26 Manfaat Daun Dewa dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh

   Tanaman Daun Dewa, tanaman yang satu ini ternyata sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan. Bentuk daun yang bergerigi menyerupai ornamen patung dewa adalah salah satu alasan tanaman ini dikenal dengan nama daun dewa. Pertama kali dimanfaatkan sebagai obat herbal yakni di negara Cina, tanaman ini dikenal dengan nama Samsit atau San qi cao. Adapun nama latinnya adalah Gynura Segetum, masyarakat jawa menyebutnya dengan nama sambung nyawa, entah bagaimana asal usulnya, mungkin karena tanaman ini sudah membuktikan khasiat dan kegunaannya dalam penyembuhan berbagai penyakit.

26 Manfaat Daun Dewa dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh

   Daun dewa memiliki ciri yang khas, daunnya berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 20 cm dan lebar sekitar 10 cm dengan ujung yang bergerigi menyerupai bentuk patung dewa, memiliki bulu-bulu halus pada daun dan bertangkai pendek. Tanaman ini mudah dikembangkan.

Kandungan Zat dalam Daun Dewa

  • Anti-koagulan
  • Diuretik
  • Anti-toxic
  • Anti-kolesterol
  • Anti-piretik
  • Hipotensif
  • Hipoglikemin
  • Anti-inflamasi
  • Analgesik
  • Anti-hyperlipidemia
  • Anti-bakteri
  • Sitostatik

Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan Tubuh

1.  Mengobati Rematik

   Rematik atau biasa disebut dengan asam urat merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada tulang persendian. Untuk mencegah gangguan tersebut, sebaiknya kita memiliki pola makan yang serat akan karbohidrat kompleks, protein dalam kadar sedang, dan rendah lemak. Untuk pengobatan gangguan ini dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi ramuan yang berasal dari rebusan bagian daun tanaman daun dewa. Bisa juga rebusan daun tanaman ini yang dicampur dengan jahe merah, serta akar sawi langit.

2.  Mengobati Peradangan

   Daun dewa ini juga mengandung zat-zat yang bisa mencegah, mengobati atau menghentikan peradangan yang disebabkan adanya infeksi pada sebagian tubuh kita. Caranya dengan meminum rebusan air daun dewa secara rutin. Rebuslah 5 - 10 helai daun dewa dengan 2 gelas air sampai menjadi segelas. Saring dan minumlah hangat-hangat.

3.  Mengobati Batuk dan Muntah Darah

   Gangguan pernafasan seperti batuk, merupakan hal yang umum terjadi. Namun batuk yang disertai muntah darah haruslah sangat kita waspadai. Hal tersebut bisa menandakan suatu gangguan yang serius pada kesehatan kita. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakanlah khasiat dari bagian daun tanaman daun dewa sebagai ramuan untuk membantu pengobatannya.

   Caranya adalah dengan meminum rebusan daun dewa sebanyak 3 kali sehari, secara rutin masing-masing ½ gelas. Hal ini juga bisa menghentikan perdarahan pada kehamilan.

4.  Mengobati Wasir

Khasiat lain dari tanaman daun dewa adalah dapat mengobati wasir atau yang biasa kita kenal dengan ambeien. Cara meramunya adalah minum rebusan bagian daun tanaman ini dengan camapuran daging tanaman lidah buaya dan sedikit madu. Namun apabila wasir telah parah, ambil beberapa lembar daun tanaman daun dewa, lalu remas untuk mengeluarkan getahnya, dan masukkan ke dalam anus.

5.  Mengatasi Gangguan Ginjal

   Ginjal berfungsi sebagai penyaring darah dari limbah hasil metabolisme. Darah tersebut kemudian disebarkan ke seluruh tubuh. Jika ginjal sehat, dalam artian tidak mengalami gangguan, maka tubuh akan sehat pula. Tanaman daun dewa ternyata juga dapat membantu mengatasi gangguan ginjal, caranya dengan meminum rebusan daun ini secara rutin setiap hari.

6.  Meningkatkan Fungsi Hati

  Kandungan yang dimiliki daun dewa ini juga bisa menjadi penawar racun dalam tubuh. Caranya dengan merebus 3-5 helai daun dewa sampai air mendidih, minum setelah air dingin atau hangat. Bisa diminum setiap pagi atau malam sebelum tidur.

7.  Mengobati Penyakit Demam Berdarah

   Banyak kasus yang terjadi, penyakit DBD ini disebabkan oleh gigitan nyamuk yang menularkan virus dengue. Penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diobati. Kandungan yang dimiliki tanaman daun dewa ini mampu membantu penyakit DBD tersebut dengan memanfaatkan rebusan daunnya. Caranya adalah dengan merebus sekitar 5-7 helai daun dewa dengan 2 gelas air sampai jadi 1 gelas. Diminum secara rutin setiap 2 kali dalam sehari.

8.  Mengobati Hipertensi

   Hipertensi atau dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi kesehatan yang kronis akibat tekanan darah dalam arteri meningkat. Pengobatan yang dilakukan biasanya dengan mengkonsumsi obat-obatan anti hipertensi. Namun tahukah anda bahwa dalam tanaman daun dewa juga memiliki kandungan sifat hipotesif, yaitu dapat menurunka tekanan darah?

   Selain alami, pengobatan ini juga relatif aman. Caranya adalah dengan minum hasil rebusan beberapa lembar daun tanaman daun dewa sebanyak 2 kali sehari setelah makan. Atau bisa juga digunakan sebagai lalapan.

9.  Mengobati Keseleo

   Keseleo atau dalam bahasa medis disebut sprain atau terkilir. Hak ini seringkali terjadi pada seseorang yang aktif dalam berolahraga maupun seorang yang banyak melakukan kegiatan fisik. Banyak cara yang dilakukan untuk mengatasinya, seperti memijit maupun dengan menggunakan obat-obatan. Selain cara tersebut, ada cara alami untuk mengobati keseleo yaitu dengan minum hasil rebusan bagian daun tanaman daun dewa yang dicampur dengan temu hitam dan temulawak sebanyak 2 kali sehari.

10.  Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

   Flek hitam merupakan gangguan kulit wajah yang sangat mengganggu penampilan, terutama bagia kaum hawa. Meremas daun tanaman daun dewa dan mengambil getahnya untuk dioleskan pada bagian yang terkena flek, dapat membantu mengatasinya.

11.  Mengobati Rematik

   Gangguan kesehatan yang terjadi pada tulang persendian biasa disebut dengan nama rematik atau disebut juga dengan istilah asam urat. Kandungan yang dimiliki tanaman daun dewa ini juga mampu mengobati penyakit tersebut. Caranya adalah dengan memanfaatkan daunnya. Rebuslah 10-15 helai daun dewa atau 30 gr daun dewa segar, dicampur dengan 10 gr jahe merah, kemudian tambahkan 30 gr akar sawi langit. Rebus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 gelas air. Dinginkan, lalu saring dengan kain bersih. Minum setiap hari secara rutin.

12.  Mengobati Kutil

   Kutil papilloma adalah sejenis penyakit tumor jinak pada kulit. Daun dewa ini bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan atau menghilangkan kutil tersebut dengan cara menumbuk daun dewa sampai halus, kemudian dilumatkan atau ditempelkan pada kutil, kemudian balut dengan plester. Ganti tumbukan daun dewa setiap hari sampai kutil tersebut hilang.

13.  Mengobati Luka Dalam dan Luka Luar

   Tanaman daun dewa ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka luar dan juga luka dalam. Untuk luka dalam, rebuslah 10 - 30 gr daun dewa segar, kemudian saring, lalu minum secara rutin setiap hari. Sedangkan untuk penyembuhan luka luar, daun dewa ini ditumbuk sampai halus dan dilumatkan ke bagian yang luka. Daun dewa ini bisa juga mengobati luka bakar dengan cara memanfaatkan umbi atau akar daun dewa. Tumbuk umbi atau akar daun dewa kemudian campur dengan sedikit gula merah ditumbuk sampai menyerupai salep. Oleskan salep tersebut setiap hari sampai luka tersebut sembuh.

14.  Melancarkan Haid

   Bagi kaum hawa yang mengalami gangguan haid, atau haid tidak lancar dapat memanfaatkan rebusan daun dewa. Caranya adalah dengan merebus tumbukan 15 - 30 gr daun dewa, tambahkan sedikit arak yang sudah dipanaskan lalu minum dalam keadaan hanyat.

15.  Mengobati Kejang pada Anak

   Kejang atau step pada anak bisanya disertai demam tinggi. Sebagai orang tua, kita tidak usah panik. Ambilah 1-2  helai daun dewa, tumbuk lalu ambil airnya. Campur sedikit arak kemudian minumkan ke anak kesayangan kita.

16.  Mengobati Ganglion

   Secara anatomi ganglion merupakan bongkahan jaringan biologis yang dibentuk oleh sel-sel saraf pada tubuh. Ganglion merupakan sejenis kista yang biasanya muncul pada tangan atau kaki. Cara mengobati ganglion secara alami adalah dengan rutin mengkonsumsi  daun dewa setiap harinya. Misalnya saja dipakai untuk lalapan.

17.  Mengobati Gigitan Binatang Berbisa

   Bisa atau racun yang masuk kedalam tubuh kita biasanya disebabkan oleh gigitan binatang seperti ular dll. Racun ini akan menyebar terbawa oleh darah ke seluruh tubuh. Hal ini bisa diatasi dengan meminum ramuan rebusan daun dewa, karena daun dewa ini bisa menetralkan racun dalam tubuh. Akar atau umbinya pun bisa dimanfaatkan dengan cara menumbuk, kemudian ditempelkan pada tempat bekas gigitan binatang berbisa tersebut. 

18.  Mengobati Pendarahan dan Pembengkakan Payudara

   Gangguan ini dapat menimbulkan sensasi nyeri pada bagian payudara. Hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti pubertas, mensturasi, kehamilan, menyusui, menopause, maupun karena pemakaian alat kontrasepsi. Cara pengobatannya cukup sederhana, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun tanaman daun dewa sebanyak ½ gelas sehari sekali.

19.  Mengobati Kanker

   Sifak sitotastik dalam daun dewa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, cara pemakainnya adalah dengan rutin mengkonsumsi ramuan atau hasil rebusan daun tanaman dewa yang dicampur dengan temu putih serta jombang.

20.  Mengobati Sakit Jantung

   Kita mengetahui bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu terutama pada orang dewasa. Penyakit ini disebabkan karena terhentinya aliran darah ke jantung, meskipun hanya sesaat. Faktor penyebabnya bisa karena pencadu rokok, alkohol, kurang istirahat, maupun kurang gerak (olahraga). Salah satu cara alami untuk menurunkan resiko penyakit ini adalah dengan rutin mengkonsumsi ramuan umbi daun dewa yang telah ditumbuk dan diseduh dengan air setiap sore hari.

21.  Mengobati Luka

   Hasil tumbukan umbi daun dewa yang telah dicampur dengan sedikit gula merah hingga teksturnya menyerupai salep dapat digunakan sebagai obat luka, seperti luka bakar maupun karena goresan. Gunakan salep tersebut pada bagian yang sakit lalu perban dengan kain yang bersih. Selain itu, khasiat dari tanaman ini juga dapat mengobati luka memar. Caranya adalah dengan cara menerapkan hasil tumbukan beberapa lembar daun tanaman daun dewa yang dicampur dengan beberapa lembar daun jarak pada luka memar.

22.  Mengobati Stroke

   Merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat rusaknya jaringan di otak sebagai akibat dari penyumbatan pembuluh darah arteri yang bertugas untuk mengalirkan darah ke otak. Gangguan ini harus segera mendapatkan pertolongan medis maupun dengan pengobatan alternatif lainnya. Manfaat daun dewa, bisa menjadi salah satu cara pengobatan alternatif untuk mengatasi gangguan stroke. Caranya : Dengan minum ramuan yang terbuat dari tumbukan umbi tanaman daun dewa yang telah dicampur dengan beberapa butir biji ginko dan sedikit madu. Atau bisa juga memasukkan hasil tumbukan umbi dan biji ginko tersebut ke dalam kapsul, lalu mengkonsumsinya secara rutin 1 hingga 2 bulan. Bisa juga dengan minum ramuan dari hasil rebusan bagian daun tanaman ini secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

23.   Mengobati Diabetes

   Diabetes atau bisa dikenal dengan penyakit kencing manis ini terjadi akibat kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Hal ini merupakan kondisi serius yang harus egera mendapatkan penanganan medis. Sifat hipoglikemin yang ada dalam daun dewa, terbukti mampu membantu menurunkan kadar gula tersebut. Caranya adalah dengan mengkonsumsi ramuan yang berasal dari rebusan daun tanaman daun dewa minimal 1 kali dalam sehari.

24.  Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

   Tanaman daun dewa memiliki kandungan yang bersifat sitotastik yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Caranya adalah dengan cara merebus daun dewa sekita 5-10 lembar, campur dengan temu putih serta jombang. Rebus dengan 3 gelas air, sampai menjadi 1 gelas. Kemudian saring dan minum dalam keadaan hangat.

25.  Mengobati Memar

   Daun dewa juga bisa digunakan untuk mengobati memar, yaitu dengan cara menumbuk 3-6 daun dewa dan 5 lembar daun jarak. Tumbukan tersebut diterapkan pada bagian yang memar. Lakukan setiap hari sampai memar sembuh.

26.  Mengobati Demam

   Kandungan yang dimiliki daun dewa juga bisa sebagai obat penurun panas. Caranya dengan merubus 3-7 helai daun dewa, kemudian saring lalu minum setelah dingin.

   Itulah beberapa manfaat yang sudah saya sebutkan dan jelaskan tentang manfaat daun dewa. Semoga kalian bisa memanfaatkannya jika sewaktu-waktu kalian membutuhkannya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "26 Manfaat Daun Dewa dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh"

  1. Wahh banyak banget manfaatnya. Tapi di daerahku gaada yang namanya daun dewa. Mungkin ada, tapi namanya beda hehe.
    baca juga Tips Menghitamkan Sepatu Converse Terima kasih

    ReplyDelete