan bahwa acai berry dapat mencegah ketidakseimbangan syaraf metal pada wanita menopause.

14.   Mencegah Penuaan Dini dan Peradangan

   Dengan kandungan antioksidan tinggi, acai berry dapat menjadi alternatif alami pengganti produk perawatan kulit kimia yang membahayakan kulit dalam jangka panjang. Penduduk Brazil telah mengkonsumsi acai berry selama berabad-abad untuk mengobati kondisi kulit.

15.   Selalu Vit dan Segar dalam Beraktivitas

   Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan vitamin pada acai berry juga dapat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan selalu segar dalam beraktivitas, sehingga anda dapat beraktivitas dengan baik setiap harinya.

16.   Baik Untuk Kesehatan Tulang

   Acai berry memiliki kandungan kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini sangat baik untuk menjga kesehatan tulang anda, dan dapat membantu :

  • Mencegah osteoporosis.
  • Mengoptimalkan penyerapan nutrisi oleh tulang.
  • Menjaga struktur tulang.
  • Membantu pertumbuhan tulang secara optimal.

17.   Meningkatkan Vitalitas Dalam Berhubungan Intim

   Acai berry juga dikaitkan dengan peningkatan sirkulasi darah secara keseluruhan di dalam tubuh manusia, sebuah fenomena yang dapat berkontribusi untuk meningkatkan gairah seks, terutama bagi kaum pria.

18.   Mampu Menurunan Berat Badan

   Acai berry bukan hanya untuk membantu menurunkan berat badan, tapi juga menjaga berat badan yang ideal. Satu studi yang menarik dari National Institutes Of Aging ( Bagian dari U.S. Department of Health and Human Services ) menemukan bahwa pulp dari acai berry mampu untuk mengurangi efek negatif pada diet tinggi lemak.

19.   Baik Untuk Kesehatan Mental

   Buah acai berry juga dinilai baik untuk kesehatan mental. Hal ini dikarenakan suplai darah dan nutrisi ke bagian otak dan sistem syaraf menjadi lebih baik dan menjadi lebih lancar tanpa adanya gangguan atau hambatan.

20.   Membantu Pembentukan Massa Otot

   Ternyata buah acai berry juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi yang sedang berada dalam program pembentukan massa otot, dan juga dapat membantu proses penguraian lemak di dalam tubuh.

21.   Sebagai Antioksidan

   Manfaat acai berry juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan kandungan antioksidan ini, maka tubuh dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang sifatnya kronis.

22.   Mencegah Infeksi

   Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat pada acai berry juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya infeksi yang muncul. Biasanya infeksi ini dapat terjadi di luar tubuh, ataupun di bagian organ-organ tubuh lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "22 Manfaat Buah Acai Berry Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. Udah lama gak main ke mari heheh..
    Mantap banyak juga manfaatnya, sayang cherry sulit di tempat ane :(

    ReplyDelete